Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas

Kamis, 9 Agustus 2018 Kesehatan 217 Ashilla Zahra

Nanas merupakan jenis buah yang banyak mengandung air, dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Apalagi banyak sekali manfaat buah nanas, dan kandungan gizi di dalamnya. Antara lain terdiri dari vitamin, mineral, antioksidan, serta enzim. Nanas sangat mudah dijumpai di setiap daerah di Indonesia. Dan beruntungnya buah nanas bukan buah yang musiman.

Buah nanas sangat digemari oleh orang banyak, dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan sangat segar saat dikonsumsi. Cocok untuk orang-orang yang tinggal di daerah yang beriklim tropis. Subang adalah daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas dapat dikonsumsi secara langsung, diawetkan, dibuat manisan, sirup, selai, sebagai obat alami/tradisional, dan masih banyak lagi.

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Buah Nanas

  1. Kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, sukrosa, enzim bromelain, enzim protese: berfungsi untuk memecah protein dalam tubuh.
  2. Enzim bromelain: dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, meningkatkan kesehatan usus, mencegah penyakit kanker, dan menyembuhkan luka.
  3. Vitamin C (132% dari asupan harian): untuk membantu proses pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan di seluruh tubuh.
  4. Mangan (76%): mencegah osteoporosis, dan meringankan gejala penyakit tulang
  5. Serat larut (2 gram serat, 99% serat): dapat membantu mencegah diabetes, dan menjaga pencernaan.
  6. Seng: membantu memproduksi sel darah merah.
  7. Folat/B9: menjaga pertumbuhan jaringan dan fungsi normal dari setiap sel-sel dalam tubuh.
  8. Anthocyanin: untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
  9. Vitamin B1: menjaga sirkulasi darah, dan memasok oksigen ke seluruh sel.
  10. Vitamin A: menjaga kesehatan selaput lendir, melindungi mata, dan juga kulit.
  11. Kalium: mengontrol tekanan darah, dan denyut jantung.
  12. Tembaga: menjaga kesehatan sel darah merah.

 

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit asma

Hal ini dikarenakan di dalam buah nanas terkandung betakaroten. Jika dikonsumsi secara teratur, maka dapat mencegah penyakit asma.

2. Mencegah kanker dan mengurangi efek samping dari pengobatan kanker

Vitamin C pada nanas, berperan sebagai antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Sedangkan enzim bromelain, berfungsi untuk mengurangi efek samping akibat kanker.

3. Menurunkan hipertensi

Buah nanas juga mengandung kalium. Kalium sangat berfungsi untuk membantu tekanan darah yang tinggi.

4. Menurunkan tingkat gula darah

Manfaat buah nanas untuk diabetes ialah, membantu menurunkan kadar gula darah agar kembali stabil. Disarankan agar penderita diabetes mengkonsumsi buah nanas secara teratur, dengan takaran, wanita: 21-25 gram nanas/hari, dan untuk pria: 30-38 gram/harinya.

5. Meningkatkan kesuburan, terutama untuk wanita yang sedang dalam program hamil

Antioksidan yang terdiri dari betakaroten, vitamin, dan mineral  pada nanas, dapat meningkatkan kesuburan pada wanita, sehingga bisa membantu terutama pada saat sedang menjalankan program kehamilan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Dengan kandungan kalium yang ada di dalam nanas, anda akan mendapatkan manfaatnya. Konsumsi buah nanas secara rutin setiap hari, sebanyak 4.000 miligram, maka akan mengurangi resiko kematian sebanyak 49% akibat serangan jantung.

7. Dapat menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit

Jika anda mengalami keseleo, luka otot, ataupun peradangan pada sendi, konsumsilah nanas secara teratur setiap harinya. Karena manfaat buah nanas untuk menyembuhkan sakit terdapat pada kandungan bromelain, yang dapat mempercepat penyembuhan pada sakit, dan luka, mengurangi bengkak, serta memar.

8. Membuat mata menjadi sehat

Vitamin C pada nanas berperan untuk menjaga kesehatan mata, dan menurunkan resiko katarak.

9. Melancarkan pencernaan

Serat dan air yang terdapat pada nanas, dapat membantu mencegah sembelit, dan menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.

10. Menyembuhkan penyakit asam urat

Manfaat buah nanas untuk asam urat antara lain, dapat menghambat peningkatan kadar asam urat, mencegah terjadinya peradangan dan pembengkakan, mencegah terjadinya radikal bebas, mengurangi rasa sakit dan nyeri pada sendi, dapat kembali menguatkan tulang, membantu penyerapan purin dan membantu mengurangi penumpukan purin dengan baik, membantu urin mengeluarkan asam urat, dan membantu menyembuhkan secara bertahap.

11. Meredakan radang pada amandel

Manfaat buah nanas untuk amandel ialah, untuk meredakan pembengkakan yang terjadi pada radang amandel, dikarenakan terdapatnya virus dan bakteri. Minum ¼ gelas air perasan nanas sebanyak 2-3 kali setiap hari secara rutin, untuk menghilangkan pembengkakan yang terjadi.

12. Mengatasi gejala asam lambung

Manfaat buah nanas untuk asam lambung ialah, mampu menetralkan asam lambung, mengatasi peradangan yang terjadi pada lambung, dan dapat membantu tubuh untuk memecah protein hewani. Nanas bisa menjadi pilihan pengobatan untuk asam lambung yang alami tentunya.

13. Membantu pencegahan penyakit batu ginjal

Manfaat buah nanas untuk batu ginjal yaitu, membantu memerangi infeksi, menjaga sistem pencernaan, dan mengurangi pembekuan darah/pembentukan batu ginjal. Membantu menghilangkan limbah dalam tubuh, membersihkan ginjal, dan dapat menghilangkan batu dalam ginjal.

Dan masih banyak lagi manfaat buah nanas untuk kesehatan. Jika anda merasa bosan mengkonsumsi buah nanas secara  langsung atau hanya dibuat jus saja, anda bisa memvariasikan/menambah nanas dalam menu makanan anda, untuk campuran salad, atau kue, dan lain sebagainya. Yang terpenting kita masih bisa mendapatkan nutrisi dan gizi dari buah tersebut secara alami.