Diet Kacang Merah

Diet Kacang Merah

Selasa, 16 Mei 2017 Kesehatan 187 Ashilla Zahra

Diet, diet dan diet. Satu suku kata yang terdengar sederhana namun rumit dilakukan. Banyak pelaku diet yang pada akhirnya menyerah dan berhenti menjalankan program diet, atau ada juga yang pada akhirnya memilih jalan pintas seperti sedot lemak. Padahal cara seperti ini tentu mengandung risiko yang tinggi.

Diet dengan cara alami sebenarnya bisa dilakukan dengan, namun memang cara alami tentu tidak akan menghasilkan hasil yang sekejap mata. Menurut informasi WHO yang kami kutip dari greencoffee.id, proses diet yang baik dan sehat adalah 1 kg dalam 1 minggu. Jadi, jangan mudah tergiur dengan promosi yang menawarkan produk yang mampu menurunkan berat badan secara instans.

Kembali ke topik yang ingin kita bahas, yakni diet alami.

Pernahkah Anda mengkonsumsi kacang merah? Jika pernah, maka lanjutkan kebiasaan Anda tersebut karena ternyata, kacang merah memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah data menunjukkan bahwa dalam setiap 100 gram kacang merah hanya mengandung lemak sebesar 0,8 g. Kandungan lemak tersebut terbagi menjadi tiga bagian, yakni lemak jenuh sebesar 0,1 gram, lemak tak jenuh ganda sebesar 0,5 gram dan lemak tak jenuh tunggal sebesar 0,1 gram.

Selain kandungan lemak yang rendah, ada kandungan lain seperti kalori (kcal) 332, karbohidrat 60 gram, serat pangan 25 gram, gula 2,2 gram. Dengan kandungan diatas, diet dengan kacang merah tentu sangat dianjurkan, karena meskipun Anda tidak mengkonsumsi nasi, kebutuhan tubuh Anda terhadap kalori, karbohidrat, serat pangan, dan gula sudah terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi kacang merah.

Yang lebih menariknya lagi, kacang merah ternyata juga hanya mengandung kolesterol sebesar 0 miligram, jadi selain bermanfaat untuk diet, kacang merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka tak heran jika orang-orang Eropa begitu gemar mengkonsumsi kacang merah, bahkan Di Inggris, makanan ini menjadi salah satu makanan yang selalu ada dalam menu sarapan lengkap.

Lantas, bagaimana cara diet dengan kacang merah?

Ada 2 cara yang bisa dilakukan, cara pertama adalah dengan cara membuat olahan dari kacang merah. Cara paling sederhana adalah dengan cara merebus kacang merah tanpa tambahan gula hingga lunak, kemudian konsumsi secara rutin.

Cara kedua adalah dengan cara mengkonsumsi air kacang merah, cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Cuci kacang merah hingga bersih
  2. Kemudian rendam 60 gram kacang merah dengan 900 ml air selama 10 jam
  3. Rebus kacang merah beserta air rendamanan tadi hingga mendidih
  4. Saring busa yang muncul ke permukaan
  5. Diamkan air rebusan kacang hingga dingin
  6. Minum 1 gelas air kacang merah sebelum makan (150-200 ml)