Wisata Gunung Rinjani Lombok, Lanskap Eksotis dari Ketinggian

Wisata Gunung Rinjani Lombok, Lanskap Eksotis dari Ketinggian

Sabtu, 11 November 2017 Wisata 1228 Ashilla Zahra

Wisata Gunung Rinjani Lombok, Lanskap Eksotis dari Ketinggian – Melakukan perjalanan mendaki ke Gunung Rinjani memang membutuhkan persiaan yang matang. Pasalanya masa pendakian yang memakan waktu berhari-hari karena jarak tempuh yang jauh. Dimana akan mendaki lebih dari 4 kilometer, belum lagi melewati halang rintang selama pendakian. Tidak mudah menaklukan Gunung Rinjani karena butuh nyali dan kondisi fisik yang cukup besar.

Meskipun Gunung Rinjani memiliki lanskap indah nan menawan dari ketinggian. Di situlah para pendaki akan melihat keindahan seluruh wilayah Lombok. Namun ada hal mistis dari kisah lokal yang saat ini masih berkembang. Konon Gunung Rinjani adalah istana menjadi tempat bersemayam ratu jin yang bernama Dewi Anjani kerajaan kecil di Pulau Lombok. Berikut ini wisata Gunung Rinjani Lombok lanskap eksotis dari ketinggian.

Kenali Gunung Rinjani Lombok Yang Sangat Menawan

Rute Perjalanan ke Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok berada di bagian utara Pulau Lombok yang merupakan gunung tertinggi di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan mencapai ketinggian 3.726 meter dpal dan termasuk gunung tertinggi ke 3 di Indonesia. Sebenarnya ada dua cara menuju ke Gunung Rinjani, melalui darat maupun udara. Jika memulai perjalanan dari Banyuwangi, maka harus menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali dengan menggunakan kapal ferry dan dilanjutkan ke Terminal Ubung Denpasar untuk menuju ke Terminal Mandalika Mataram. Selanjutnya naik kendaraan yang berjenis Elf menuju Pasar Aikmel dan barulah mendaki ke Gunung Rinjani.

Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani yang masuk ke kawasan Nusa Tenggara Barat menyimpan pesona alam yang terbilang eksotis. Sejumlah titik-titik menarik yang bisa didapatkan dari Gunung Rinjani, mulai dari bagian kawah, danau, mata air panas, goa, air terjun, lubang letusan, panorama kaldera, puncak, hingga aliran lava baru. Ada pula spot wisata favorit di kalangan wisatawan, yakni Tetebatu, Senaru, dan Sembalun dengan keindahan alam pegunungan yang menawan.

Menjelajah Danau Segare Anak

Danau Segare Anak merupakan danau yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Rinjani di masa lampau. Masyarakat lokal lebih sering menyebut danau ini sebagai laut karena air danau tersebut berwarna biru jernih layaknya air laut asli. Danau Segare Anak sendiri berada di ketinggian 2.800 meter dan memiliki berbagai jenis ikan, seperti ikan harper, mujair, hingga ikan Mas. Konon Danau Segare Anak dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keunikan Flora dan Fauna Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Lombok menyuguhkan keindahan alam dari dunia flora dan fauna. Anda pun akan menjumpai sejumlah tumbuhan yang jarang ditemukan di dataran rendah, yakni

Dysoxylum sp, Ficus Superba, serta Pterospermum. Ada pula pepohonan Akasia yang tumbuh tepatnya di arah timur gunung ini. Selain itu, Gunung Rinjani menyimpan lebih dari 109 spesies burung, misalnya jenis burung yang banyak terdapat di Australia.

Gunung Rinjani Lombok sering dijadikan sebagai ajang trekking oleh para pendaki yang menyukai tantangan dan petualangan. Setiap hari, terdapat puluhan pendaki baik yang berasal dari domestik maupun pendaki mancanegara.

market research vietnam