Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Sabtu, 22 April 2017 Kesehatan 137 Ashilla Zahra

Hasil penelitian menyatakan bahwa kandungan dan kemampuan daun sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungannya daripada  kemoterapi dalam mengobati kanker. Bahkan pada tahun 1965 sudah dilakukan sebuah riset untuk mengungkap kandungan serta khasiatnya yang tidak diragukan lagi. Hasil riset atau penelitian tersebut menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperlambat pertumbuhan kanker, dan saat ini sudah banyak dokter yang memberikan resep obat alami dengan menggunakan daun sirsak.

Manfaat daun sirsak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan tidak sedikit masyarakat Indonesia menggunakan daun sirsak sebagai bahan ramuan obat alami. Seperti yang diketahui, daun sirsak memang memiliki kandungan khusus yang mampu mengatasi serta mengobati berbagai penyakit. Maka tidak diragukan lagi, jika banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti khasiat apa saja yang dimiliki daun sirsak.

Daun sirsak mengandung senyawa linoleic acid, annoctalin, annomuricin, anonol, muricapentocin, acetogenins, annohexocin, dan senyawa lainnya. Kandungan senyawa kimia pada daun sirsak memiliki beragam nutrisi untuk kesehatan serta banyak senyawa positif yang terbukti manjur dan dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat banyak penyakit dengan pengolahan yang tepat. Pengolahan daun sirsak berbagai macam bentuknya, yaitu dengan cara mengolahnya secara manual atau lebih pada cara tradisional atau bahkan mengolahnya dalam bentuk kapsul atau sejenis kemasan obat yang ada di apotek. Cara mengolah daun sirsak secara tradisional cukup mudah yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirsak hingga mendidih, baru kemudia air rebusan daun sirsak tersebut dapat diminum sebagai obat.

Berikut Manfaat dan Cara Pengolahan Daun Sirsak

  1. Mengatasi Penyakit Ginjal

Daun sirsak juga memilik kandungan antioksidan yang diyakini mampu mengobati  serta menjaga kesehatan pada ginjal kita.

  1. Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker dan Kista

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli, daun sirsak memiliki kandungan penghambat sel kanker serta dapat menyembuhkan penyakit kanker 10.000 kali jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan kemoterapi. Jika kemoterapi membutuhkan banyak biaya serta menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh, daun sirsak justru lebih murah dan juga aman. Tidak hanya kanker daun sirsak pun di percaya dapat menghambat serta memperlambat perkembangan dan pertumbuhan pada kista.

  1. Meningkatkan kesuburan

Bagi Anda yang belum juga mendapatkan keturunan, mengonsumsi air rebusan daun sirsak bisa dijadikan salah satu solusi. Pada pria, mengonsumsi ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan jumlah sperma. Sementara untuk wanita daun sirsak dipercaya dapat memperkuat rahim.

  1. Mengatasi Asam Urat

Banyaknya obat-obatan untuk mengatasi asam urat yang mengandung daun sirsak sebagai bahan utamanya, tidak dapat dipungkiri bahwa daun sirsak memiliki manfaat yang sangat efektif dalam mengobati penyakit asam urat.

  1. Sebagai Obat Penyakit Paru-Paru

Daun sirsak memiliki khasiat cukup baik dalam terapi pengobatan baik paru paru basah maupun kering, hal ini karena daun sirsak memiliki fungsi sangat baik mematikan bakteri penyebab penyakit paru-paru. Pengolahan daun sirsak yaitu dengan cara merebus daun sirsak dan air rebusan tersebut dicampur dengan madu asli.

  1. Mengobati Diabetes

Adanya nutrisi dalam ekstrak daun sirsak yang teruji mampu menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dalam kisaran normal, menjadikannya sebagai salah satu obat herbal dalam menangani penyakit diabetes.