Cara Uninstall Deep Freeze

3 min read

Kamu pernah menyimpan file di komputer lab sekolah atau lab kuliah, lalu mengeceknya beberapa hari kemudian file tersebut hilang? Nah, itu disebabkan oleh software Deep Freeze. Cara Uninstall Deep Freeze pun tidak boleh sembarangan.

Karena yang namanya PC lab atau komputer sekolah itu mempunyai kewajiban sebagai sarana belajar siswa, jadi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan, seperti komputer terkena virus. Maka para pegawai lab sering menggunakan software Deep Freeze.

Namun jika dibeda kasus, kamu mempunyai PC atau laptop sendiri dan terinstall software Deep Freeze, pasti akan sangat merepotkan. Karena kamu tidak bisa leluasa menyimpan file pada PC, karena nantinya bisa terhapus.

Nah, karena Deep Freeze sendiri merupakan aplikasi pengaman. Jadi cukup bandel untuk bisa dihapus. Tenang! admin sudah tahu cara ampuh untuk menghapus Deep Freeze kok, jadi simak terus sampai selesai ya.

Cara Mengantisipasi File Hilang oleh Deep Freeze

Sebenarnya ada cara loh untuk bisa mengantisipasi file hilang oleh software Deep Freeze. Pasti kamu sudah bisa menebaknya?

Yups, kita bisa mengantisipasi dengan cara untuk tidak menginstall Deep Freeze saat setelah melakukan install windows.

Memang sebenarnya software Deep Freeze menjadi pilihan kamu untuk menginstall atau tidak, karena mengnstall nya atau tidak, sama-sama mempunyai kelebihan dan kekuranganya sendiri.

Nah, jika PC kamu sudah terlanjur terinstall Deep Freeze dan ingin menghapusnya. Maka kamu bisa menghapus Deep Freeze dengan cara berikut.

Cara Uninstall Deep Freeze dengan Password

Bila kamu masih mengingat password Software Deep Freeze, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini untuk menghapusnya.

1. Cari Lokasi Deep Freeze

Lokasi Deep Freeze bisa dicek pada System Tray, di sebelah kanan bawah desktop windows. jika kamu memiliki banyak program yang berjalan, coba klik tanda panah kecil yang ada disana. Icon Deep Freeze berupa gambar Polar Bear kecil.

2. Masuk Menu Pengaturan Deep Freeze

Nah, untuk bisa masuk menu pengaturan dari deep freeze, Silakan kamu tekan tombol tekan tombol SHIFT + Klik pada ganda Icon, lalu masukan password deep freeze jika diminta.

3. Pilih Boot Thawed

Memilih opsi ini akan membuat deep freeze pada PC kamu berhenti bekerja setelah PC di restart. Jadi, silakan kamu pilih Boot Thawed, lalu Apply and Reboot.

Setelah PC restart, kamu akan melihat icon Deep Freeze sudah ada tanda silang merahnya yang berarti Deep Freeze telah berhasil di non-aktifkan dan bisa di uninstall.

4. Lakukan Uninstallan Deep Freeze

Aplikasi untuk menghapus Deep Freeze adalah file .exe nya sendiri. Nah, jika kamu sudah tidak memiliki filenya, kamu dapat mendownload ulang melalui website resminya.

Namun perlu kamu ketahui, bahwasanya terdapat dua versi Deep Freeze, yakni:

  • Jika kamu menggunakan Deep Freeze versi 5, download DF5Std.exe
  • Jika kamu menggunakan Deep Freeze versi 6, download DF6Std.exe

Setelah file siap, silakan jalankan file Installer tersebut. Pada saat menu terbuka, pilih menu Uninstall dari beberapa pilihan yang tersedia.

Nanti setelah loading selesai, PC kamu akan restart dan sekarang Deep Freez telah berhasil di hapus atau di Uninstall.

Cara Uninstall Deep Freeze tanpa Password

Nah, jika kamu sendiri sudah lupa password dari aplikasi Deep Freeze, kamu dapat mencoba cara menghapus deep freeze tanpa password yang dikutip dari arahtekno.com berikut ini.

1. Lakukan Reboot, dan Masuk BIOS

Jika kamu tidak mengetahui Password pada aplikasi deep freeze. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memanipulasi waktu pada BIOS. Jadi silakan restart komputer, lalu ketika komputer pertamakali menyala, tekan terus tombol F2 / F12 / Del (Setiap motherboard berbeda) untuk masuk ke menu BIOS.

2. Ganti Waktu pada Komputer

Untuk dapat mematikan deep freeze tanpa password, kamu bisa mencoba mengganti waktu pada komputer menjadi 10 tahun lebih maju atau mundur, tujuanya untuk membuat Deep Freeze berpikir bahwa systemnya tidak lagi digunakan. Nah setelah diganti, lakukan save dan restart komputer lagi.

3. Masuk ke Debug Mode

Setelah komputer kamu Restart lalu tekan tombol F8 pada keyboard pada awal booting , nanti akan muncul menu tampilan yang menampilkan beberapa opsi. Silakan kamu pilih opsi Debug atau Debugging mode.

4. Masuk ke Start Task Manager

Selanjutnya silakan kamu tekan tombol CTRL + ALT + DEL dengan cepat ketika muncul tampilan welcome screen Windows selesai. Karena jika sampai terlewat maka kamu harus mengulanginya lagi dengan melakukan restart windows dan pilih debug mode lagi.

Setelah berhasil, silakan kamu pilih Task Manager.

5. End Process Program FrzState2K.exe

Bila task manager berhasil dibuka, silakan kamu cari FrzState2K.exe pada bagian Process yang berjalan. Setelah ketemu, klik kanan dan pilih End Process. Jika muncul konfirmasi maka tekan yes atau OK saja.

6. Cari dan Hapus Folder Deep Freeze

Langkah selanjutnya kamu bisa menghapus folder Deep Freeze. Biasanya folder ini berada di lokasi “C:\\Program files\Faronics“. Jika ketemu, Silakan kamu hapus semua yang ada di folder tersebut.

7. Hapus Registry Deep Freeze

Proses menghapus deep freeze tinggal satu langkah lagi. Kamu harus mencari registry yang berada di komputer untuk dapat menghapus deep freeze sampai akarnya. Caranya sebagai berikut:

  • Klik Start -> run -> ketik Regedit
  • Setalah itu kamu cari folder Faronics di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Faronics
  • Setalah ketemu, silakan kamu hapus semua yang ada di folder Faronics tersebut.
  • Selanjutnya silakan Restart komputer kamu.

Meskipun Deep Freeze merupakan aplikasi yang sering merepotkan pengguna PC. Namun disisi lain, aplikasi ini juga sebenarnya bermanfaat loh. Jadi silakan pikir-pikir dulu sebelum menghapus permanen Deep Freeze ya.

5 Fitur Tersembunyi WhatsApp

admin
2 min read

Xiaomi Redmi 5A

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *