Manfaat Jeruk Lemon

Manfaat Jeruk Lemon

Senin, 3 Desember 2018 Kesehatan 424 Ashilla Zahra

Buah lemon termasuk dari Genus Citrus (keluarga jeruk). Buah ini memiliki banyak khasiat, dan memiliki kemiripan satu sama lain. Setiap jenis jeruk juga memiliki presentase nutrisi yang berbeda. Khusus jeruk lemon, harganya lebih mahal dari jeruk lainnya. Manfaat jeruk lemon antara lain, menambah cita rasa pada masakan/makanan, dan menyegarkan rasa dan tampilan dari minuman.

Selain itu jeruk lemon juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi secara rutin, maka tubuh akan terasa lebih segar, sistem imun pada tubuh pun akan semakin meningkat. Jeruk lemon juga bisa digunakan untuk pengobatan alami. Air lemon akan lebih terasa khasiatnya apabila diminum di pagi hari, ketika anda baru saja bangun dari tidur, agar dapat menyiram semua racun di dalam tubuh.

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Jeruk Lemon

  1. Vitamin C: untuk memenuhi kecukupan gizi, memperkuat dinding pembuluh darah, dan membantu mencegah aterosklerosis.
  2. Zat besi: membantu mengembangkan kepadatan tulang, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.
  3. Limonoid: membantu mencegah kanker, dan untuk perawatan para penderita kanker.
  4. Karbohidrat: dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem imun pada tubuh

Manfaat jeruk lemon untuk imun tubuh, didapat dari kandungan vitamin C yang dapat  menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dari berbagai serangan bakteri, parasit, jamur, maupun virus.

2. Menyeimbangkan keasaman (pH) tubuh (terutama untuk penderita asam urat, dan asam lambung)

Manfaat jeruk lemon untuk asam urat ialah dapat menetralisir masalah asam urat, dan mengatasi peradangan maupun nyeri yang diakibatkan karena asam urat, dan mengalkalize darah. Sedangkan manfaat jeruk lemon untuk asam lambung yaitu, menormalkan kembali pH tubuh, menjaga kembali kondisi tubuh, dan lambung dengan baik.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Dengan mengkonsumsi lemon, dapat memperlancar proses pembuangan sisa-sisa dalam pencernaan, juga membantu hati dalam memproduksi empedu, membantu meringankan gangguan pencernaan, dan meredakan sakit perut.

4. Membersihkan usus

Jeruk lemon berkhasiat untuk meningkatkan kontraksi pada usus, sehingga gerakan usus menjadi lebih lancar dan teratur, dan dapat bekerja dengan baik, untuk mengeluarkan racun racun yang ada dalam usus.

5. Mengontrol kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung

Manfaat jeruk lemon untuk penderita kolesterol ialah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan jantung. Karena air jeruk lemon membantu tercukupinya kolesterol baik di dalam tubuh, dan mengurangi resiko terkena serangan jantung.

6. Menjaga kesehatan otak

Tangeretin pada jeruk lemon dapat meminimalisir masalah di otak biasanya pada penyakit Parkinson. Selain itu tangeretin juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel pada otak.

7. Mengatasi kanker

Jeruk lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Termasuk kanker usus, payudara, dan paru-paru. Menurut penelitian, air jeruk lemon memiliki khasiat yang lebih efektif untuk menghancurkan kanker daripada melakukan kemoterapi.

8. Menjaga kesehatan hati

Jeruk lemon akan membantu proses detoksifikasi pada hati, dan merangsang produksi empedu. Melarutkan asam urat, serta membuang racun racun yang berada dalam tubuh.

9. Melawan radikal bebas

Antioksidannya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas, serta melindungi tubuh dari kanker.

10. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium pada jeruk lemon dapat mengontrol tekanan darah yang tinggi, pusing, dan juga rasa mual.

11. Mempercepat proses penyembuhan

Vitamin C pada lemon bersifat antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan juga membantu dalam proses pemulihan.

12. Mengobati penyakit ginjal

Manfaat jeruk lemon untuk ginjal ialah, dapat membantu pencernaan, melarutkan, dan menghancurkan batu ginjal, mengeluarkan racun dalam tubuh, serta dapat membersihkan sistem pencernaan.

13. Sebagai obat batuk

Manfaat jeruk lemon untuk batuk antara lain, dapat membunuh bakteri, meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan antioksidan, meredakan rasa nyeri di tenggorokan pada saat batuk, dan merilekskan tenggorokan.

Itu tadi beberapa manfaat jeruk lemon untuk tubuh dan juga kesehatan. Jeruk lemon biasanya dapat ditemukan di pasar tradisional, swalayan, minimarket, ataupun supermarket. Walaupun harganya di pasaran Indonesia termasuk mahal, tapi jika dibandingkan dengan khasiatnya yang sangat banyak, tidaklah seberapa. Lebih baik menggunakan bahan alami daripada mengkonsumsi obat-obatan kimia.