Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Kamis, 20 Desember 2018 Pendidikan 659 Ashilla Zahra

Seseorang yang  telah mencapai usia produktif yakni 17 tahun ke atas tentunya dirasa sudah siap menempuh kehidupan yang sesungguhnya. Usia tersebut memang menjadi usia standar minimal kualifikasi seorang yang ingin melamar pekerjaan. Selain telah memenuhi kualifikasi standar usia, pengalaman, pengetahuan, ijazah, serta skill yang memadai, ada satu hal yang juga harus dipenuhi.

Beberapa perusahaan mewajibkan seorang pelamar mencantumkan surat lamaran kerja. Biasanya perusahaan yang mewajibkan calon pekerja mencantumkan surat lamaran pekerjaan adalah perusahaan atau instansi kelas menengah ke atas. Hal tersebut karena tiap perusahaan skala menengah ke atas mewajibkan para calon pegawainya memiliki data  yang bisa dijadikan pertimbangan.

Selain itu, surat lamaran kerja berfungsi sebagai akses melamar pekerjaan dengan cara yang sopan dan lebih profesional. Seseorang yang telah berpengalaman dalam hal melamar pekerjaan tentunya sudah sangat terbiasa dengan susunan kata, tapi bagi orang awam atau seseorang yang baru pertama kali ingin melamar pekerjaan maka akan terasa lebih sulit dalam memilih dan merangkai kata.

Sebuah surat lamaran pekerjaan tidak bisa begitu saja ditulis. Ada persyaratan serta unsur yang harus dipenuhi. Persyaratan dan unsur tersebut berlaku pada seluruh surat lamaran pekerjaan baik pada perusahaan maupun instansi formal. Persyaratan dan unsur tersebut berguna agar surat lamaran yang dibuat terkesan sopan, komunikatif, interaktif, serta efektif.

Membuat surat lamaran kerja sebenarnya sama saja dengan membuat surat pengajuan lainnya. Hanya saja, ada beberapa adab dan persyaratan yang harus dipenuhi karena disini surat lamaran merupakan surat permintaan dimana seseorang yang bukan pegawai ingin menawarkan dan meminta agar dirinya bisa dijadikan pegawai pada perusahaan atau instansi yang dituju.

Tips membuat surat lamaran kerja yang efektif

Berikut tips membuat surat lamaran kerja sederhana namun cukup efektif yang sekiranya berguna dan dapat dijadikan pedoman serta acuan bagi siapapun yang ingin melamar pekerjaan. Pembuatan surat lamaran pekerjaan juga perlu memperhatikan kepada perusahaan atau instansi apa surat tersebut dituju. Apabila perusahaan tersebut meminta meterai, maka sebaiknya pelamar menuruti saja.

  1. Menggunakan bahasa yang baik, benar dan sopan santun
  2. Format penulisan disusun dengan rapi dan teratur
  3. Tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele (langsung pada tujuan dan maksud)
  4. Surat lamaran merupakan surat hasil karya sendiri, ditulis sendiri oleh yang bersangkutan secara manual (tidak hanya sekadar menyalin surat lamaran orang lain).
  5. Surat lamaran tersebut dibuat murni berdasarkan kemauan pelamar dan siap menerima keputusan akhir apapun hasilnya.
  6. Dilengkapi dengan data-data pribadi asli yang dibutuhkan atau diminta oleh pihak perusahaan penerima lowongan pekerjaan.
  7. Melengkapi surat lamaran dengan sertifikat kursus, pengalaman kerja dan lainnya sebagai aspek pendukung. Biasanya sertifikat akan sangat membantu karena merupakan pertimbangan yang bisa membawa calon pekerja diterima sebagai pegawai.

Setelah calon pelamar mengetahui adab serta persyaratan dalam membuat lamaran pekerjaan, selanjutnya calon pelamar juga harus mengetahui cara membuat surat lamaran yang baik dan benar. Format penulisan surat lamaran pekerjaan juga penting karena dari bentuk serta penataan format tulisan itulah terkadang seorang HRD bisa menilai calon pekerjanya. Berikut cara membuat surat lamaran kerja.

Format penulisan surat lamaran pekerjaan

  1. Tempat dan waktu penulisan surat. Format tempat bisa diisi dengan kota dimana surat tersebut ditulis dan format waktu bisa diisi dengan tanggal, bulan serta tahun surat tersebut ditulis.
  2. Nama lengkap dan alamat dari perusahaan yang ingin dituju.
  3. Salah hormat yang merupakan format yang paling menonjol karena dari kata tersebut, terlihat apakah calon pegawainya memiliki sikap yang sopan atau tidak.
  4. Kata pengantar berupa kalimat yang menunjukkan maksud dan tujuan penulis surat yakni ingin melamar pekerjaan.
  5. Biodata pribadi asli pelamar.
  6. Pengalaman kerja serta keahlian yang dimiliki
  7. Bagian penutup berupa harapan agar surat lamaran tersebut bisa dipertimbangkan dengan baik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Berikut contoh surat lamaran kerja sederhana yang menjadi standar contoh surat lamaran kerja secara umumnya.

