Destinasi Wisata di Semarang

Destinasi Wisata di Semarang

Sabtu, 15 Desember 2018 Wisata 178 Ashilla Zahra

Selain menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang ini sendiri memiliki ragam kebudayaan warisan tempo dulu dan nilai historis, baik itu sejak zaman kerajaan, maupun masa penjajahan Belanda. Hal ini terbukti dengan masih berdirinya beberapa situs sejarah di Semarang.

Tidak hanya situs sejarah yang dapat menjelaskan jejak sejarah di Semarang, namun kuliner – kuliner yang dimiliki, juga dapat mempresentasikan cerita para leluhur atau kondisi kala itu. Wisata di Semarang tidak hanya wisata sejarah dan kuliner, kota pesisir ini juga menyediakan wisata religi, wisata malam, wisata keluarga, wisata belanja, wisata alam, hingga perayaan.

Terdapat berbagai layanan paket wisata yang menyediakan penginapan, makanan nasi kotak Semarang, transportasi, dan pemandu wisata. Layanan paket wisata tersebut akan mempermudah kegiatan para wisatawan.

Wisata Alam, Sejarah, dan Kuliner

Wisata alam yang ditawarkan Semarang antara lain Pulau Tirangcawang, Pantai Tirang, Pantai Marina, Pantai Maron, Goa Kreo, Taman Lele Semarang, Curug Lawe, Curug Benowo, dan Curug Karang Joho. Deskripsi singkat beberapa wisata alam tersebut, dapat Anda simak berikut ini:

  1. Goa Kreo. Gua yang dihuni banyak kera ini, dikelilingi oleh Bendungan Jatibarang ini, terletak di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati.  Bendungan ini sendiri selain berfungsi sebagai objek wisata, juga berfungsi untuk PLTA, PDAM, dan menanggulangi masalah banjir.
  2. Pantai Marina. Pantai ini cukup populer di kalangan masyarakat, selain memiliki fasilitas lengkap, pantai ini juga buka 24 jam untuk umum. Fasilitas itu di antaranya adalah kolam renang, taman bermain, dan penyewaan jet ski.
  3. Pantai Tirang. Kegiatan operasional pantai ini juga buka selama 24 jam, dan berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu.
  4. Air Terjun Semirang. Air terjun satu ini tersembunyi di tengah hutan dan membutuhkan jalan kaki sekitar 30 menit atau lebih untuk mencapai lokasi tepatnya.
  5. Curug Lawe Benowo. Curug atau air terjun Lawe Benowo terletak di sebelah utara Gunung Ungaran. Jam operasional objek wisata ini buka sejak pukul enam pagi hingga tiga sore.

Wisata di Semarang yang lain adalah ragam wisata sejarah, di antaranya yaitu Museum MURI, Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, Museum Jamu Nyonya Meneer, Lawang Sewu, Taman Budaya Radeh Saleh, Kota Tua Semarang, dan Old City 3D Trick Art Museum.

  1. Lawang Sewu. Objek wisata ini sudah sangat populer di kalangan traveler maupun wisatawan, tidak hanya sebagai situs sejarah peninggalan Belanda, kesan dan banyaknya cerita mistis tempat ini, mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung. Lokasi objek wisata Lawang Sewu tepatnya berada di Kompleks Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang.
  2. Old City 3D Trick Art Museum. Museum ini memiliki seni – seni mural 3D yang dapat dijadikan spot fotografi. Seni – seni mural tersebut ada yang bergambar jembatan, binatang buas, air terjun, gedung tua, dan masih banyak lagi.

Wisata kuliner adalah wisata di Semarang lain yang ditawarkan Semarang kepada pengunjung. Mulai dari makanan berat, jajanan, minuman, hingga oleh – oleh. Ada juga beberapa kuliner Semarang yang memiliki nilai historis. Seperti Lumpia dan Roti Ganjel Ril.

Jajanan Lumpia ini sendiri merupakan hasil akulturasi Tionghoa dan Jawa, dan ditemukan sekitar abad ke-19 oleh pasangan suami istri. Selain Lumpia dan Roti Ganjel Ril, kuliner Semarang yang lain di antaranya adalah Babat Gongso, Wingko Babat, Nasi Glewo, bandeng Presto, Es Congklik, Tahu Pong, Kue Leker Paimo, Tahu Gimbal, Petis Kangkung, Kue Sarang Madu, Wedang Durian, Es Krim Toko Oen, dan masih banyak lagi.