Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegaraannya

Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegaraannya

Minggu, 13 Agustus 2017 Kesehatan 576 Ashilla Zahra

Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegaraannya – Bicara mengenai air kelapa tentu yang pertama terbenak dalam pikiran kita adalah sebuah minuman dingin dan segar. Kelapa mempunyai nama latin Cocos Nucifera. Kelapa merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku pinang – pinangan (arecaceae). Tanaman kelapa sering terdapat di pesisir pantai, sedangkan buah kelapa saat ini sudah sangat mudah didapatkan dimana saja.

Peminat buah kelapa hijau yang cukup banyak menyebabakan buah kelapa menpunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui tak sulit untuk mencari air kelapa sebab hampir setiap pinggir jalan terdapat penjual es yang salah satu menu utamanya adalah air kelapa. Air kelapa hijau sangat baik apabila dikonsumsi (diminum) oleh anak-anak, remaja, orang tua, ibu hamil dan bayi. Rasa air kelapa yang sangat nikmat dan segar, sangat pas untuk menghilangkan dahaga haus terutama di siang hari saat terik matahari yang menyengat.

Tidak hanya kesegaran yang dimiliki oleh air kelapa akan tetapi perlu kita ketahui begitu banyak manfaat yang terkandung dalamnya. Air kelapa mengandung larutan isotonik yang mampu untuk melakukan re-hidrasi pada tubuh, sehingga tubuh segar kembali, tak hanya itu air kelapa juga berperan sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Air kelapa kaya akan potasium dan antioksidan, serta relatif rendah kalori dan gula. Para ahli mengatakan bahwa air kelapa merupakan minuman olahraga, tetapi tidak dapat menggantikan air putih sebagai sumber utama minuman sehari-hari untuk menghindari dehidrasi

Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh Kita,

  1. Dapat menetralisir racun dalam tubuh

Manfaat air kelapa hijau salah satu diantaranya adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh. Sudah sejak dahulu masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau ampuh menbuang racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Memiliki permasalahan pada sistem pencernaan tentunya sangat tidak nyaman dengan mengkonsumsi air kelapa akan membantu masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sebab air kelapa memiliki kandungan yang dapat mengurangi racun yang ada di dalam tubuh, sehingga racun dan kotoran dapat dikeluarkan melalui proses buang air besar secara teratur. Tidak hanya itu air kelapa hijau juga dapat meningkatkan serta menjaga kesehatan pencernaan dan metabolism tubuh melalui enim bioaktif, selain itu air kelapa berkhasiat untuk menenangkan usus yang terasa nyeri.

  1. Menurunkan berat badan

Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

  1. Membantu Kerja Sistem Imun

Air kelapa dapat membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dengan sistem kerja yaitu membantu membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya. Tidak hanya itu kandungan air kelapa berperan sebagai antibiotic, anti jamur, dan anti bakteri untuk mencegah penyakit, serta membunuh virus maupun bakteri yang dapat mengganggu sistem imun tubuh. Hal ini di dukung oleh kandungan yang dimiliki oleh air kelapa yaitu asam laurat yang terdapa didalamnya.

  1. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi sehingga dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita ketika sedang beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa hijau adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit. Bagi anda yang ingin tampil awet muda tidak ada salahnya jika mengkonsumsi air kelapa akan tetapi tetap dalam aturan batasnya.

  1. Sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin

Kandungan senyawa asam laurat yang terdapat di dalam air kelapa dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga air kelapa hiaju ini baik untuk ibu hamil dan janin

  1. Membantu untuk Mengontrol Diabetes

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

  1. Menghilangkan Radikal Bebas

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasinya. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.