9 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 18 Juni 2017 Kesehatan 586 Amanda Mirella

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih merupakan salah satu bumbu rempah yang kaya akan manfaat. Selain biasa digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, bawang putih juga memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh. Namun bawang putih memiliki aroma yang cukup tajam, sehingga banyak yang tidak menyukainya. Bawag putih kaya akan nutrisi dan senyawa kimia yang sangat penting bagi tubuh. Nah apa saja khasiat bawang putih bagi tubuh kita?

Berikut 9 khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui secara jelas:

1. Mencegah Kanker atau Anti Kanker

Bawang putih memiliki kandungan senyawa yaitu dialil sulfida yang berguna sebagai antikanker. Zat ini mampu mematikan laju perkembangan kanker payudara pada perempuan. Caranya ialah zat dialil sulfida akan menghambat pertumbuhan dan tranformasi Phlp menjadi senyawa karsinogen yang mana adalah penyebab kanker payudara. Tetapi kandungan zat antikanker pada bawang putih tersebut juga baik untuk mencegah berbagai macam jenis kanker yang berbahaya lainnya.

2. Sumber Antioksidan dan Antibakteri

Khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah sebagai Antioksidan dan antibakteri yang baik bagi tubuh. Selain kedua manfaat tersebut ternyata bawang putih juga memiliki zat antivirus. Semua zat tersebut berguna dalam mencegah perkembangan bakteri, jamur, virus, serta cacing dalam tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam bawang putih terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 persen. Namun bagi orang normal, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih. Efek yang dapat ditimbulkan adalah dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat (LDL)

Ternyata bawang putih juga dapat memangkas kolesterol jahat dalam tubuh secara signifikan, sebuah studi menyebutkan jika bawang putih dapat memangkas setidaknya mencapai 10-15 persen kolesterol jahat dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol jahat, manfaat lainnya adalah mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang berguna untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Kandungan zat antioksidan pada bawang putih mampu mencegah kerusakan syaraf atau oksidatif akibat radikal bebas. Hal ini juga dapat mengakibatkan penuaan dini, konsumsi bawang putih yang teratur dapat mengurangi stres oksidatif pada pasien darah tinggi.

Kandungan zat antioksidan juga berguna dalam mencegah penyakit otak seperti penyakit demensia dan alzheimer.

6. Obat Pereda Sakit Gigi

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi dan menghilangkan seluruh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, bawang putih juga mempunyai kandungan analgesik yang ampuh dalam mengatasi sakit gigi. Cukup ambil bawang putih mentah, lalu potong tipis dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

7. Membersihkan Komedo

Caranya cukup haluskan bawang putih, kemudian oleskan pada daerah yang berkomedo. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih menggunakan air hangat dan cuci kembali menggunakan air dingin.

8. Memudarkan Noda Bekas Luka

Bawang putih memiliki sifat antiradang yang dapat membersihkan sisa bekas luka pada kulit. Caranya cukup oleskan bawang putih pada bagian noda bekas luka, lebih baik lagi jika bekas luka kita perban bersama bawang putih dan diamkan selama 10 menit.

9. Mengatasi Jerawat

Cara ini cukup menyakitkan , karena kulit akan terasa panas dan perih. Namun hal tersebut sebanding dengan hasilnya. Sediakan satu siung bawang putih lalu tumbuk halus, balurkan pada area yang berjerawat tadi. Diamkan selama 10 menit, lakukan secara teratur sebelum Anda tidur.

Demikianlah artikel ini yang berjudul 9 khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh, semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan berguna.