Manfaat Kacang Kedelai

Manfaat Kacang Kedelai

Kamis, 8 November 2018 Kesehatan 35 Kevin Hendrawan

Kacang kedelai merupakan salah satu keluarga legume yang umumnya banyak diolah menjadi panganan tempe, tahu, susu kedelai dan kecap. Kacang kedelai kaya akan protein nabati yang diperlukan tubuh.

Selain protein, Kacang kedelai memiliki kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin k
  • Karbohidrat
  • Energi
  • Protein
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Kalsium
  • Copper
  • Zinc
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Potassium
  • Sodium

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah pasti manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Berikut ini beberapa manfaat kacang kedelai bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung & Stroke

Konsumsi kacang kedelai atau produk turunannya seperti tempe, tahu dan susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, kandungan serat dalam kacang kedelai bekerja mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh dan menyingkirkan lapisan lemak yang terbentuk pada pembuluh darah Anda.

Karena itu, kacang kedelai termasuk dalam makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan mengonsumsinya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang membutuhkan tindakan dan pengobatan yang tepat. Konsumsi kacang kedelai dapat membantu tubuh Anda memerangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Kacang kedelai memiliki kandungan beragam antioksidan yang dapat menetralisiri radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam kacang kedelai sangat baik untuk mengatasi beragam masalah pencernaan. Serat dalam kacang ini dapat mengatur proses pencernaan dan mengeluarkan racun dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, diare atau perut kembung sebaiknya perbanyak konsumsi kacang kedelai dan produk turunannya.

4. Mencegah Osteoporosis

Kandungan nutrisi seperti Kalsium, Zinc, Copper, dan Magnesium dalam kacang kedelai dapat menjaga kesehatan tulang dan menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kacang kedelai dapat menjaga kepadatan tulang.

5. Mengobati Insomnia

Magensium dalam kacang kedelai berperan dapat mengatur pola tidur Anda, kandungan ini pula yang menjadikan kacang kedelai merupakan obat alami untuk mengatasi insomnia. Magnesium membantu Anda untuk mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

6. Melembapkan Kulit

Konsumsi kacang kedelai secara rutin juga dapat menjaga kecantikan Anda, kacang kedelai dapat menjaga kelembapan kulit Anda dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kacang kedelai juga dapat mengatur produksi minyak pada kulit Anda sehingga sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah kulit berminyak.

7. Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi kacang kedelai juga dapat mencegah penuaan dini seperti perubahan pigmen kulit, timbulnya keriput, flek hitam dan garis halus di wajah Anda.

Penuaan merupakan hal yang tidak dapat dicegah, dan karena proses penuaan tubuh kehilangan hormon estrogen yang menjaga elastisitas kulit Anda. Namun, kandungan fitoestrogen dalam kacang ini berperan meningkatkan produksi hormon estrogen dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan.

8. Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, susu kedelai juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Asam lemak tak jenuh dalam kacang kedelai dapat mencegah penyerapan lemak pada usus dan kandungan serat yang dimilikinya membantu penurunan berat badan bagi Anda yang sedang dalam program diet.

9. Meregenerasi Sel Kulit Mati

Kedelai memiliki kandungan Vitamin E yang berperan dalam meregenerasi sel-sel kulit mati dan menstimulasi pembentukan sel-sel baru, sehingga membantu Anda tampak lebih muda dan bersinar.

Untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, cukup haluskan kacang kedelai dengan sedikit air untuk kemudian balurkan pada wajah selama 25 menit sebelum dibilas.

10. Mengontrol Gula Darah

Kandungan isoflavon dan magnesium dalam kacang kedelai dapat meningkatkan sensititas tubuh Anda tehadap insulin pada penderita diabetes. Pada penderita diabetes, umumnya memiliki tingkat magnesium yang rendah sehingga konsumsi kacang kedelai dapat memenuhi kebutuhan magnesium dan mengontrol kadar gula darah.

Efek Samping Kacang Kedelai

Konsumsi kacang kedelai tidak disarankan bagi wanita yang sedang program hamil. Hal ini dikarenakan kacang kedelai dan produk turunannya seperti tempe, tahu dan susu kedelai merupakan pantangan program hamil, produk kedelai dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita sehingga mempengaruhi masa subur wanita.

Selain itu, kandungan purin yang tinggi pada pangan ini menjadi pantangan bagi penderita asam urat sehingga bagi Anda yang memiliki keluhan asam urat sebaiknya hindari kacang kedelai.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan tubuh Anda dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.