Spesifikasi Huawei P10

Spesifikasi Huawei P10

Senin, 16 April 2018 Teknologi 922 Ashilla Zahra

Harga dan Spesifikasi Huawei P10 RAM 4 GB dan Kamera 20 Megapixel April 2017 – Even MWC 2017 menjadi momen besar tahun ini dimana para pabrikan handphone kondang dari seluruh dunia memamerkan karya terbaik mereka. Bahkan BlackBerry yang akhir-akhir ini jarang membuat gebrakan, tahun ini mempersembahkan produk terbarunya dengan nama KEYone. Bukan hanya BlackBerry, Nokia juga tidak ketinggalan dengan menghidupkan kembali seri legendarisnya Nokia 3310.

Huawei adalah satu-satunya merek Cina yang dinilai paling inovatif dalam mengusung teknologi ponsel pintar di ajang MWC 2017. Produk terbarunya yaitu P10 dan P10 Plus untuk menggeser posisi P9 dan P9 Plus yang telah dikenal oleh masyarakat dunia sebagai ponsel dengan spesifikasi sudah sangat mumpuni. Di Indonesia, Huawei P9 Plus masih banyak diburu hingga hari ini terutama dengan warna Gold yang dibanderol antar rentang harga Rp. 9-10 jutaan.

Huawei P10 dan P10 Plus hadir dengan banyak fitur unggulan baik hasil upgrade dari seri P9 dan P9 Plus maupun fitur-fitur baru lainnya. Berikut adalah harga dan spesifikasi Huawei P10.

Desain dan Pilihan Warna Huawei P10

Dilihat dari segi desain, Huawei P10 mendapatkan sedikit sentuhan yang menjadikannya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya P9. Hal yang masih terlihat yaitu adanya tombol “home” yang kini lebih canggih dengan fitur finger print sensor. Ini berbeda dengan saudara tuanya yang masih meletakkan sensor tersebut di bagian bodi belakang. Dengan perubahan posisi tersebut diharapkan pengguna akan lebih nyaman dalam melakukan navigasi untuk membuka kunci ponsel.

Secara keseluruhan Huawei P10 berhasil mengalahkan P9 dari sisi tampilan. Sentuhan pada bentuk bodi dan permainan warna berhasil membuat ponsel ini terlihat lebih fresh. Selain desain, ternyata Huawei P10 juga lebih kokoh karena bahan yang digunakan sudah seluruhnya terbuat dari aluminium. Huawei P10 hadir dalam 7 varian warna, yaitu Rose Gold, Mystic Silver, Greenery, Ceramic White, Dazzling Gold, Dazzling Blue dan Graphite Black.

Dilihat dari ukurannya Huawei P10 masih mempertahankan ukuran yang sama dengan generasi tuanya, namun P10 memiliki bentuk agak cekung sehingga menambah nilai estetika tersendiri ketika dilihat dari berbagai sisi. Pas untuk digenggam karena ponsel ini juga cukup ringan dengan berat 145 gram saja. Meskipun ukurannya tidak jauh berbeda namun P10 terlihat lebih ramping.

Tampilan

Huawei P10 mengusung tampilan yang lebih elegan dari generasi sebelumnya dengan layar 5.1 inch berteknologi Quad-HD AMOLED hybrid display yang memiliki resolusi 1920 x 1080 dengan ketajaman warna 16M. Bagi penggemar gadgets tentu saja fitur tersebut sudah lebih dari mumpuni untuk mendapatkan pengalaman istiwewa dalam menggunakan handset dengan komposisi kejernihan layar yang luar biasa.

Performa

Dalam hal performa, Huawei memang sudah terbukti dengan chipset garapan mereka sendiri, tidak seperti Samsung ataupun Apple yang masih mengandalkan chipset garapan orang lain seperti Qualcomm. Garapan Huawei dari hasil pengembangan mereka sendiri yang kini dihadirkan pada P10 adalah CPU Octa-Core Kirin 960 dengan kemampuan clock hingga pada frekuensi 2.3GHz.

Graphic Processing Unit (GPU) yang dipasangkan adalah Mali-G71 yang menyediakan output grafis yang sangat memuaskan untuk menjalankan OS Android 7.0 Nougat. Memory standar yang dipasangkan dengan Huawei P10 adalah RAM 4 GB dengan varian ROM yang berbeda-beda mulai dari 32 GB hingga 128 GB. Mengingat kapasitas ROM juga berpengaruh pada performa ponsel, maka jika anda ingin membeli pastikan kapasitas ROM yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai tambahan, ponsel ini sudah didukung dengan interface EMUI 5.1 berperan vital dalam memberikan fungsi kontrol layar sentuh yang lebih cepat.

Baterai yang digunakan adalah Li-Ion kapasitas 3200mAh dengan teknologi SuperCharge.

