Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 20 April 2017 Kesehatan 103 Ashilla Zahra

Manfaat Donor DarahDonor darah merupakan kegiatan mentransfusikan darah kita ke orang lain yang membutuhkan dengan catatan memiliki golongan darah yang sama atau sesuai dengan yang diperlukan. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu hal yang merupakan pekerjaan mulia, dimana selain memiliki manfaat untuk orang yang kita donorkan darahnya, juga sangat bermanfaat untuk si pendonor darah. Walaupun banyak yang beranggapan bahwa donor darah itu menyebabkan lemas atau bahkan ada yang beranggapan bahwa itu adalah hal yang mengerikan.

Namun ternyata dibalik anggapan tersebut, ternyata tersimpan fakta yang menarik, dimana donor darah merupakan salah satu aktivitas yang bisa membantu kesehatan tubuh. Banyak manfaat positif yang kita peroleh jika kita mampu secara rutin mendonorkan darah kita, hal ini tentu saja akan lebih memacu diri untuk terus mendonorkan darah dan lebih peduli terhadap sesama. Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika rutin mendonorkan darah bagi kesehatan tubuh, berikut adalah beberapa informasinya.

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat donor darah yang pertama, bisa anda rasakan di jantung anda, donor darah yang rutin akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan jika darah memiliki kandungan zat besi yang terlalu tinggi, maka hal ini akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. zat besi yang berlebihan memiliki peranan yang utama yang bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Maka dengan donor darah secara teratur ini, akan membantu mengontrol zat besi dalam darah.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah yang rutin akan mempercepat tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan tubuh akan secara otomatis kehilangan sel darah merah, namun secara otomatis sumsum tulang belakang akan dengan cepat memproduksi sel darah merah yang baru. Dengan menignkatkan produksi sel darah merah ini, tentu banyak sekali manfaat positif yang bisa diambil, seperti bisa mencegah diri dari resiko terkena anemia, dll.

  1. Menurunkan berat badan

Ketika melakukan donor darah, maka kalori pun akan terbakar secara otomatis. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan darah sekitar 450 ml, maka hal ini akan membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh sejumlah 650 kalori. Tentu saja efeknya jika dilakukan secara teratur, akan membantu dalam merampingkan pinggang, dan membakar lemak.

  1. Menurunkan resiko kanker

Selian ketiga hal diatas, donor darah yang dilakukan secara rutin juga sangat baik dalam membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan antibodi akan semakin kuat dan juga karena sel – sel darah merah yang terus diperbaharui, maka darah kotor yang bisa mendatangkan berbagai macam jenis penyakit, termasuk salah satunya adalah kanker, akan turut hilang dan diperbaharui terus menerus.

Itulah beberapa manfaat donor darah secara rutin bagi kesehatan tubuh. Untuk minimal umur yang bisa mendonorkan darah mulai 18 tahun, hingga 60 tahun. Jadi, selama anda masih bisa untuk mendonorkan darah anda, maka sebaiknya lakukanlah dengan teratur, selain bisa membantu sesama, juga akan berimbas positif ada diri sendiri.