10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rabu, 13 September 2017 Kecantikan 605 Ashilla Zahra

10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Buah Alpukat berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, namun kini tidak sedikit yang membudidayakan sebagai tanaman perkebunan monokultur ataupun perkarangan rumah di kawasan tropis seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama buah alpukat atau apokat pertama kali dikatakan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan ini telah diperkenalkan kepada penduduk Eropa tengah abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, seorang pemimpin pasukan Spanyol saat menjajah Amerika Tengah. Dari situlah Indonesia mengenal alpukat karena pada masa penjajahan Belanda banyak kiriman buah dengan tujuan sebagai pengisi perut.

Bentuk buah cenderung lonjong dan ukuran biji yang besar ini memiliki banyak manfaat yang tidak kita ketahui. Banyak manfaat alpukat yang tidak kita sadari, salah satunya adalah manfaat alpukat untuk mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh, tak hanya itu tersimpan kandungan alpukat yang dapat memberikan efek yang baik, serta dapat menunjang  kecantikan kulit maupun wajah. Kandungan yang dimiliki buah alpukat menjadikan buah alpukat sebagai buah yang memiliki manfaat yang sangat berfariasi, seperti lemak yang terdapat dalam buah alpukat tergolong pada jenis lemak yang baik, protein yang dimiliki alpukat terdiri dari 4 gram protein dan lebih banyak dibandingkan dengan buah lain, kandungan gula yang dimiliki oleh buah alpukat ini tergolong rendah yaitu 0,2 gram gula, alpukat memiliki kandungan vitamin K, B9, B6, B5, C, dan vitamin E2, serta memiliki kandungan serat yang cukup baik.

Hasil penelitian telah menunjukan bahwa mengkonsumsi omega-6 adalah salah satu faktor penting dalam penyakit kardiovaskular dan sangat disarankan untuk menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi. Menanggapi hal tersebut dapat disarankan untuk mengkonsumsi alpukat, sebab alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dan dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) sertameningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah. Untuk lebih jelas lagi mengenai manfaat alpukat, berikut beberapa manfaat yang dimiliki buah alpukat:

Manfaat Buah Alpukat

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan senyawa yang dimiliki pleh buah alpukat dapat membantu memperlambat/ menghambat sel kanker serta berperan aktif dalam mencari sel kanker baru dan berperan langsung dalam menghancurkan sel kanker baru tersebut tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

  1. Memelihara Berat Badan

Bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan tidak ada salahnya menambahkan buah alpukat ke dalam menu diet anda. Hal ini dapat didukung oleh kandungan buah alpukat yang bebas kolesterol dan rendah kalori, serta dapat menggantikan sumber lemak lainnya.

  1. Memberikan Energi untuk Tubuh

Kandungan kalori yang dimiliki oleh alpukat sangat tinggi. Mengkonsumsi alpukat dengan mencampurkan gula tubuh akan mendapatkan energi yang cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk berakitifitas sehari-hari.

  1. Menurunkan tekanan darah

Alpukat memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu mengatasi masalah yang sering kali muncul dalam kesehatan kita, meningkatnya tekanan darah (hipertensi) tentu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut sangat disarankan untuk mengkonsumi buah alpukat sebagai alternatif untuk menurunkan tekanan darah tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat memiliki kandungan lutein yang berlimpah, dimana lutein ini bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Hal ini dapat di perkuat dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan resiko kelainan pada mata seperti degenerasi macula dan katarak.

  1. Menjaga Jesehatan Jantung

Alpukat sanagt baik untuk menjaga kesehatan jantung, terjaganya kesehatan jantung maka suplai darah keseluruh tubuh akan menjadi lancar, dengan demikian tubuh akan terhindar dari berbagai macam gangguan yang berkaitan dengan kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

  1. Mencegah Peradangan

Kandungan anti inflamasi dan anti peradangan yang dimiliki buah alpukat cukup baik. Untuk itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat untuk mkencegah terjadinya maslah peradangan dalam tubuh.

  1. Mengurangi Keriput

Kandungan antioksidan dan asam amino dalam alpukat dapat membantu dalam proses pembuangan racun yang mengakibatkan penuaan dini dan kerutan pada kulit. Jadi bagi anda yang inin tampil dengan kulit kencang dan awet muda disarankan untuk mengkonsumsi alpukat atau dapat juga digunakan sebagai bahan dalam perawatan wajah maupun kulit.

  1. Melembabkan Kulit

Kandungan yang dimiliki buah alpukat ini dapat kita jadikan sebagai bahan utama dalam perawatan wajah, alpukat memiliki kandungan yang dapat memberikan kelembaban pada kulit kita yaitu dengan cara menjadikannya masker wajah dengan campuran bahan alami lainnya.

  1. Membersihkan Kulit

Kandungan vitamin A yang dimiliki alpukat dapat membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati dalam tubuh. Kandungan minyak yang dimiliki oleh alpukat dapat dengan mudah diserap oleh kulit dan sangat cocok digunakan lation untuk perawatan spa dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu memberikan nutrisi pada lapisan kulit, dan dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru, serta dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.