Poin Poin Penting Interior Kamar Anak

Poin Poin Penting Interior Kamar Anak

Kamis, 31 Mei 2018 Desain Rumah 1499 Ashilla Zahra

Poin Poin Penting Interior Kamar Anak – Pada awalnya mungkin anak merasa enggan tidur terpisah dari orang tua. Namun sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap perkembangan mental anak, sudah sewajarnya menerapkan kebiasaan tidur sendiri pada anak. Tujuannya jelas, untuk melatih kemandirian anak sejak usia dini, sekaligus membiasakan anak bertanggung jawab terhadap apa yang ia miliki. Jika diberi fasilitas Interior Kamar Anak yang nyaman, maka anak akan menghabiskan banyak waktu dalam kamarnya untuk menikmati sekaligus menjaga semua fasilitas di kamar tersebut. Jadi kamar anak bisa diibaratkan sebuah miniatur area teritori anak, sekaligus berfungsi sebagai media pembelajaran tentang kemandirian serta tanggung jawab.

Pada prinsipnya mendesain kamar tidur anak , hal yang perlu diprioritaskan adalah kenyamanan. Dengan kata lain suasana kamar harus mendukung semua aktivitas anak seperti beristirahat, tidur, belajar, atau aktivitas lainnya. Jadi yang perlu direncanakan oleh orang tua adalah bagaimana caranya mendesain kamar tidur anak sesuai dengan karakternya. Secara umum pertimbangan paling mendasar untuk menentukan desain kamar tidur anak harus mengacu pada 2 hal, yaitu berdasarkan gender dan usia. Untuk hal yang lain orang tua bisa menggunakan kreativitasnya sendiri dalam mendesain kamar tidur, tanpa harus mengesampingkan keinginan atau kebutuhan anak.

Poin-poin Penting Desain Interior Kamar Tidur Anak

Untuk mendapatkan desain Interior Kamar Anak yang ideal, banyak hal yang harus dihindari sekaligus direkomendasikan, seperti berikut ini.

Pemberian fasilitas hiburan dalam kamar merupakan satu hal yang harus diwaspadai, pasalnya tidak semua jenis hiburan cocok diberikan untuk anak. Pilih sarana hiburan sebelum diberikan kepada anak secara selektif. Media hiburan berteknologi tinggi semacam televisi, komputer, laptop, CD player, radio, dan sejenisnya justru menjadi sarana hiburan yang perlu diawasi secara ketat. Artinya jangan biarkan anak justru menghabiskan seluruh waktunya untuk menonton TV sampai larut malam, atau main game hingga lupa waktu. Jika anak memang membutuhkan komputer untuk menunjang aktivitas belajar, jaga jangan sampai ia membuka situs-situs yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Sudah sewajarnya jika Interior Kamar Anak didesain terhindar dari suara-suara yang terlalu bising. Belum lagi jika rumah berdekatan dengan jalan raya sehingga sering terdengar suara ramai lalu lalang kendaraan bermotor. Untuk itu menentukan desain awal mengenai posisi kamar anak merupakan hal yang penting, sebab tanpa mendengar suara bising dari luar kamar, anak akan merasa lebih tenang ketika tidur atau beristirahat dalam kamar. Namun jika suara bising masih sering terdengar, kita bisa menambahkan sistem peredam suara pada bagian dinding kamar.

Jangan pernah abaikan masalah warna untuk kamar tidur anak sebab warna dapat mempengaruhi sifat-sifat anak. Sebaiknya kita hindari warna-warna yang terlalu cerah dan ramai. Warna terang yang dominan umumnya memberi efek susah tidur pada anak. Disisi lain warna-warna cerah membuat anak semakin terangsang untuk terus bermain.

Menghindari warna cerah bukan berarti bisa mengaplikasikan warna gelap. Justru warna-warna gelap adalah unsur yang harus dihindari, misalnya warna dinding coklat tua atau bahkan hitam. Tentu saja anak tidak merasa nyaman sebab warna gelap akan mengembangkan imajinasi anak terhadap hal-hal yang menakutkan seperti setan, hantu, dan hal menyeramkan lainnya.

Pilihan warna yang tepat untuk kamar tidur anak adalah warna-warna pastel, merah muda, biru laut, atau warna lain yang memberi efek menenangkan. Khusus warna biru muda dipercaya sanggup mengatasi asma serta penyakit susah tidur (insomnia). Aplikasikan warna biru muda dikombinasikan dengan warna oranye untuk memberi kesan kamar yang sedikit lebih ceria.

Menentukan motif untuk Interior Kamar Anak juga butuh pertimbangan matang. Sebaiknya motif kamar tidur anak dipilih dari tema yang mampu merangsang kreativitas anak, misalnya motif-motif alam, pegunungan, atau langit biru yang diaplikasikan pada bagian dinding. Selain itu dapat juga menggunakan motif lain misalnya gambar kartun kesukaan anak, namun dengan catatan motif tersebut tidak terlalu cerah.

Motif-motif netral juga dapat dipilih supaya kamar anak bisa berumur panjang, contohnya dengan menambahkan ornament bintang-bintang, kotak, atau garis-garis. Motif-motif Interior Kamar Anak seperti ini biasanya lebih awet dan tahan lama. Apabila muncul kebosanan pada anak tinggal merubah tampilan warna pada dinding.