Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Sabtu, 22 April 2017 Kesehatan 37 Ashilla Zahra

Manfaat Buah Manggis – Buah manggis mempunyai nama Latin Gracinia Mangostana yang pohonnya merupakan pohon yang hijau alami dan abadi yang biasanya pohon manggis ini bisa tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa pohon manggis ini berasal dari kepulauan Nusantara yang mempunyai ketinggian pohon sampai 25 meter. Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan serta daging buahnya berwarna putih.

Rasa khas yang dimiliki oleh buah manggis tentu memberikan kesan berbeda bagi penikmatnya, tak jarang banyak masyarakat yang mengeluh pada saat mengkonsumsi buah manggis, sebab daging dengan biji tak sebanding ukuran biji manggis yang besar tentu berpengaruh pada daging manggis tersebut. Namun, buah manggis ini memiliki sejuta manfaat tidak hanya buahnya saja bahkan kulit manggis pun memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat buah manggis yang melimpah dan sangat fenomenal sampai saat ini membuat manggis mendapatkan julukan ratu buah, sebab khasiatnya yang dimilikinya tak diragukan lagi. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat di dunia, tidak hanya itu manggis juga memiliki kandungan polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis. Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan serta dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Manggis

  1. Untuk Mencegah Kanker

Manggis memiliki kandungan senyama xamtone yang merupakan salah satu senyawa anti kanker yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Senyawa anti kanker dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar dan usus hati, serta dapat memperlambat pertumbuhan sel berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit leukimia.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Mengkonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

  1. Mencegah Timbulnya Jamur

Jamur merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang khususnya pada wanita. Dengan mengkonsumsi manggis secara teratur akan membuat kita terhindar dari bakteri atau jamur.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan tidak ada salahnya jika mencoba dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dalam proses penurunan berat badan. Kandungan xanthone barmanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dan vitamin E, yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kecantikan.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan zat Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis dipercaya dapar menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan didalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah manggs yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma, yakni gangguan yang diakibatkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.

  1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah manggis dipercaya dapat memulihkan kembali pada konsidi pembuluh dara yang mengalami kehilangan keelastisitasannya, melalui antimikrobial dan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis. Sehingga, resiko terjadinya penyakit jantung dapat berkurang dan dapat dicegah dengan solusi mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

  1. Mengobati penyakit Asma

Penyakit asma tergolong penyakit yang darurat dan dapat berujung pada kematian, diakibatkan rusaknya sistem pada pernafasan. Bagi anda yang mengalami sesak nafas tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis ini. Sebab, buah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.