fitur-rahasia-whatsapp

5 Fitur Tersembunyi WhatsApp

WhatsApp hadir dengan berbagai fitur untuk menunjang berbagai kebutuhan komunikasi pengguna.

Banyaknya fitur yang tersemat pada aplikasi milik Facebook ini, membuat tidak semua orang tahu dan bisa menggunakan semua fiturnya.

Kalau kamu termasuk pengguna baru di WhatsApp, kamu pastinya belum mengetahui fitur-fitur rahasia yang ada di WhatsApp.

Tapi tenang saja, di sini akan kami bocorkan setidaknya 5 fitur WhatsApp yang cukup penting tapi masih jarang diketahui.

Baiklah, berikut fitur rahasia WhatsApp seperti yang kami nukil dari teknoride.com, salah satu situs teknologi terbaru dan terupdate saat ini.

Fitur Rahasia WhatsApp Yang Jarang Diketahui

Cukup penting untuk mengetahui fitur tersembunyi WhatsApp agar kamu makin lihai menggunakan aplikasi chatting satu ini.

Berikut 5 fitur rahasia aplikasi WhatsApp:

1. Starred Messages

Fitur ini cukup beguna jika kamu punya obrolan penting yang ingin kamu tandai dan simpan sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan cepat di lain waktu.

Untuk menggunakan fitur Starred Messages di WhatsApp caranya sangat mudah.

Kamu hanya perlu memilih obrolan yang ingin kamu tandai, kemudian tekan lama pada obrolan tersebut sampai muncul fitur Starred Messages dengan icon berbentuk bintang di bagian atas jendela aplikasi.

Nah setelah itu, saat obrolan masih dalam keadaan terpilih, silahkan ketuk icon bintang tersebut.

Lalu jika kamu ingin membaca pesan-pesan yang masuk Starred Messages, kamu hanya perlu mengaksesnya dengan cara ketuk tanda titik tiga di kanan atas layar aplikasi, dan pada daftar menu yang muncul silahkan pilih menu “pesan berbintang”.

2. Info Pesan

Pernah nggak kamu penasaran sebenarnya kapan pesan atau chat kamu di WhatsApp terkirim dan terbaca oleh penerima?

Jika pernah dan kamu belum tahu cara menyelidikinya, kamu bisa gunakan fitur info pesan yang bisa diakses dengan cara tekan lama pada chat yang sudah kamu kirim, kemudian ketuk tanda titik tiga di kanan atas layar, lalu pilih menu “info” yang ada di atas menu “salin”.

Maka, semua informasi detail terkait kapan pesan kamu sampai ke penerima sekaligus apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum bisa kamu ketahui dengan jelas.

3. Matikan Notifikasi Dari Kontak Atau Grup Tertentu

Tekadang kita tidak ingin diganggu oleh notifikasi pesan masuk baik dari teman ataupun obrolan di grup.

Nah kalau kamu tidak ingin keluar dari grup tapi tidak ingin terganggu dengan notifikasi yang terus muncul, kamu bisa mematikan notifikasi dengan mengaktifkan fitur “mute” di WhatsApp.

Fitur ini bisa kamu aktifkan dengan cara pilih dulu obrolan atau grup yang ingin kamu matikan notifikasinya, lalu tekan lama sampai muncul icon berbentuk speker tercoret di atas layar aplikasi.

Kemudian, ketuk icon tersebut maka selanjutnya kamu tidak akan melihat notifikasi lagi dari obrolan atau grup yang kamu pilih tadi.

4. Matikan Centang Biru

Centang biru yang menandai bahwa kamu sudah membaca pesan ternyata bisa dimatikan.

Kamu bisa mematikan fitur ini jika kamu tidak ingin sang pengirim pesan mengetahui bahwa kamu sudah membaca pesannya.

Cara untuk mematikan centang biru di WhatsApp yaitu silahkan buka menu “setelan” kemudian menu “akun”, lalu di dalam menu “akun” silahkan pilih menu “prvasi”.

Nah di dalam menu “privasi” akan ada beberapa fitur salah satunya fitur “laporan dibaca”.

Secara default fitur ini diatur dalam posisi aktif. Untuk menonaktifkannya, kamu tinggal menghilangkan centang pada kotak kecil di samping nama fitur.

Setelah itu setiap kali menerima pesan dan kamu membacanya, laporan dibaca tidak akan terkirim ke pengirim pesan sehingga dia tidak tahu bahwa kamu sudah membaca pesannya.

Tapi perlu diketahui, pengaturan fitur ini berlaku dua arah yang artinya kamu juga tidak akan mendapatkan informasi laporan dibaca dari pesan-pesan yang kamu kirim.

5. Sembunyikan Status Online

Teman-teman kamu di bisa mengetahui kapan kamu terakhir kali online di WhatsApp berkat adanya fitur “last seen”.

Tapi kalau kamu ingin terlihat misterius, maka kamu bisa mematikan fitur ini atau mengaturnya agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengetahui status online kamu.

Cara mengatur informasi penampakan kamu di WhatsApp dengan fitur “last seen” ini yaitu silahkan buka menu “setelan” lalu menu “akun”, kemudian pilih menu “privasi”.

Di dalam menu “privasi” silahkan ketuk pada fitur terakhir dilihat atau “last seen”.

Maka akan muncul tiga opsi pengaturan yaitu semua orang, kontak saya dan tidak ada.

Nah secara default fitur “last seen” ini akan diatur terlihat untuk semua orang.

Kalau kamu ingin agar orang-orang yang hanya kamu simpan nomor kontaknya saja yang dapat melihat status online kamu, maka silahkan pilih opsi kontak saya.

Tapi kalau kamu ingin agar status online kamu di WhatsApp tidak diketahui oleh semua orang, maka silahkan pilih opsi terakhir yaitu tidak ada.

Akhir Kata

Fitur-fitur di atas memang jarang diketahui terutama oleh orang-orang yang terhitung masih baru menggunakan WhatsApp.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu yang termasuk pengguna baru dapat tercerahkan dan punya tambahan pengetahuan terhadap fitur-fitur rahasia WhatsApp.

Akhirnya semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *