Tips Tetap Sehat Bekerja di Depan Komputer

Tips Tetap Sehat Bekerja di Depan Komputer

Senin, 13 November 2017 Kesehatan 1784 Ashilla Zahra

Tips Tetap Sehat Bekerja di Depan Komputer – Di era perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, segala aktivitas yang dikerjakan kini semakin mudah dengan bantuan alat karena teknologi yang berkembang pesat.

Dulu pekerjaan kantor harus dilakukan secara manual, tapi berbeda dengan sekarang semuanya serba digital dengan menggunakan laptop atau komputer.

Hampir semua orang mengerjakan pekerjaannya dengan bantuan alat yang satu ini. Karena penggunaan komputer atau laptop sangat memudahkan pekerjaan kita. Bahkan komputer dan laptop kini ibarat kebutuhan pokok yang selalu ada di setiap kantor bahkan rumah.

Dibalik beberapa manfaat yang kita dapat dengan penggunaan komputer atau laptop, terdapat dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita apabila menggunakan alat  ini secara tidak tepat.

Saat bekerja menggunakan komputer atau laptop, mata kita terfokus pada layar monitor. Terlalu lama menatap layar monitor pada komputer atau laptop menyebabkan ketidaknyamanan pada mata, seperti mata mudah lelah serta perih.

Bahkan terlalu lama duduk apalagi dengan posisi yang salah, akan berdampak pada kesehatan lainnya. Agar penggunaan komputer atau laptop dilakukan secara tepat dan tidak berdampak buruk pada kesehatan, berikut ini tips agar tetap sehat bekerja di depan komputer.

1 . Kurangi pencahayaan layar monitor dan Gunakan Pelindung Layar

Saat bekerja di depan komputer, usahakan untuk mengatur cahaya monitor dengan frekuensi rendah. Karena penggunaan komputer dengan pencahayaan monitor terlalu tinggi dan terang dapat menyiksa mata, mata akan mudah lelah bahkan sakit.

Gunakan pelindung pada layar monitor. Hal ini berfungsi untuk mengurangi radiasi yang terpancar dari layar monitor.

2 . Menggunakan Mouse Eksternal

Anda yang biasa  menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, dengan memposisikan laptop diatas paha sambil duduk maupun meletakkannya di atas kasur, lebih baik hilangkan kebiasaan tersebut.

Saat menggunakan laptop, usahakan untuk meletakkannya di atas meja dilengkapi dengan penggunaan kipas pendingin dan mouse. Hal ini bertujuan agar jari tangan Anda tidak kram dan nyaman karena jari tangan Anda lebih leluasa untuk bergerak.

3 . Benahi Posisi

Posisi duduk saat menggunakan komputer berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Hindari posisi membungkuk dan usahakan untuk duduk dengan posisi punggung lurus dan tetap tegak.

Posisikan bahu agar tetap nyaman dan tidak kaku, karena posisi yang tidak nyaman membuat bahu terasa sakit bahkan sampai ke leher sakitnya. Jika dirasa capek, istirahatlah agar posisi tubuh tetap nyaman.

4 . Lakukan Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan seperti menggerakan leher dan melakukan peregangan pada jari tangan dan kaki. Anda juga bisa memutarkan punggung Anda, sehingga tubuh relaks kembali.

Karena bekerja terlalu lama di depan komputer khususnya mengetik bisa menyebabkan jari tangan , leher, bahu dan punggung kram, kaku dan sakit.

5. Menjaga Jarak Pandang

Salah satu hal penting lainnya yang mesti Anda perhatikan yaitu jarak pandang antara mata dengan layar monitor. Usahakan untuk menjaga jarak pandang mata Anda dengan layar monitor agar tidak terlalu dekat.

Jarak pandang mata dan layar monitor yang terlalu dekat kurang baik bagi kesehatan mata Anda. Jarak yang baik anatara mata dengan layar komputer yaitu sekitar 45 cm.

6. Istirahatkan mata anda sejenak

Anda yang bekerja di depan komputer sangat rentan terkena penyakit mata. Untuk meminimalisir serta mencegah hal tersebut usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak.

Anda bisa mengalihkan pandangan Anda ke tempat lain, seperti ke luar ruangan atau apapun. Karena terlalu lama fokus pada layar komputer membuat Anda jarang berkedip, sehingga mata akan mudah lelah, perih bahkan berpotensi sakit mata.

7. Pola makan sehat

Orang yang bekerja di depan komputer, biasanya memiliki perut yang buncit serta mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut disebabkan karena terlalu lama duduk.

Untuk mencegah hal-hal diatas, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengandung vitamin dan kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan atau menjaga motabolisme tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A juga bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda.

8 . Olahraga teratur

Usahakan untuk rutin berolahraga agar badan tetap fit dan mengurangi resiko buruk yang disebabkan oleh bekerja di depan komputer.

Karena bekerja di depan komputer terlalu lama membuat otot dan persendian pada tubuh Anda jarang bergerak. Jadi usahakan untuk bergerak dan rajin berolahraga.