Manfaat Jahe

Manfaat Jahe

Rabu, 12 Desember 2018 Kesehatan 402 Ashilla Zahra

Jahe tergolong ke dalam rempah-rempah, dan dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Rasa jahe yang pedas, dan menimbulkan sensasi yang hangat, berasal dari kandungan senyawa keton yang bernama zingeron. Jahe dapat tumbuh dengan subur di ketinggian 0-1.500 meter di atas permukaan laut. Manfaat jahe yang paling terkenal ialah dapat menghangatkan tubuh, dan juga menghilangkan kepenatan.

Jahe biasanya dikonsumsi sebagai minuman, sebagai bahan pembuatan roti/biskuit (roti/biskuit jahe), dan yang paling umum digunakan sebagai bumbu saat memasak. Selain itu jahe dapat digunakan sebagai obat-obatan, biasanya untuk mengobati diare, kembung, dan masalah pencernaan lainnya, serta bisa juga sebagai obat batuk/sakit tenggorokan.

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Jahe

  1. Vitamin dan minyak atsiri: memiliki sifat antivirus yang dapat mencegah dan menyembuhkan gejala pilek, batuk, sinusitis, sakit tenggorokan, flue, asma, dan gangguan pernafasan.
  2. Mineral kromium, magnesium, dan seng: dapat melancarkan aliran darah, mencegah demam yang hingga menggigil, dan berkeringat yang berlebih-lebihan.
  3. Asam amino: untuk mencegah penyakit kardiovaskular.
  4. Antioksidan: Untuk menjaga daya tahan tubuh.
  5. Gingerol: untuk membersihkan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh terutama saat kita sedang stress.
  6. Senyawa aktif: dapat meringankan depresi, dan perasaan cemas yang berlebihan.
  7. Zat aktif: memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

 

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Jahe dapat digunakan sebagai obat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam jahe terdapat kandungan phenolic, yang dapat meredakan gejala gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, dan membantu pergerakan makanan dan minuman dalam pencernaan.

2. Mengurangi rasa mual

Rasa mual biasanya terjadi pada ibu hamil, efek samping setelah pengobatan kanker, dan vertigo. Mengkonsumsi jahe secara langsung, atau dijadikan minuman, dipercaya sangat efektif untuk mengurangi mual.

3. Mengurangi rasa sakit

Manfaat jahe yang lainnya ialah, dipercaya dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi, serta sakit pada otot.

4. Mengurangi resiko penyakit kanker

Salah satu makanan yang populer untuk menangkal Kanker saat ini adalah Bawang Putih, Akan tetapi tahukah anda ternyata jahe memiliki manfaat yang sama dengang bawang putih. Gingerol, dan phytonutrient dalam jahe, dipercaya dalam mencegah penyakit kanker. Selain itu, gingerol dan phytonutrient mampu untuk mencegah bertumbuhnya sel-sel tumor.

5. Melancarkan peredaran darah

Kandungan yang terdapat dalam jahe, dapat merangsang pelepasan untuk memperlebar pembuluh darah di dalam tubuh sehingga tekanan darah tetap stabil, dan aliran darah menjadi lancar.

6. Mengobati flue, dan pusing

Untuk mengobati sakit flue dan pusing, biasanya jahe dibuat menjadi minuman. Selain itu, jahe bisa diaplikasikan langsung ke bagian hidung, dahi, kepala, dada, dan juga leher.

7. Mengobati batuk

Air jahe juga berguna untuk mengobati batuk, yang dikarenakan adanya bakteri pada tenggorokan. Setelah dikonsumsi secara teratur, tenggorokan dan pernafasan akan menjadi lega, dan batukpun berangsur berkurang lalu hilang.

8. Mengatasi gangguan pernafasan (asma, flue, dan batuk)

Manfaat jahe untuk asma, flue, dan batuk ialah, berfungsi untuk memaksimalkan proses detoksifikasi di paru-paru, sehingga dapat mengatasi masalah pada pernafasan..

9. Menghilangkan masuk angin

Saat masuk angin, sebaiknya anda mengkonsumsi air/minuman jahe sebagai obat. Dijamin setelah itu tubuh menjadi hangat, dan angin berlebihan yang ada di dalam tubuh akan keluar.

10 . Memperkuat sistem imun di tubuh

Kandungan vitamin C di dalam jahe, dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah diserang penyakit.

11. Menjaga kesehatan otak agar dapat berfungsi dengan baik

Jahe ternyata dapat meningkatkan fungsi otak secara langsung. Kandungan antioksidan dan senyawa aktifnya, bisa menghambat respon inflamasi (peradangan) yang terjadi di otak. Dengan begitu jahe dapat tetap menjaga dan meningkatkan fungsi otak, terutama pada lansia.

12. Menjaga agar gula darah tetap stabil

Manfaat jahe untuk diabetes ialah, jahe dapat menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh dengan baik. Kandungan di dalam jahe dapat memberikan pengaruh yang baik dalam proses pelepasan insulin serta sensitivitasnya, serta mendukung proses metabolisme karbohidrat dan lipid yang baik bagi tubuh.

13. Mengatasi penyakit asam lambung

Manfaat jahe untuk asam lambung ialah, antiemetic yang ada pada jahe mampu meningkatkan sekresi pada lambung. Zat antimikrobanya juga dapat membunuh virus penyebab asam lambung. Selain memakai jahe anda juga memakai daun kelor untuk mengatasi penyakit asam lambung.

14. Membantu menyembuhkan amandel

Manfaat jahe untuk amandel, jahe dipercaya dapat membuat radang pada amandel berangsur-angsur membaik kemudian sembuh. Caranya dengan minum air jahe secara teratur, atau bisa juga ditambahkan dengan madu.

Banyak sekali ternyata manfaat jahe, baik sebagai rempah, bumbu pada masakan, minuman yang bisa menghangatkan tubuh, sebagai obat untuk kesehatan tubuh dan lainnya. Untuk minuman jahe, sebaiknya kita menggunakan jahe alami yang diolah sendiri secara langsung, daripada menggunakan minuman jahe berbentuk bubuk yang sudah jadi, karena biasanya sudah ada tambahan gulanya.