Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Rabu, 31 Mei 2017 Kesehatan 162 Ashilla Zahra

Kehamilan merupakan satu dari sekian proses yang dijalani semasa hidup dimana menjadi salah satu proses paling membahagiakan tidak hanya untuk ibu hamil, namun untuk seluruh keluarga, maka tidak heran jika segala sesuatu pasti dipersiapkan dan juga dilakukan berbagai cara agar ibu hamil dan janin bisa sehat hingga nanti proses persalinan. Salah satunya adalah dari segi makanan yang merupakan salah satu aspek yang mesti dipenuhi kandungan gizi nya oleh para ibu hamil, agar bisa melalui proses kehamilan dan persalinan dengan janin dan ibu hamil yang sehat.

Makanan sehat untuk ibu hamil ini, banyak sekali macamnya, biasanya yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk membantu kecerdasan otak buah hati, hingga membantu agar sel-sel tubuh bisa berkembang dengan cepat. Asupan makanan yang cukup dan juga terpenuhi dari segi kebutuhan gizinya untuk ibu hamil, tentu saja akan membantu menjaga kehamilan tetap sehat, hingga nantinya proses persalinan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda ketahui.

  1. Sereal

Sereal merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat dan juga vitamin B yang tinggi. Asam folat dan vitamin B merupakan nutrisi yang mesti dipenuhi oleh para ibu hamil, agar nantinya janin yang dikandung akan tumbuh dengan sehat. Seral bias menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil, karena bisa memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil. Sayur asparagus, kacang polong, dll juga kaya akan asm folat yang tinggi yang baik untuk ibu hamil.

  1. Kacang lentil

Kacang lentil terutama yang kering, merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan yang ada dalam kacang lentil ini sendiri beragam, mulai dari protein yang baik untuk menjaga pertumbuhan janin, hingga kandungan serat yang memang diperlukan agar pencernaan ibu hamil semasa mengandung akan lancar.

  1. Brokoli

Kandungan sayuran jenis brokoli ini, merupakan salah satu sayuran yang akan kandungan asam folatnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan juga membantu perkembangan janin menjadi lebih sehat. Asam folat merupakan antioksidant yang baik untuk memerangi berbagai jenis penyakit yang bisa mengancam pertumbuhan dan perkembangan janin yang ibu hamil kandung.

  1. Susu tanpa lemak

Ternyata ibu hamil memerlukan kandungan kalsium tinggi, karena akan membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin, karena pembentukan tulang dan juga gigi bisa dipengaruhi oleh asupan kalsium dalam tubuh yang tinggi. susu tanpa lemak merupakan salah satu pilihan yang baik untuk ibu hamil konsumsi sehari – hari.

  1. Pisang

Selain itu, buah pisang merupakan satu diantara beberapa jenis buah – buahan lainnya yang kaya akan kandungan kalium yang bisa bertindak sebagai penambah energi. Selain itu, karena tekstur dagingnya yang lembut, pisang menjadi salah satu jenis buah yang mudah untuk dicerna. Selain untuk menambah energi, pisang akan membantu perkembangan otot dan juga sel tubuh lainnya didalam janin yang ada didalam kandungan.

Demikian beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi sehari – hari, agar kesehatan tubuh janin dan juga ibu hamil bisa terjaga hingga nantinya proses persalinan berjalan. Semoga bermanfaat.