Harga Minyak Ikan

Harga Minyak Ikan

Rabu, 14 November 2018 Ternak & Budidaya 79 Kevin Hendrawan

Minyak ikan ini merupakan minyak yang penting dalam berbagai hal. Entah untuk konsumsi manusia maupun untuk kebutuhan ternak (seperti membuat pakan ikan)

 

Kandungan Minyak Ikan yang Bermanfaat

Manfaat minyak ikan untuk pakan ikan cukup banyak, di antaranya variasi asam lemak lebih tinggi dibandingkan bahan lain, jumlah asam lemaknya lebih banyak, lebih banyak mengandung jenis omega-3 dibandingkan omega-6.

Sehingga, dipercaya akan sangat baik bagi tumbuh kembang ikan.

Bahkan, hingga sekarang peneliti mengakui bahwa tidak ada sumber protein yang bisa menjadi supplier utama asam lemak omega 3, baik untuk budidaya ikan yang telah disebutkan tadi ataupun untuk konsumsi manusia.

Keberadaan dua jenis asam lemak omega-3 rantai panjang tidak jenuh, yaitu asam eikosapentanat (EPA) dan dokosaheksanat (DHA), dipercaya sangat dibutuhkan oleh ikan budidaya untuk pertumbuhan dan keberlangsungan hidupnya.

Umumnya, ikan tidak bisa mensintesa EPA dan DHA-nya sendiri. EPA dan DHA juga tidak bisa diperoleh dari minyak nabati. Sehingga, tak heran jika budidaya ikan laut sangat mengandalkan dan membutuhkan pakan dengan bahan penyusun minyak ikan.

Karena itulah, kegiatan budidaya ikan laut seringkali diistilahkan sebagai aktivitas “produksi ikan dengan ikan”.

Tak hanya untuk pakan, minyak ikan sendiri juga sangat baik untuk keberlangsungan hidup manusia, terutama pada masa pertumbuhan bayi.

 

Daftar Harga Minyak Ikan

Memang tak dipungkiri harga minyak ikan cukup tinggi, apalagi harga minyak ikan di apotek.

Jika dilihat dari daftar harga minyak ikan salmon, sangat jarang minyak ikan yang harganya di bawah 100 ribuan.

1. Minyak ikan blackmoress

Produk Minyak Ikan Blackmores

Produk Minyak Ikan Blackmores

Kisaran harga minyak ikan blackmoress berkisar antara Rp 150.000 – Rp 350.000. Masih banyak produk minyak ikan salmon lainnya yang harganya juga bisa mencapai jutaan.

Jika ingin mencari yang jual minyak ikan dengan harga di bawah Rp 100.000 hingga kisaran itu, Anda bisa memilih produk yang cukup sering diiklankan, seperti produk dari Fishqua dan Omeheart.

 

2. Minyak ikan fishqua

Produk Minyak Ikan FishQua

Produk Minyak Ikan FishQua

Harga minyak ikan fishqua sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000, sementara harga minyak ikan omeheart sekitar Rp 30.000 – Rp 80.000. Untuk harga minyak ikan Prolacta for babyberkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per packs.

Produk lainnya di : https://farmbos.com

Kegunaan minyak ikan memang sungguh luar biasa, terutama untuk kualitas dan tumbuh kembang makhluk hidup.

Bahkan, tak hanya ikan dan manusia yang penting untuk konsumsi minyak ikan, namun juga binatang peliharaan, seperti kucing. Jika Anda memelihara kucing di rumah Anda, sediakan selalu minyak ikan untuk kucing Anda.

Harga minyak ikan untuk kucing sendiri tidak semahal minyak ikan yang digunakan untuk pakan ikan atau untuk konsumsi manusia.

Bisa dikatakan masih cukup terjangkau. Harga minyak ikan untuk anakkucing juga cukup terjangkau.

Namun demikian, sebagian besar pemanfaatan minyak ikan yang dihasilkan asli di Indonesia belum mencukupi untuk kebutuhan konsumsi manusia.

Pemanfaatan minyak ikan yang dihasilkan asli di Indonesia baru digunakan sebagai salah satu komponen dalam ransum pakan ikan maupun pakan ternak dan konsumsi hewan peliharaan atau ternak yang dibudidayakan.