Manfaat Buah Bintaro

Manfaat Buah Bintaro

Senin, 24 Desember 2018 Ternak & Budidaya 399 Kevin Hendrawan

Tanaman bintaro merupakan salah satu jenis tanaman yang mulai banyak dibudidayakan karena memiliki beberapa manfaat. Salah satu manfaatnya yang kini paling banyak dicari adalah dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat dari tanaman bintaro.

Mengusir Tikus Secara Alami

Manfaat buah bintaro yang pertama yaitu dapat dijadikan sebagai pengusir tikus secara alami. Hal ini karena buah tersebut mengandung zat cerberin yang merupakan racun untuk merusak saraf pusat otak tikus. Karena tikus memiliki indera penciuman yang tajam, biasanya tikus akan menjauh dari buah yang satu ini. Untuk mengusir tikus dengan buah ini, cukup letakkan buah bintaro di area yang biasa dilewati tikus. Jadi tikus nanti tidak akan melewati area itu lagi.

Dapat Menjadi Minyak Tanah Alami

Biji buah bintaro yang dicampurkan dengan biji jarak dapat menghasilkan kadar minyak tinggi. Melalui serangkaian proses pengolahan, 1,8 kg biji buah bintaro kering dapat menghasilkan 1 kg minyak. Hasil olahan minyak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak tanah pada kompor konvensional atau kompor sumbu. Berikut ini adalah cara mengolah biji bintaro agar menjadi minyak tanah alami:

  • Jemur biji bintaro sampai kering di bawah paparan cahaya matahari langsung
  • Giling/tumbuk biji tersebut sampai halus
  • Lakukan press pada biji yang sudah ditumbuk sampai keluar minyak
  • Saring minyak untuk memisahkan minyak dari kotoran/ampas
  • Diamkan minyak tersebut selama 1-2 hari supaya kotoran dapat mengendap di bawah
  • Minyak dari biji bintaro pun siap digunakan sebagai bahan bakar.

Racun Alami Ulat Grayak

Selain ditakuti oleh tikus, tanaman ini juga sangat ditakuti ulat grayak. Balai Penelitan Pertanian di Kalimantan Selatan telah melakukan penelitian terhadap buah bintaro dan hasilnya adalah 30% koloni ulat grayak mati setelah 24 jam pasca memakan makanan yang sudah dicampur dengan larutan bintaro. Bahkan angka kematian tersebut meningkat hingga 95% setelah 72 jam pengujian tersebut.

Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian IPB, buah bintaro dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Menurut uji toksisitas, disebutkan bahwa minyak yang dibuat dari pohon bintaro dan digunakan untuk bahan bakar memiliki asap dan residu yang aman terhadap lingkungan dan manusia sehingga dapat menjadi salah satu energi alternatif.

Sebagai Bahan Untuk Biopestisida

Cara untuk membuat pestisida alami dengan tanaman buah bintaro tergolong cepat dan mudah. Hal ini dilakukan dengan cara mengekstraksi etanol dan air. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daun tanaman bintaro segar sebanyak 1 kg
  • Rendam daun binator sekitar 2 hari di dalam larutan aseton atau ethanol
  • Saring ekstrak tersebut agar cairan terpisah dari daun bintaro
  • Uapkan cairan atau ekstrak hingga pekat

Cara menggunakan biopestisida dari tanaman bintaro ini adalah 1 gram/ 1 liter air. Ekstrak sebanyak 1 gram biopestisida dengan 5 – 10 cc minyak tween. Setelah itu, tambahkan air. Larutan biopestisida ini sebanyak 500 liter dapat digunakan untuk menyemprot lahan seluas 1 hektar.

Itulah beberapa manfaat dari buah dan tanaman bintaro. Pada dasarnya, buah dari tanaman ini tidak boleh dimakan karena mengandung racun cerberin. Racun tersebut dapat menghambat saluran ion kalsium pada otot jantung manusia sehingga dapat menyebabkan gangguan detak jantung yang dapat berakibat fatal.

Jika Anda tertarik, Anda dapat melakukan budidaya tanaman bintaro ini di rumah sendiri.