Tubuh Tidak Fit? Konsumsi Makanan Penambah Stamina Ini

Tubuh Tidak Fit? Konsumsi Makanan Penambah Stamina Ini

Sabtu, 10 Juni 2017 Kesehatan 281 Ashilla Zahra

Makanan Penambah Stamina – Ketika tubuh anda sering diajak untuk beraktivitas lebih, terutama di luar ruangan tentu akan membutuhkan banyak Stamina. Berbeda dengan orang yang hanya duduk saja di rumah. Karena itulah, anda harus menyiapkan sarapan di pagi hari yang mengandung banyak karbohidrat, supaya stamina tubuh tetap terjaga dengan baik. Sehingga badan akan senantiasa kuat hingga sore hari.

Baca Juga: Kopi Hijau

Selain membutuhkan karbohidrat untuk tubuh, anda juga memerlukan kandungan lain seperti protein, mineral, zat besi dan vitamin. Ketika mengatakan soal makanan, selain memberikan Stamina juga harus mengandung nutrisi. Disaat anda memilih makanan yang kaya akan nutrisi, maka tidak perlu banyak mengonsumsi dan kebutuhan tubuh sudah cukup terpenuhi. Kemudian, jika tubuh anda masih lemas sebaiknya konsumsi beberapa jenis makanan penambah Stamina seperti berikut ini.

Makanan Penambah Stamina

  1. Yogurt

Yogurt rendah lemak merupakan makanan yang cukup ideal dan efektif untuk memberikan Stamina. Hal ini karena yogurt kaya akan protein, karbohidrat dan rendah lemak. Jika anda ingin mendapatkan Stamina yang melimpah, maka harus membutuhkan makanan yang tinggi karbohidrat seperti yogurt tersebut.

  1. Coklat Hitam

Coklat hitam memberikan manfaat yang begitu banyak dalam kesehatan misalnya, meningkatkan konsentrasi, menghilangkan stress dan menjaga kesehatan jantung. Coklat hitam berbeda dengan coklat pada umumnya karena mengandung tinggi antioksidan sekaligus rendah lemak. 

  1. Telur

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentukan otot dan menjaga kekuatan tulang. Telur adalah sumber protein melimpah karena terdapat 30% dari kebutuhan protein harian. Sementara itu, kandungan lemak baik dalam telur bermanfaat dalam pencegahan stroke sekaligus menjaga kesehatan jantung

  1. Gandum

Gandum termasuk kebanyakan biji-bijian merupakan makanan sumber Stamina terbaik yang bisa anda konsumsi sebagai pengganti nasi. Makanan padat tersebut menjadikan untuk menu sarapan pagi yang efektif sebab kaya akan karbohidrat.

  1. Sayur-Sayuran

Walaupun sayur bukan termasuk sumber Stamina utama, tetapi sayur sumber terbaik dari antioksidan, vitamin , mineral dan karbohidrat sekaligus rendah lemak. Beberapa sayuran yang bermanfaat yaitu, wortel, bayam dan brokoli.

  1. Buah Pisang

Kandungan serat dan dan fruktosa (pemanis alami) dalam buah pisang sangat baik. Selain itu, memiliki segudang manfaat untuk kesehatan seperti, macam vitamin, mineral dan karbohidrat yang dengan cepat bisa diakumulasi sebagai Stamina oleh tubuh. Konsumsikan pisang di waktu pagi hari atau sebelum beraktivitas.

  1. Buah Apel

Buah apel menganfung serat tinggi yang mampu membuat anda terasa lebih kenyang. Sehingga akan lebih lama lapar dan memberikan cadangan Stamina saat anda membutuhkan. Apel juga kaya akan vitamin dan karbohidrat serta yang terpenting ialah rendah lemak, sehingga cocok buat menu diet.

  1. Susu

Terakhir sebagai pelengakap 4 sehat dari 5 sempurna yaitu susu. Kandungan vitamin B2, B12 dan antioksidan pada susu termasuk nutrisi baik yag mampu menurunkan stres. Ternyata, susu mengandung kalori yang dapat memberikan Stamina cukup bagi tubuh. Setidaknya minumlah susu sebelum kegiatan yang padat berlangsung.

Baca Juga: Makanan Penambah Darah

Jadi, setelah anda melengkapi tubuh anda dengan berbagai makanan penambah Stamina seperti yang telah disebutkan tadi, maka tubuh mampu menompang kecukupan Stamina bagi keseharian anda. Jangan lupa konsumsi air putih sebagai minuman pembangkit Stamina, saat anda bekerja terlalu keras maka tubuh akan mengalami dehidrasi berlebih.