 

Bandung, 17 November 2017

Kepada Yth :

HRD PT. BAKTI HUSADA PRIMA

Jl. Teuku Umar No. 8 Bandung

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan Informasi dari media elektronik, website resmi PT. BAKTI HUSADA PRIMA perihal lowongan pekerjaan pada perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Melalui surat lamaran pekerjaan ini saya ingin mengajukan diri sebagai staf kepala gudang sesuai dengan salah satu posisi yang dibutuhkan saat ini pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Nadya Atmalia
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 25 Juni 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan terakhir : S1 Manajemen Universitas Negeri Padjajaran
Alamat : Jl. Merak sari no 1 Rt 03/Rw 008
Telepon : 0838 9484 7379
Alamat e-mail : nadyaatma@gmail.com

Guna melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya juga melampirkan beberapa data diri yang lengkap sebagai berikut :

  1. Pas photo ukuran 2×3 dan 3×4
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah terakhir
  4. Fotocopy surat pengalaman kerja
  5. Fotocopy sertifikat kompetensi
  6. Fotocopy sertifikat magang
  7. Daftar Riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat di pertanggung jawabkan. Semoga surat ini bisa dijadikan pertimbangan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Nadya Atmalia

 

Contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang sekiranya dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan.

SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Perihal              : Lamaran pekerjaan

Lampiran           : 6 Halaman

Kepada Yth.

HRD PT. KUSUMA INDAH SENTOSA

Jl. Ahmad Yani no 5 Bantul

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan infomeasi yang saya peroleh dari harian surat kabar kompas edisi 5 juli 2018, bahwa PT. KUSUMA INDAH SENTOSA sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai staff accounting. Melalui surat ini, saya bermaksud ingin mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Risna Adriana Pertiwi
Tempat, Tanggal Lahir : Palembang, 3 Juni 1993
Jenis kelamin : Perempuan
Pendidikan terakhir : S1 Akuntansi
Alamat : Jl. Sirih Wangi kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Nomor Telepon : 0812 9383 4749
Alamat E-mail : Risnapertiwi@gmail.com
Nama : Risna Adriana Pertiwi

Berikut saya lampirkan beberapa data untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan sekaligus sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Data tersebut sebagai berikut :

  1. Pas photo ukuran 3×4
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah terakhir
  4. Fotocopy sertifikat komputer
  5. Fotocopy sertifikat bahasa inggris
  6. Fotocopy sertifikat magang dan PKL
  7. Fotocopy sertifikat pelatihan keterampilan
  8. Fotocopy surat pengalaman kerja
  9. Daftar riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dan saya buat dengan sebenar-benarnya serta dapat di pertanggung jawabkan. Saya sangat berharap bisa bergabung dalam membangun kesuksesan PT. KUSUMA INDAH SENTOSA bersama Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

Risna Adriana Pertiwi

Berikut contoh surat pengalaman kerja yang sekaligus bisa dilampirkan pada contoh lamaran pekerjaan yang sekiranya dapat dijadikan pedoman dan acuan dalam membuat surat pegalaman kerja.

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. 930/SRT – KT/1/2018

Yang bertanda di bawah ini :

Nama   : Hairul Imam

Jabatan : Human Research Department PT. Pelita Jaya Abadi

 

Menerangkan bahwa :

Nama    : Wina Hapsari

Jabatan : staff Administrasi

Alamat  : Jl. Soekarno No 3 Cilacap

Adalah pernah benar bekerja di perusahaan kami terhitung sejak 17 November 2014 sampai dengan 5 Maret 2018.

Selama menjalankan tugas dan kewajiban, Saudara Wina Hapsari telah menunjukkan dedikasi, loyalitas serta tanggung jawab yang tinggi kepada perusahaan dan yang bersangkutan telah resmi mengundurkan diri bukan karena paksaan karena atas permintaan sendiri.

Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya. Semoga ke depannya bisa lebih sukses dan berhasil dalam mencapai tujuan.

Demikian surat keterangan ini diberikan agar dapat dipergunakan sebaiknya dan sebagaimana mestinya.

 

Cilacap, 6 April 2018

Pelita Jaya Abadi

 

 

Hairul Imam

Human Research Department