Teknologi Kamera

Kebanyakan orang menilai Huawei P10 sangat unggul di kamera dan rasanya pendapat itu memang benar. Kamera Huawei P10 masih melanjutkan permakan hasil kerjasama dengan Leica. Kali ini yang diusung adalah dual-camera 2.0 yang memiliki berbagai macam kelebihan diantaranya adalah kemampuan dalam 3D facial detection, illuminasi dinamis, dan kemampuan hybrid zooming. Dengan kapasitasnya 20-megapixel dijamin akan menghasilkan jepretan serta kemampuan 4K video recording. Tentunya perangkat tersebut masih dilengkapi lagi dengan fitur-fitur canggih seperti depth auto focus, dual-tone flash, Optical Image Stabilization (OIS) dan lain sebagainya. Pada sisi depan, juga dipersenjatai dengan 8-megapixel selfie camera.

Jaringan dan Konektifitas

Untuk mendukung fleksibilitas penggunaan kartu GSM, ponsel ini dilengkapi dengan Dual SIM yang keduanya memiliki fungsi yang sama. Keduanya bisa menjadi Main Card maupun Secondary Card. Keduanya memiliki kemampuan sama bisa digunakan di jaringan 2G sampai 4.5G LTE. Dengan dukungan provider yang tepat maka ponsel ini bisa memiliki kecepatan download (downlink speed) hingga 600 Mbps. Meskipun rasanya cukup mahal untuk mendapatkan akses internet dengan kecepatan hingga 600 Mbps di Indonesia.

Antena tipe 4×4 MIMO dan 2×2 Wi-Fi MIMO sekarang sudah menjadi bagian terbaru dari teknologi WiFi yang digunakan Huawei P10. Disinyalir teknologi ini merupakan salah satu terobosan untuk tingkat konektifitas yang lebih stabil dan lebih cepat. Masyarakat Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya teknologi tersebut karena banyaknya fasilitas internet publik yang bisa dimanfaatkan.

Untuk keperluan transfer file berukuran besar ponsel ini sudah dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan anda mengirim file dari jarak tertentu antar sesama pengguna ponsel. Transfer file dengan NFC memang lebih praktis. Namun demikian NFC juga memiliki kekurangan yaitu hanya berfungsi dalam jarak dekat.

Untuk keperluan transfer file atau sinkroniasi dengan PC atau Notebook, ponsel ini sudah dilengkapi dengan USB-C Port. Ini adalah tipe USB terbaru yang bisa anda temukan pada perangkat-perangkat keluaran terbaru. Notebook keluaran dari Apple semuanya sudah dilengkapi dengan port USB tipe ini.

Harga Huawei P10 dan P10 Plus Maret 2017

Ponsel canggih ini pertama kali akan menyasak pasar Eropa dan Cina pada bulan ini. Kemudian baru akan dipasarkan di Asia sekitar bulan April 2017 mendatang. Karena Huawei P10 memiliki varian spesifikasi yang berbeda-beda, maka ponsel ini juga tersedia dalam harga yang berbeda-beda. Untuk spek terendah di Eropa dibanderol dengan harga 649 Euro atau sekitar Rp. 9 jutaan.

Harga dan spesifikasi Huawei P10 tersebut memang menjadi nilai fleksibilitas tersendiri karena konsumen bisa menyesuaikan dengan kekuatan budget.

Harga dan Spesifikasi Huawei P10 Selengkapnya

Harga dan Spesifikasi Huawei P10 2017
Harga Rp 9 Jutaan tergantung konfigurasi ROM
Processor Kirin 960 Octa-Core 2.3GHz
GPU (Grafis) Mali-G71
Ukuran Body 145.3 x 69.3 x 6.98 mm
RAM/ROM Ketersediaan model berdasarkan ukuranRAM/ROM:VTR-AL00:Model 4 GB RAM dengan 64 GB ROMModel 4 GB RAM dengan 128 GB ROM
VTR-TL00:Model 4 GB RAM dengan 64 GB ROM
VTR-L09 / VTR-L29:Model 4 GB RAM dengan 32 GB ROMModel 4 GB RAM dengan 64 GB ROM
Internal/External Storage 64 GB / Up to 256 GB (microSD)
Ukuran Layar 5.1 inch FHD, 1920 x 1080, 16M colours, 432 PPI
Kamera Belakang / Depan Dual Camera 20 x 12-megapixel / 8-megapixel
OS Andorid 7.0 Nougat
Tipe Jaringan Nano-SIM 4G-LTE
Sensor Fingerprint Sensor, Ambient Light Sensor, Hall Sensor, IR, G-Sensor, Proximity Sensor, Sensor, Compass, , Gyroscope
Baterai 3750 mAh