Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Sendiri

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Sendiri

Senin, 24 Juli 2017 Desain Rumah 505 Ashilla Zahra

Desain rumah minimalis merupakan salah satu desain rumah yang akhir-akhir ini banyak diminati khususnya oleh masyarakat  perkotaan. Desain rumah minimalis bisa dikatakan sedang menjadi tren sebagai konsep pilihan hunian di kota-kota besar di Indonesia. Secara umum tujuan konsep desain rumah minimalis ini adalah meningkatkan manfaat semua ruang yang tersedia dalam suatu bangunan hunian, baik interior maupun eksteriornya. Dengan demikian dapat diartikan penggunaan dekorasi pada semua elemen rumah dengan mempertimbangkan ornamen, skema, tekstur warna yang diatur dalam taraf minimum sebuah rumah.

Prinsip desain rumah seperti ini menganggap bahwa fitur arsitektur dalam sebuah rumah dianggap sebagai nilai estetika negatif, sehingga cenderung memprioritaskan konsep milik dan kreasi ide pemilik.

Menciptakan impresi minimalis dalam sebuah desain rumah juga tidak boleh sembarangan. Pemilihan warna, skema serta interior yang tepat mutlak diperlukan untuk menciptakan harmonisasi sebuah rumah minimalis. Oleh sebab itu, penciptaan sebuah desain sebelum melakukan proyek sangatlah diperlukan.

Sebuah desain rumah minimalis pada dasarnya mencerminkan karakter rumah yang sederhana, fungsional, menyenangkan, bersih dan nyaman. Namun disisi lain, sebuah rumah minimalis juga memiliki manfaat yang dominan terhadap penghuninya. Berikut manfaatnya:

Terlihat Menarik : sebuah desain rumah yang minimalis akan membuat keadaan rumah menjadi lebih teratur, menarik dan terlihat menyenangkan, sehingga tak jarang sang pemilik rumah lebih senang menghabiskan hari-harinya untuk mendiami rumahnya sendiri daripada keluar rumah.

Mengurangi Tingkat Stress : desain minimalis yang diterapkan dalam sebuah rumah ternnyata juga memiliki sisi manfaat psikis yakni mengurangi tingkat stress sang penghuni rumah. Dengan melihat keindahan interior dan garis warna cat yang tajam, seolah-oleh membuat nuansa rumah terlihat asri, indah dan memiliki nuansa entertaining. Tak heran jika seorang pemilik rumah minimalis selalu dapat relaks / santai dalam rumahnya sendiri.

Menciptakan Desain Rumah Minimalis

Untuk merealisasikan sebuah desain rumah minimalis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, tergantung sejauh mana pengetahuan dan selera Anda terhadap desain sebuah rumah minimalis. Meskipun desain rumah minimalis yang satu dengan yang lain berbeda, namun kami akan mencoba merangkumnya dalam Tips Menciptakan Desain Rumah Minimalis Sendiri, simak berikut ini:

  • Mebel minimalis:

Selalu diingat bahwa sebuah desain rumah minimalis hanya terdiri dari beberapa mebel penting saja seperti sebuah ruang tamu yang hanya berisi dengan kursi, sofa, meja kopi, lampu gantung dan entertainment media. Sementara mebel-mebel dengan ukuran besar jarang ditampilkan atau bahkan tidak ditampilkan seperti rak buku yang besar dan akuarium hias.

  • Dekorasi:

Dekorasi menjadi mutlak diperlukan dalam sebuah desain rumah minimalis. Ikuti feeling dan apa kata hati Anda. Tentukan dekorasi yang tepat dengan minimum furnitur namun kental dengan nuansa stylish.

  • Prioritaskan kualitas bukan kuantitas:

Seperti yang kita ketahui bahwa desain rumah minimalis dilengkapi dengan kualitas rumah yang sangat nyentrik namun minim kuantitas (mebel). Hindari memajang objek atau mebel yang akan membuat rumah Anda terasa sempit dan kotor.

Demikianlah tadi beberapa Tips Menciptakan Desain Rumah Minimalis Sendiri. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat memberikan wacana baru abgi anda. Selamat berkreasi!

Artikel ini ditulis oleh: Jam Tangan Casio