Manfaat daun Binahong

Daun binahong dikenal sebagai madeira vine, memiliki bentuk seperti hati dan lebih banyak dijadikan sebagai tanaman hias di dinding pekarangan. Banyak yang tidak tahu bahwa manfaat daun binahong cukup banyak dan bermanfaat bagi kesehatan. Sejak dahulu, daun ini sudah digunakan sebagai bagian dari obat herbal. Daun ini banyak ditemukan di Indoneisa dan Asia Timur.

Kandungan gizi yang terdapat pada daun binahong

  1. Beta karoten

Manusia mampu mengubah beta karoten menjadi vitamin A (retinol). Vitamin A adalah vitamin yang dibutuhkan agar kualitas ulit tetap sehat, sistem imun yang berjalan semestinya dan juga memperbaiki kesehatan mata.

Vitamin A bisa jadi berasal dari makanan yang kita makan seperti rebusan daun binahong atau suplemen yang kita konsumsi. Keuntungan dari konsumsi beta karoten adalah tubuh dapat mengkonversinya sebanyak mungkin. Namun, kelebihan vitamin A bisa menjadi toksik terutama jka anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen.

  1. Asam askorbat

Secara alamiah, asam askorbat ada dalam makanan atau buah-buahan asam seperti tomat, kentang, dan sayuran berbentuk daun. Vitamin C begitu esensial untuk kesehatan tulang, otot dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin ini akan menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah. Asam askorbat digunakan sebagai terapi bagi mereka yang kekurangan vitamin C.

  1. Riboflavin

Nama lain dari vitamin B2 ini adalah vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Fungsinya dalah memelihara kesehatan sel darah, menaikkan tingat energi, mempengaruhi kinerja metabolisme yang sehat dan lancar, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, melindungi mata dan juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

  1. Vitamin E

Sebagai vitamin yang mudah larut dalam lemak, vitamin ini banyak ditemukan dalam makanan yang fungsinya menjaga tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas didapatkan dari paparan lingkungan, polusi udara atau cahaya matahari yang memancarkan radiasi ultraviolet.

Tubuh membutuhkan vitamin E untuk menaikkan sistem imun menjadi lebih baik supaya menginvansi bakteri jahat dan virus. Daun binahong yang mengandung vitamin E ini dapat menjaga pembuluh darah dari penyumbatan. Juga untuk berinteraksi dengan membawa fungsi penting lainnya.

  1. Kalsium

Setiap hari kita kehilangan kalsium melalui ekskresi keringat, urin, kulit, rambut dan kuku. Tubuh tidak dapat membuat kandungan kalsium sendiri sehingga penting untuk mendapatkannya dari makanan. Jika tubuh tak cukup mendapatkannya, maka kebutuhan akan diambil dari tulang. Lama kelamaan, tulang akan melemah dan mudah keropos.

Kalsium adalah mineral yang penting dibutuhkan dan menjadi bagian dari manfaat daun binahong. Keberadaannya dalam tubuh berguna untuk peredaran darah, kontraksi otot dan detak jantung. Jumlah 99% kalsium pada tubuh terdapat pada tulang dan gigi.

MANFAAT DAUN BINAHONG UNTUK KESEHATAN

1. Mencegah asam urat

Kandungan antioksidan pada daun binahong terdiri dari beberapa senyawa seperti saponin, polifenol dan alkaloid. Semua senyawa tersebut mampu mengusir terbentuknya sam pada sendi. Sehingga, manfaat daun binahong untuk asam urat adalah mencegah pengkristalan asam sehingga potensi penyakit asam urat dapat dihindari.

2. Mencegah ambeien

Jika anda menginginkan penyakit ambeien andaa sembuh tanpa proses operasi kecil, sebaiknya anda mencari daun binahong. Manfaat daun binahong untuk ambeien adalah mengecilkan ukuran ambeien pada anus dan sebagai anti inflamasi. Caranya, rebus daun binahong beberapa helai dalam 3 gelas air. Minum air rebusannya setiap hari.

Dampingi metode alternatif ini dengan banyak meminum air putih, menhindari duduk terlalu lama dan makan-makanan berlemak.

3. Mengobati herpes

Penyakit herpes begitu menyebalkan karena menimbulkan rasa sakit seperti sengatan panas, juga bisa menyebabkan bekas di kulit. Manfaat daun binahong untuk herpes sejak dahulu adalah mengusir virus yang menjadi penyebab herpes. Caranya adalah dengan menjadikan daun ini sebagai salep, kemudian gosokkan ke bagian kulit yang terkena herpes.

4. Menghilangkan bekas jerawat

Banyak krim yang menawarkan bebas bekas jerawat dalam waktu singkat, namun kandungan kimia pada krim bisa menimbulkan efek samping. Orang memilih bahan herbal seperti daun binahong untuk menghilangkan bekas jerawat. Manfaat daun binahong untuk bekas jerawat adalah menyamarkannya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat.

Anda hanya perlu menjadikan pasta daun binahong sebagai masker harian. Kandungan vitamin E-nya mampu meregenrasi kulit wajah anda yang memiliki noda bekas jerawat.

5. Mengobati gagal ginjal

Ketika anda didiagnosa mengidap gagal ginjal, maka jangan panik. Daun binahong dapat membantu anda sebagai bagian dari pengobatan alternatif. Manfaat daun binahong untuk ginjal adalah menurunkan level kreatinin. Caranya mudah, lembaran daun binahong direbus lalu airnya diminum setiap hari.

Seringkali daun binahong diabaikan karena banyak yang belum tahu manfaat daun binahong. Meski bentuknya persis sebagai tanaman hias, ternyata tanaman ini menyimpan banyak manfaat kesehatan. Bagi anda yang ingin menjadikannya bagian dari terapi, sebaiknya anda menjadikan tanaman ini sebagai bagian dari pekarangan rumah anda.

ads

Leave a Comment