Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Jumat, 8 Desember 2017 Kesehatan 1774 Amanda Mirella

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi – Sama seperti orang dewasa, saat pilek, bayi juga akan mengalami masalah seperti hidung tersumbat. Hidung tersumbat sendiri merupakan masalah yang sering membuat banyak ibu mengalami kekhawatiran. Jika bayinya terlihat kesulitan bernafas, rewel, dan susah tidur karena hidung tersumbat, para ibu umumnya akan melakukan berbagai cara untuk membantu mengatasi masalah bayinya tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Secara umum, cara tersebut terbagi menjadi 2 yaitu cara tradisional dan cara medis. Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi anda, sebetulnya lebih dianjurkan untuk menggunakan cara-cara yang memiliki risiko rendah. Cara-cara tradisional tersebut dapat menjadi alternatif terutama bagi anda yang tidak memiliki pengalaman di bidang medis. Adapun cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang harus anda ketahui.

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

1. Pijat Hidung Bayi

Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi jika bayi rewel karena terlihat mulai kesulitan bernafas, hal yang paling mudah dilakukan adalah pijatlah hidungnya dengan lembut, terutama pada area sekitar perbatasan alis dan tulang hidung. Jika diperlukan, tambahkan beberapa tetes minyak telon supaya sumbatan di hidungnya lebih cepat mencair, namun pastikan jumlah minyak telon yang digunakan jangan terlalu banyak supaya tidak mengenai bagian mata si bayi.

2. Penguapan Secara Alami

Cara ini juga dikenal dengan Inhalasi atau juga dikenal dengan nama terapi uap, yakni  dengan memberikan uap dari air panas yang terlebih dahulu ditetesi minyak telon. Selain itu anda juga bisa menggunakan magiccom, biarkan bayi menghirup uap hangat yang keluar dari magiccom tersebut. Dengan menghirup uap akan membantu bayi melegakan hidung yang sedang tersumbat. Caranya, atur posisi bayi telungkup sedemikian rupa dengan menggendongnya secara erat dan dekatkan hidungnya ke arah uap yang keluar.

3. Hangatkan Tubuh Bayi

Beri kehangatan pada bayi anda, baik dengan didekap dengan kasih sayang, diberi selimut, menggendongnya di luar sekitar rumah agar terkena sinar matahari pagi, dan bisa juga dengan memandikannya menggunakan air hangat. Di samping itu, oleskan minyak telon disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada agar bayi terasa lebih rileks dan nyaman.

4.  Atur Posisi Tidur pada Bayi

Mengatur posisi tidur juga merupakan bagian penting yang tidak bisa dilewatkan untuk membantu melegakan pernafasan bayi. Jika anda tidak ingin terganggu karena tangisan bayi di waktu malam akibat hidung tersumbat, pastikan untuk memiringkan badan bayi anda ketika bayi anda mulai mengantuk. Jika lubang hidungnya yang tersumbat adalah lubang hidung kiri, maka miringkanlah bayi ke posisi kanan begitupun sebaliknya.

5. Beri Bayi Lebih Banyak Minum Air Hangat

Cara yang satu ini juga dapat meringankan hidung bayi yang tersumbat, caranya dengan memberi bayi minum menggunakan air putih hangat. Berikan bayi anda sedikit demi sedikit minuman tersebut, hal ini akan membuat bayi anda merasa lebih hangat dan sedikit demi sedikit hidung yang tersumbat akan segera sembuh. Selain itu, gunakan sup kaldu ayam untuk mengurangi penyumbatan, uap panas yang keluar dari sup ayam yang hangat serta kandungan garamanya akan mengurangi rasa sakit yang ada.

Demikian tadi beberapa cara untuk mengatasi hidung tersubat pada bayi, semoga bisa anda terapkan.