8 Manfaat Daun Pepaya, Dibalik Rasa Pahitnya

8 Manfaat Daun Pepaya, Dibalik Rasa Pahitnya

Kamis, 26 Oktober 2017 Kesehatan 865 Ashilla Zahra

Siapa yang menyangka dibalik rasa buahnya yang manis dan segar ternyata memiliki rasa daun yang pahit, pohon papaya memang dikenal sebagai pohon yang memiliki manfaat ganda yaitu yang dimiliki oleh buah maupun daun papaya tersebut. manfaat yang dimiliki buah papaya adalah sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan bahkan masih banyak manfaat yang dimiliki oleh buah papaya itu sendiri. Tidak hanya buahnya saja ternyata daun papaya juga tidak kalah bermanfaatnya dengan buah papaya, banyak kandungan gizi yang dimiliki daun papaya itu sendiri.

Daun pepaya merupakan salah satu sayuran yang mudah dijumpai di kebun, dan terkadang kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan daun papaya tersebut. Masyarakat Indonesia menyantap daun pepaya sebagai lalab atau dengan cara diolah sebagai makanan pelengkap nasi (tumis, sayur, campuran tongseng). Rasanya yang pahit tidak membatasi banyak masyarakat Indonesia untuk menyukai daun pepaya. Bahkan jika anda bisa mengolahnya, maka daun tersebut tidak akan terlalu pahit.

Daun papaya memang terkenal dengan rasa pahitnya, akan tetapi dibalik rasa pahit yang begitu melekat, daun papaya justru memiliki kandungan gizi dan manfaat yang berlimpah. Kandungan vitamin A,B,C,D,E serta kalsium yang dimiliki oleh daun papaya tentunya memberikan manfaat yang penting untuk tubuh kita, serta dapat mencegah maupun mengatasi permasalahan yang ada dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan oleh daun papaya:

Manfaat Daun Pepaya

  1. Melawan Kanker

Penelitian yang dilakukukan oleh jurnal Ethnopharmacology yang menyatakan bahwa jus daun papaya mengandung enim yang dapat melawan berbagai penyakit kanker tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan mengatur T-sel ekstrak daun papaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Trombosit

Penelitian di seluruh dunia telah menyatakan bahwa daun papaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat, terutama untuk kasus kekurangan vitamin, sedang melakukan proses kemoterapi, maupun demam berdarah sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun papaya seagai obat alami untuk mengatasi permasalahan kekurangan trombosit.

  1. Pencegahan Demam Berdarah

Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. mengkonsumsi daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter merekomendasikan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil yang cepat.

  1. Menghambat Bakteri

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh daun papaya dapat membantu untuk mengatasi pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Selain itu daun papaya juga sangat efektif untuk menghambat perkembangan bakteri yang terkadang mudah menular.

  1. Melindungi Usus

Usus merupakan bagian organ tubuh yang sangat rentan terhadap penyakit, asupan makanan yang tidak dijaga tentu akan menyebabkan gangguan serta masalah kesehatan pada usus. Untuk itu mengkonsumsi daun papaya sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan usus, sebab daun papaya memiliki kandungan zat tannin yang bermanfaat untuk mengusir cacing yang dapat mengganggu kesehatan pada usus.

  1. Meregenerasi Sel Darah

50 bahan dan  berbagai vitamin yang dimiliki daun papaya dapat membantu sel darah dalam tubuh tetap normal. Dengan demikian bagi anda yang memiliki masalah pada sel darah anda tidak ada salahnya jika mengkonsumsi daun papaya sebagai obat alami untuk menstabilkan serta meregenerasi sel darah dalam tubuh.

  1. Mengatasi Tifus

Penyakit tifus selalu identik dengan ekstrak cacing dalam proses pengobatannya,  akan tetapi kita juga dapat memanfaatkan daun papaya sebagai bahan atau alternatif lain untuk mengobati penyakit tifus. Hal ini diperkuat dengan adanya kandungan zat tannin, karpain, dan antibakteri yang dimiliki oleh daun papaya, sehingga dapat meredakan penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri tifosa serta dapat meredakan efek dari penyakit tersebut.