kenang-kenangan prakerin

Kenang-kenangan untuk Tempat Prakerin

Prakerin adalah salah satu kegiatan unggulan SMK yang dilaksanakan selama beberapa bulan. Berdasarkan pengalaman pribadi, lamanya waktu prakerin adalah 3 bulan.

Setelah kegiatan prakerin selesai, ada sesuatu hal yang selalu dilakukan oleh hampir semua siswa, yaitu memberikan barang untuk kenang-kenangan.

Selain untuk kenang-kenangan, barang yang diberikan kepada tempat prakerin juga sebagai bentuk rasa terimakasih karena sudah membimbing siswa selama beberapa bulan.

Nah, bagi yang masih bingung mau memberikan kenang-kenangan apa, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda semua.

Contoh Kenang-kenangan untuk Tempat Prakerin

Sebenarnya, barang yang hendak dijadikan kenang-kenangan bisa apa saja ya, tergantung dari kesepatakan kelompok prakerin.

Berikut ini adalah beberapa contoh kenangan-kenangan yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Jam Dinding

kenang-kenangan prakerin
Sumber: pabrikjam.com

Jika Anda memperhatikan, beberapa tempat prakerin biasanya terdapat jam dinding dengan logo suatu sekolah. Bagi yang belum tahu, jam dinding yang dipajang itu adalah kenang-kenangan dari siswa yang pernah prakerin di tempat tersebut.

Alasan saya meletakkan jam dinding pada opsi pertama adalah kenang-kenangan yang saya berikan saat prakerin dulu adalah jam dinding. Nah, apakah Anda tertarik menjadikan barang ini sebagai kenang-kenangan untuk tempat prakerin?

Jika tertarik, maka Anda bisa berdiskusi dengan kelompok untuk segera membuatkan desain untuk jam tersebut. Sekadar info, saat ini sudah ada jasa pembuatan jam dinding dengan desain custom, jadi Anda bisa memanfaatkan jasa tersebut agar prosesnya lebih cepat.

2. Plakat Akrilik

kenang-kenangan untuk tempat prakerin
Sumber: shopee.co.id

Plakat juga sering dijumpai di beberapa tempat prakerin. Sama halnya dengan jam dinding, plakat yang terdapat logo suatu SMK juga pemberian dari siswa magang.

Ini adalah kenang-kenangan yang sangat cocok jika tempat prakerin Anda terdapat tempat seperti rak yang bisa digunakan untuk memajang sesuatu. Menjadi kebanggaan tersendiri loh ketika barang pemberian kita dipajang di tempat tersebut.

Untuk membuat plakat akrilik dengan logo, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan yang bisa ditemukan secara online. Silahkan cari di Google atau marketplace seperti Shopee, biasanya banyak jasanya.

Tapi ingat, pastikan Anda punya spare waktu beberapa minggu, karena biasanya, proses pembuatan plakat akrilik ini memerlukan waktu beberapa hari (tidak langsung jadi), terlebih jika banyak yang antre.

3. Mug Custom

contoh kenang-kenangan untuk tempat prakerin
Sumber: dani-craft.com

Ini adalah contoh kenang-kenangan untuk tempat prakerin yang saya ketahui. Bagi yang tempat prakerinnya milik perseorangan, seperti tempat service komputer dan semacamnya, maka mug adalah pilihan yang cocok untuk kenang-kenangan.

Jujur saja, saya pribadi kurang tahu kalau tempat prakerin dikasih mug apakah dijadikan pajangan atau dijadikan alat untuk minum. 😀

Untuk pembuatannya sendiri juga sama halnya dengan barang-barang sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan mug custom yang tersebar di online.

Tips

Terkait kenang-kenangan, alangkah baiknya disesuaikan saja dengan tempat prakerin Anda. Jika terdapat jam dinding dengan logo suatu SMK, maka lebih baik berikan kenang-kenangan jam dinding saja. Jika terdapat plakat dengan logo suatu SMK, maka lebih baik berikan plakat saja.

Itulah beberapa contoh kenang-kenangan untuk tempat prakerin, silahkan pilih dan berikan ketika hari terakhir prakerin. Tunggu sebentar, setelah prakerin usai, ada hal penting yang harus segera diselesaikan yaitu menyusun laporan. Sebagai referensi, silahkan baca contoh laporan prakerin lengkap, termasuk file soft copy.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan refensi bagi Anda yang masih bingung memilih kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *