5 Manfaat Luar Biasa Ikan Tuna Bagi Kesehatan

5 Manfaat Luar Biasa Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Selasa, 12 September 2017 Kesehatan 1077 Ashilla Zahra

Ikan tuna memang memiliki segudang manfaat mulai dari lemak, daging hingga minyaknya. Manfaat minyak ikan ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi manfaat dari daging ikan tuna itu sendiri yang cukup banyak sekali. Namun perlu diperhatikan saat konsumsi ikan tuna, karena tidak sedikit yang mengandung Merkuri akibat lingkungan air laut tercemar.

Seperti yang telah diketahui bahwa ikan tuna merupakan jenis ikan air asin dari keluarga Scombridae dan Genus Thunnus, dan termasuk salah satu ikan paling populer di belahan dunia. Maka tak heran jika jenis ikan yang satu ini seringkali dikalengkan untuk diproduksi sebagai bahan makanan yang bergizi. Tentu saja ikan tuna segar jauh lebih bergizi karena kaya akan omega-3, seperti manfaat ikan tuna berikut ini.

Khasiat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

1.Mencegah Obesitas

Adanya kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan tuna mampu mengurangi risiko obesitas dan meningkatkan respon insulin di dalam tubuh. Pasalnya omega-3 sendiri dapat melakukan perangsangan hormon yang dikenal dengan istilah Leptin, dimana akan membantu metabolisme tubuh sehingga turut serta dalam mengatur berat badan sebagai makanan asupan tubuh. Ikan tuna juga mengandung lemak yang baik dengan tingkat kalori cukup rendah, jadi cocok untuk makanan diet

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Umumnya ukuran dari fungsi denyut jantung atau disebut dengan heart rate variability (HRV), dapat ditingkatkan kecepatannya secara stabil dengan mengkonsumsi ikan tuna. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 mampu membantu ikan tuna untuk bekerja dalam meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan asam lemak Omega-3 dapat melindungi organ jantung yang bersifat abnormal karena akan berakibat fatal hingga kematian.

  1. Sumber Protein Tubuh

Ikan jenis tuna ini juga kaya akan kandungan protein yang cukup tinggi. Hal semacam ini sama akan telur yang banyak juga mengandung protein. Adapun kandungan protein yang baik di dalam ikan tuna mampu membantu dan menjaga otot-otot tubuh supaya tetap kuat. Tentu saja keberadaan protein ini baik sekali untuk darah, rambut, kuku, dan kulit. Dengan begitu ikan tuna merupakan sumber protein utama untuk dikonsumsi.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sekali lagi bahwa ikan tuna mengandung omega-3 asam lemak, namun di sini ikan tuna mampu membantu sekaligus mencegah tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian yang menunjukkan jika daging ikan tuna akan tetap menjaga tekanan darah supaya stabil berkat asam lemak omega-3. Pastikan penderita darah tinggi harus mengkonsumsi ikan tuna agar mendapatkan efek yang cukup besar dari asam lemak omega-3 tersebut.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida

Pengertian Trigliserida sendiri adalah penyusun utama minyak nabati maupun lemak hewani. Hanya dengan mengkonsumsi tuna, setidaknya dua porsi tuna seminggu memungkinkan kadar trigliserida akan menurun. Hal ini karena Trigliserida di dalam aliran darah menunjukkan jumlah lemak yang akan diproses. Jika memiliki trigliserida tingkat tinggi, mungkin juga mengalami tingginya kolesterol jahat dan rendahnya tingkat protein yang baik.