Manfaat Menakjubkan dari Baking Soda

Manfaat Menakjubkan dari Baking Soda

Kamis, 20 April 2017 Kecantikan 47 Ashilla Zahra

Siapa yang tidak mengetahui tentang jenis bahan yang digunakan sebagai campuran pembuatan berbagai jenis aneka makanan ini. baking soda selama ini hanya dikenal untuk pembuatan kue, tak banyak yang mengetahui keistimewaan yang dimiliki baking soda selain sebagai bahan untuki mempercantik penampilan kue. Siapa yang menyangka bahwa baking soda memiliki berjuta manfaat yang lebih istimewa dibandingkan perannya yang sering kita ketahui, baking soda memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

  1. Mengobati Asam Lambung

Baking soda  bermanfaat sebagai penetralisir asam lambung sehingga orang yang penyakit lambungnya meningkat bisa diobati menggunakan baking soda. Caranya adalah campurkan seperempat sendok the baking soda dengan air matang, lalu minum sebanyak tiga kali sehari, campurkan baking soda dengan air hangat hal ini dapat digunakan sebagai obat antasida yang berfungsi meredakan atau menormalkan asam lambung.

  1. Menyegarkan Kaki yang Lelah

Beraktifitas secara berlebih tentu akan memberikan efek pegal-pegal dan tidak nyaman pada kaki. Untuk itu, hal ini dapat diatasi dengan cara merendam kaki kedalam campuran air dengan baking soda. Campurkan baking soda ke dalam air hangat, rendam kaki selama 30 menit, dapat dilakukan dengan memijat lembut kaki.

  1. Obat Kumur

kandungan yang dimiliki baking soda dapat memebrikan efek segar dan bersih pada mulut. Maka dari itu bagi anda yang memiliki masalah pada kebersihan organ mulut tidak ada salahnya mencoba campuran air dengan baking soda sebagai bahan berkumur anda. Caranya, campurkan satu sendok the baking soda kedalam 100 ml air, aduk hingga rata, gunakan untuk berkumur saat pagi hari dan malah hari menjelang tidur.

  1. Penghilang Bau Mulut

Baking soda memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut. Hal itu dikarenakan baking soda bisa membuat kuman dan bakteri penyebab bau mulut menghilang. Cara menghilangkan bau mulut hanya dengan memanfaatkan baking soda sebagai bahan berkumur yang dicampurkan kedalam air.

  1. Obat Gatal

Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga seperti gigitan nyamuk memang sangat menjengkelkan sekali, namun anda bisa menyembuhkan rasa gatal tersebut dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah sekali yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya kemudian anda balurkan pada kulit yang gatal, diamkan selama beberapa menit.

Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

  1. Mengatasi Wajah Berjerawat

Memiliki masalah jerawat pada wajah tentu sangat tidak nyaman, wajah berjerawat tentu akan memberikan efek yang kurang menarik jika di pandang. Masalah jerawat sering kali muncul pada wajah yang memiliki kadar minyak yang berlebih. Tak jarang dari sebagian orang memilih untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang cukup ekstrim akan tetapi hal ini tentu akan memberikan dampak yang justru memperburuk permasalahan jerawat pada wajah (meradang). Baking soda bermanfaat untuk perawatan wajah yang berjerawat, sebab baking soda dipercaya cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan cara menjadikan baking soda sebagai masker wajah.

  • Campurkan dua sendok makan baking soda, campurkan dengan sedikit air
  • Aduk hingga membentuk adonan pasta
  • Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat
  • Biarkan hingga mongering, lalu bilas dengan air bersih
  1. Penghilang Flek Hitam

Banyak hal yang dapat  menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah, paparan sindar matahari secara langsung dan bekas jerawat merupakan penyebab yang sering kali di kaitkan dengan munculnya flek hitam pada wajah. Baking soda merupakan bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan flek hitam pada wajah. Dengan cara, campurkan satu sendok makan baking soda dengan air, aduk membentuk pasta, oleskan pada seluruh wajah, diamkan sampai mongering, bilas dengan air hangat.

  1. Membersihkan Sel Kulit Mati

Memiliki wajah kusam tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri kita. Kulit kusam dan tidak cerah disebabkan oleh sel-sel kulit mati di atas permukaan wajah. Sel kulit mati itu penyebab wajah kusam karena sel kulit tidak bisa bergenerasi, sehingga sel kulit mati tidak bisa tergantikan dengan sel yang baru. Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai bahan perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, dengan cara:

  • Campurkan dua sendok makan baking soda dengan dua gelas air, campur hingga merata
  • Gunakan campuran tersebut sebagai pemersih wajah
  • Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  1. Memutihkan Kulit

Memiliki kulit wajah putih dan bersih merupakan idaman setiap orang. Siapa yang menyangka baking soda memiliki manfaat untuk memutihkan kulit wajah, baking soda berperan mengangkat sel kulit mati pada wajah. Berikut cara penggunaan baking soda untuk manfaat memutihkan wajah,

  • Campurkan dua sendok baking soda menggunakan air sabun
  • Oleskanlah ke bagian kulit wajah dan pijat secara perlahan-lahan
  • Bilas dengan air hangat.
  1. Mencerahkan Kulit Ketiak

Memiliki kulit ketiak hitam dan kasar tentu sangat mengganggu penampilan kita, seseorang cenderung tidak memiliki kepercayaan diri untuk menggunakan pakaian dengan bagian lengan terbuka. Baking soda bersifat antiperspirant yang dianggap dapat membuat kulit ketiak lebih cerah. Selain alami, dibandingkan dengan deodorant baking soda lebih aman dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan deodorant yang memiliki bahan kima. Penggunaan baking soda untuk manfaat pada area ketiak sangat mudah hanya dengan mengleskan pada ketiak saja.

  1. Scrub Alami

Scrub pun bisa menggunakan baking soda, scrub ini bisa dioleskan ke wajah maupun ke badan. Caranya adalah dengan mencampurkan manfaat baking soda menggunakan air. Oleskan pada wajah atau pada kulit tangan dan kulit kaki, scrub dari baking soda itu bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.