Tips Desain Interior Dapur Minimalis

Tips Desain Interior Dapur Minimalis

Kamis, 24 Agustus 2017 Desain Rumah 704 Ashilla Zahra

Tips Desain Interior Dapur Minimalis – Dapur adalah bagian dari rumah yang memiliki fungsi tertentu, yaitu digunakan untuk mengelola makanan, memasak, dan aktifitas yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Selain fungsi dapur seperti diatas, juga menjadi ruangan yang harus diperhatikan desainnya seperti ruangan lainnya. Dapur identik dengan tempat yang kotor akibat dari sisa dan alat makanan jika memang tidak diperhatikan perawatannya. Oleh karena itu dapur harus diperhatikan desain dan kebersihan ruangannya, untuk dapur yang memiliki ruangan yang luas akan lebih mudah dalam mengatur desain dan tata letak, lantas bagaimana cara menata untuk dapur minimalis?

Dapur merupakan tempat yang wajib bagi setiap rumah, walaupun itu rumah yang minimalis, harus ada dapurnya. Yang menjadi masalah dalam mendesain dapur minimalis biasanya dikarenakan ruangan tidak sebanding dengan alat-alat dan furniture didalamnya. Misalkan saja ruangan dapur kecil namun banyak sekali peralatan-peralatan dapur yang memenuhi ruangan tersebut. Dibawah ini ada beberapa Tips Desain Interior Dapur Minimalis, agar dapur Anda memiliki tampilan yang bersih , luas dan menawan.

Tata Letak Peralatan Dapur

Kebiasaan dari sebagian orang menjadikan dapur sebagai tempat gudang kedua, maksudnya adalah banyak sekali orang yang menjadikan dapur sebagai penyimpan brang-barang yang tidak digunakan. Terutama terjadi pada rumah yang minimalis, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu atau sortirlah peralatan-peralatan yang benar-benar dibutuhkan. Jangan letakkan alat yang bukan berhubungan dengan dapur diruangan khusus dapur, dan pilahlah alat-alat masak dan alat lain yang masih bisa digunakan dan masih dibutuhkan.

Setelah semua tersortir, sebaiknya letakkan peralatan ditempat yang terlihat rapi, misalkan jika Anda bingung meletakkan rice cooker, letakkan saja dimeja makan, jangan diletakkan ditempat cuci piring. Begitu juga penempatan untuk memasak, hendaklah harus dekat dengan jendela ventilasi.

Pencahayaan Dapur Minimalis

Penggunaan cahaya dalam dapur harus diperhatikan, jika dapur pencahayaanya kurang, maka akan terlihat suram. Namun jika terlalu silau, akan mengganggu Anda dalam memasak. Sebaiknya gunakan cahaya yang normal, jika pada malam hari gunakan cahaya lampu dan jika pagi atau sore pencahayaan melalui jendela. Cahaya lampu digunakan saat memang dapur terlihat gelap.

Pembuatan Sirkulasi Udara

Karena aktifitas dapur biasanya banyak sekali mengeluarkan asap, maka sirkulasi udara itu penting. Mengapa? Yaitu agar udara didalam dapur tidak pengap dan tidak panas, selain itu asap yang dihasilkan dari aktifitas memasak bisa keluar melalui sirkulasi udara, jika tidak ada sirkulasi udara, dinding dan atap dapur lama kelamaan akan terlihat kusam akibat dari asap tersebut.

Manfaatkan Sudut Ruangan

Jika disudut ruangan dapur ada yang kosong, ruangan tersebut cocok untuk penempatan benda besar, seperti kulkas. Hal ini akan membuat dapur minimalis Anda tetap terasa luas dan tidak sempit.

Perlengkapan Furniture

Agar dapur Anda semakin cantik, maka lengkapi dapur Anda dengan furniture minimalis, seperti rak kaca tempat menyimpan piring dan gelas, dan furniture lainnya. Furniture minimalis sangat penting untuk keindahan dapur Anda, fungsi lainnya agar Anda dapat semangat memasak sehingga masakannya akan menjadi lebih nikmat dan lezat.

Sebenarnya untuk mendesain dapur minimalis itu tergantung dari beberapa hal diatas, seluas apapaun dapur Anda, jika penataan desainnya kurang tepat maka akan tetap terlihat berantakan. Namun walaupun dapur Anda minimalis, jika tata letaknya pas, akan menajdi dapur yang indah dan bersih. Jika masih bingung dengan Tips Desain Interior Dapur Minimalis, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya.