8 Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 2 Desember 2017 Kesehatan 1365 Ashilla Zahra

Bagi kita warga Indonesia tentu tidak asing dengan buah satu ini, sebab hampir setiap perkarangan rumah maupun kebun terdapat pohon jeruk bali. Walaupun demikian peminat dari jeruk bali ini tidak sebanyak popularitasnya. Nama jeruk bali ini sendiri masih menjadi legenda yang tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Jaruk dengan mengambil nama suatu daerah terkenal di Indonesia ini justru jarang di temui di daerah tersebut. perkembangbiakan jeruk ini justru lebih banyak terdapat di pulau jawa. Di pulau jawa sendiri, sering kali jeruk bali digunakan sebagai bahan acara atau ritual tertentu yaitu sebagai bahan campuran rujak. Tidak hanya itu di balik bentuknya yang bulat dengan ukuran besar hampir menyerupai melon ini memiliki manfaat yang melimpah. Akan tetapi sangat di sayangkan dengan melihat bagaimana peminat jeruk bali saat ini, seperti yang kita ketahui masyarakat saat ini mengkonsumsi jeruk bali apabila terdapat acara tertentu saja.

Buah jeruk bali mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan dan juga dapat dijadikan sebagai alternative untuk merawat kulit juga kesehatan. Buah satu ini memiliki kandungan yang sangat berlimpah yaitu, vitamin C, kalium, pectin, likopen, zat aktif pembersih darah, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan yang dimiliki ini tentunya memberikan dampak yang baik bagi setiap orang yang mengkonsumsinya. Berikut beberapa manfaat yang ditimbulkan oleh jeruk bali:

  1. Mengobati Sariawan

Manfaat pertama yang dimiliki jeruk bali ini cukup sederhana dan bukan lagi rahasia umum. Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk bali tentu membuatnya sebagai obat dalam mengatasi permasalahan yang sering kali terjadi ini. Seperti yang kita ketahui munculnya sariawan dikarenakan kurangnya asupan vitamin C pada tubuh kita, untuk itu tidak ada salahnya kita mencoba mengkonsumsi buah jeruk bali ini agar asupan vitamin C menjadi tercukupi dan seimbang.

  1. Sebagai antioksidan

Jeruk bali merupakan salah satu dari jenis buah-buahan yeng memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik. Antioksidan yang ada pada buah jeruk bali ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh karena dapat mencegah masuknya radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri memilki banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

  1. Menyegarkan tubuh

Jeruk bali memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi sebagai alternative penghilang rasa dahaga dalam tenggorokan. Rasa yang dimilikinya pun cukup unik yaitu rasa asam, manis dan juga di dukung dengan kandungan air yang melimpah saat kita mengkonsumsinya memberikan sensasi segar pada tubuh kita.

  1. Membersihkan sel darah merah

Jeruk bali memiliki kandungan zat aktif yang sangat baik dan juga efektif untuk membersihkan sel darah merah. selain itu, zat aktif yang ada pada jeruk bali ini dapat meningkatkan kadar darah didalam tubuh, dan juga bermanfaat untuk mencegah munculnya gejala-gejala anemia di dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan kadar kolestrol

Kandungan senyawa pectin yang dimiliki jeruk bali membuatnya sebagai salah satu buah yang bisa dijadikan alternatif dalam mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh. Pectin sendiri diyakini mampu untuk menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh kita. Jadi bagi anda memiliki riwayat kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk bali untuk mengurangi kolesterol jahat pada tubuh.

  1. Dapat mencegah kanker

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa jeruk bali memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sebagai kandungan yang dapat menangkal radikal bebas. Tidak hanya antioksidan saja jeruk bali memiliki kandungan kalium, yang dimana kandungan ini dipercaya dapat membantu tubuh untuk menangkal dan mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga sangat efektif dijadikan alternative dalam mencegah penyakit kanker maupun dalam  menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang sudah kita bahas bahwa jeruk bali memiliki kandungnan pectin yang dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, kandungan pectin ini tidak hanya dapat menurunkan kolesterol saja melainkan juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kondisi jantung yang sehat ini tentu akan membuat kita terhindar dari resiko terjadinya serangan jantung.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki buah jeruk bali ini sangat bermanfaat dalam  membantu tubuh agar tetap terjaga imunitas dan kekebalannya. Dengan kekebalan tubuh yang terjaga, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam virus yang dapat menimbulkan berbagai penyakit , terutama penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti flu dan juga batuk.