Kenali 5 Gejala Diabetes Pada Wanita

Kenali 5 Gejala Diabetes Pada Wanita

Jumat, 21 April 2017 Kesehatan 667 Ashilla Zahra

Gejala Diabetes Pada Wanita – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang bisa dibawa dari riwayat keluarga maupun gaya hidup buruk. Sebetulnya menderita penyakit diabetes bukan berencana untuk sembuh, namun bagaimana untuk mengendalikan kadar gula agar tetap hidup normal dan sehat. Tentu saja hal pertama yang paling penting dilakukan adalah mencegah supaya tidak terkena penyakit diabetes.

Pada dasarnya diabetes bisa dikendalikan dengan mengatur dan mengecek kadar gula darah di setiap bulan agar tetap terkontrol dengan baik. Pengendalian kadar gula dalam tubuh ini terutama bagi penderita diabetes tipe 2 yang akan memberikan kesempatan untuk bisa hidup normal. Namun bagi penderita diabetes tipe 1 harus mengobati dengan obatdan insulin. Nah, berikut penyebab dan gejala diabetes pada wanita yang seringkali terjadi.

Beberapa Ciri-Ciri Gejala Diabetes Wanita

  1. Sering Kesemutan

Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan saraf-saraf pada telapak tangan dan kaki berkurang dalam hal kemampuan merasa. Efeknya akan membuat telapak tangan dan kaki sering merasakan kesemutan.

  1. Infeksi Organ Kewanitaan

Perempuan yang menderita diabetes akan mengalami infeksi di sekitar bagian organ kewanitaan dan hampir sama seperti infeksi yang menyerang padaarea bawah payudara. Adapun penyebab utama dari terjadinya infeksi organ kewanitaan tersebut adalah jamur yang terus menerus berkembang. Perubahan cairan tubuh sangat mempengaruhi kulit yang menjadi kering, sehingga nampak seperti bersisik. Hal semacam inilah yang menandakan kadar gula darah cukup tinggi.

  1. Berat Badan Menurun Drastis

Seperti pada penderita diabetes umumnya, berat badan menurun drastis akan sangat mudah dikenali. Hal ini dikarenakan oleh tubuh yang tidak memperoleh energi dari makanan yang telah masuk ke dalam tubuh. Jika kadar gula darah dalam tubuh banyak, maka menyebabkan tuvuh tidak memiliki cadangan energi yang sesuai kebutuhan. Selepas itu, tubuh akan berusaha menggunakan energi dari cadangan lemak dan masa otot. Ada baiknya sebagai penderita diabetes untuk selalu menjaga pola makan dengan baik.

  1. Infeksi Jari Kaki dan Tangan

Berikutnya adalah infeksi pada bagian jari kaki dan tangan yang paling sering terjadi pada gejala awal diabetes. Pasalnya jika kondisi gula darah lumayan tinggi, memungkinkan jamur mudah mengenali tubuh. Diman jamur ini akan memakan gula darah secara langsung sehingga menimbulkan luka dan mudah berkembang di area jari kaki sekaligus tangan. Biasanya tanda awal dari infeksi yang kerap dijumpai pada kulit lecet dan kulit mengelupas.

  1. Emosi Tidak Stabil

Emosi tidak stabil disebabkan oleh kondisi tubuh yang merasa sangat lelah dan lapar dalam intensitas sering. Keadaan ini sering menimbulkan penderita diabetes mudah tersinggung dan selalu ingin menuruti kemauannya sendiri. Bahkan beberapa penderita tidak bisa menghindari larangan makanan tertentu, lantaran jika tidak tercapai maka amarah akan keluar dan kondisi tubuhnya bertambah semakin buruk.