Cara Ternak Burung Jalak Suren

Cara Ternak Burung Jalak Suren

Jumat, 5 Mei 2017 Ternak & Budidaya 229 Ashilla Zahra

Cara Ternak Burung Jalak Suren – Jalak Suren (nama ilmiah: Sturnus Contra) adalah jenis burung yang ditemukan di India dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, terdapat tiga jenis Jalak Suren, yakni Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Sumatera dan Jalak Suren Borneo (yang juga dikenal sebagai Jalak Suren Malaysia).

Burung ini memiliki bentuk fisik sedang dengan warna hitam dan putih. Kakinya berjenis anisodaktil, di mana tiga jari menghadap ke depan dan satu jari menghadap ke belakang. Hal yang dapat membedakan antara Jalak Suren Jantan dan Betina terletak pada pada panjang badan, kulit di sekeliling mata, bulu, ekor, dan jari-jari kaki.

Di Indonesia sendiri, burung ini banyak digemari oleh para pecinta hewan, tak ayal harga burung ini juga terbilang cukup tinggi yakni mencapai Rp 600.000 / pasang untuk burung yang berumur 4 minggu. Jadi tentu banyak orang yang mencari cara beternak burung jalak Suren untuk dijual dikemudian hari.

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam hal berternak jalak suren tentu adalah urusan indukan, karena indukan yang baik tentu akan menghasilkan anakan yang baik pula.

Cara Memilih Indukan Ternak Burung Jalak Suren

  1. Indukan harus sehat dan tidak cacat
  2. Minimal berusia 1,5-2 tahun
  3. Sebaiknya indukan jantan dan betina sudah dalam satu kandang sejak lama

Cara Membuat Kandang Untuk Ternak Burung Jalak Suren

  • Buat dinding dari batako atau batu-bata pada bagian kanan dan kiri dan belakang.
  • Untuk bagian dinding depan, Anda bisa membuat pintu menggunakan kawat ram.
  • Bagian atap, bisa dibuat menggunakan asbes dan kawat ram.
  • Lantai kandang sebaiknya dibuat menggunakan tanah liat/tanah, hal ini bertujuan agar kondisi kandang tetap lembab dan lebih cepat menyerap kotoran.
  • Buat sarang dari kayu atau triplek berbentuk persegi berukuran 25 x 25 x 35 cm2.
  • Sediakan juga tempat mandi atau karamba.

Sebaiknya siapkan kandang berukuran dengan lebar 1 meter, panjang 2 meter, dan tinggi 2 meter. Kandang yang cukup luas dimaksudkan agar burung tidak mengalami stres saat proses ternak berlangsung.

Makanan Burung Jalak Suren

Layaknya makanan burung dalam sangkar lainnya, jalak suren juga bisa diberi makanan untama berupa voer. Selain itu, ada baiknya Anda juga menambahkan makanan ekstra EF seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong.