Mengenal 8 Manfaat Sayur Kangkung yang Istimewa

Mengenal 8 Manfaat Sayur Kangkung yang Istimewa

Selasa, 19 September 2017 Kesehatan 807 Ashilla Zahra

Siapa yang tidak mengenal kangkung, sayuran satu ini sangat mudah di jumpai bahkan tak jarang setiap orang menjadikannya sayuran favorit dengan beaneka ragam bentuk pengolahannya. Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen.

Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas. Yang terdapat di Indonesia sendiri adalah jenis kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun yang lebih lebar dan bewarna hijau kelam dan bunga yang bewarna keunguan. Sedangkan kangkung yang kering lebih kecil daunnya dengan bunga yang bewarna keputihan

Kangkung memiliki kandungan yang sangat berlimpah, kandungan gizi pada kangkung memang terbilang banyak dan bervariasi, dan diantara kandungan tersebut semuanya mempunyai khasiat baik bagi tubuh, diantaranya adalah Vitamin C, Lemak, Protein, Vitamin A, Zat besi, Kalsium, Vitamin B1, Fosfor, serat, Karbohidrat, Air, Gula, dan lain-lainnya. Dengan keanekaragaman kandungan yang dimiliki oleh kangkung tidak dipungkiri jika kangkung memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi, vitamin A dan C serta betakarotin yang tinggi memberikan manfaat untuk tubuh kita jika mengkonsumsi kangkung. Sebab, nutrisi dapat membantu mengruangi radikal bebas pada tubuh sehingga dapatn mencegah kolesterol yang teroksidasi. Selain itu kangkung juga memiliki kandungan folat yang dapat membantu menetralisir bahan kimia berbahaya (homosustein) yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

  1. Sebagai obat tidur yang alami

Bagi anda yang sering kali mengalami gangguan tidur atau insomnia, mengkonsumsi kangkung ini bisa Anda  jadikan sebagai obat tidur yang alami, karena setelah beberapa saat mengkonsumsi sayur hijau ini, dapat mengendurkan saraf dan membuat rasa ngantuk hingga tertidur sampai terlelap.

  1. Pencegahan Anemia

Kandungan zat besi yang dimiliki kangkung dapat membantu merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga sangat disarankan bagi anda penderita anemia untuk mengkonsumsi kangkung sebagai obat alami mengatasi anemia.

  1. Mencegah Diabetes

Kolseterol memiliki kandungan zat- zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Sehingga kangkung memiliki manfaat yang dapat menstabilkan kadar gula pada tubuh kita.

  1. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi kangkung secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol serta trigliserida dalam darah. Maka dari itu bagi anda yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi disarankan untuk mengkonsumsi kangkung agar kolesterol anda dapat stabil.

  1. Meningkatkan Kualitas Otak

Kandungan vitamin B kompleks dan Omega 3 yang dimiliki kangkung dapat memberikan manfaat yang baik untuk membantu kinerja otak agar lebih baik. Sayuran hijau ini sangat disarankan untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan sebab mengkonsumsi kangkung dapat membantu kecerdasan anak secara alami.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Banyak yang belum mengetahui bahwa kangkung memiliki kandungan vitamin A, Karotenoid, dan lutein, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, serta mengkonsumsi kangkung dapat membantu mencegah katarak.

  1. Mengatasi Sembelit atau Gangguan Pencernaan

Kandungan serat tinggi yang dimiliki kangkung dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan sebab fungsi serat adalah sebagai pembersih untuk saluran pencernaan. Dengan demikian bagi anda yang memiliki masalah pecernaan atau buang air besar disarankan untuk mengkonsumsi kangkung agar pencernaan anda sehat dan lancar.