Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Jumat, 4 Januari 2019 Kesehatan 683 Ashilla Zahra

Disaat hujan dan dingin seperti ini, mengonsumsi makanan hangat seperti bubur kacang hijau nampaknya sangat nikmat. Rasa manis dari gula aren dan legitnya kacang hijau bersatu menjadi sajian yang begitu menggugah selera. Namun dibalik rasanya yang begitu lezat, tahukah Anda jika kacang hijau juga memiliki manfaat yang begitu beragam? Ya, jenis biji-bijian yang dapat diolah menjadi beragam makanan ini memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya.

Berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau untuk tubuh:

1. Anti Kanker

Salah satu makanan yang populer untuk menangkal Kanker saat ini adalah Bawang Putih, Akan tetapi tahukah anda ternyata kacang hijau memiliki manfaat yang sama dengang bawang putih, Dari sekian banyak kandungan zat yang terkandung dalam kacang hijau, klorofil adalah salah satu yang terbanyak. Dimana zat hijau tumbuhan dalam kacang hijau ini mampu memblokir efek karsinogenik. Karsinogenik sendiri merupakan zat yang mampu memicu pertumbuhan sel dalam tubuh.

2. Mengatasi Anemia

Ketika tubuh Anda terasa begitu lemas dan cepat lelah serta terlihat pucat, bisa jadi Anda terserang anemia. Penyakit yang terjadi karena kekurangan sel darah merah ini dapat Anda obati dengan menggunakan kacang hijau.

Kandungan zat besi yang tinggi pada kacang ini mampu memberi efek peningkatan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Nah untuk mendapatkan manfaat kacang hijau yang satu ini Anda bisa mengolahnya menjadi minuman atau sari kacang hijau.

3. Menurunkan Kolesterol

Salah satu penyebab penyakit jantung, stroke dan gangguan pembuluh darah lain adalah karena penumpukan kolesterol. Dimana kolesterol ini biasanya didapat karena Anda perlu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti seafood, olahan daging dan lain-lain

Nah jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi kacang hijau. Kandungan serat dan lemak tak jenuhnya yang begitu tinggi menjadikan kacang hijau mampu melawan serta mencegah penumpukan kolesterol.

4. Mengobati Diabetes

Salah satu efek samping yang akan terasa begitu nyata ketika Anda banyak mengonsumsi gula buatan adalah kadar gula darah naik sehingga mengakibatkan penyakit diabetes. Nah, tahukah Anda jika kacang hijau ini memiliki indeks glikemik yang begitu rendah.

Dimana indeks glikemik yang rendah mampu mengembalikan kadar gula darah pada kondisi normal. Selain itu, kadar indeks glikemik yang rendah juga mampu mencegah kadar gula darah kembali naik atau dengan kata lain indeks glikemik yang rendah mampu menstabilkan kadar gula darah Anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah, kacang hijau juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menjaga kesehatan organ vital tubuh, jantung. Manfaat kacang hijau yang satu ini dikarenakan kacang hijau memiliki sifat mampu menyerap dan melarutkan lemak dalam pembuluh darah. Dengan begitu risiko penyumbatan pembuluh darah akibat plak akan menurun.

6. Menguatkan Tulang

Selain susu dan kedelai, kacang hijau juga merupakan sumber kalsium dan fosfor yang begitu baik untuk tubuh. Seperti menguatkan tulang dan meningkatkan masa tulang sehingga dapat terhindar dari gangguan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau yang satu ini Anda bisa mengolahnya menjadi satu minuman sari kacang hijau lengkap dengan campuran gula aren dan susu.

7. Baik Untuk Janin

Selama ini mungkin ibu hamil sudah banyak mengonsumsi sari kacang hijau dengan tujuan untuk menebalkan rambut janin. Namun tak hanya itu, kacang hijau juga memiliki manfaat lain yang jauh lebih penting, yaitu untuk memaksimalkan pertumbuhan sel janin.

Bahkan untuk ibu hamil pun sangat dianjurkan karena mampu menjaga kadar ph darah demi persiapan persalinan.

Setelah mengetahui ketujuh manfaat kacang hijau tadi, yuk perbanyak konsumsi kacang hijau dan dapatkan ragam manfaatnya.