Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci

Jumat, 21 Desember 2018 Referensi 170 Kevin Hendrawan

Apakah Anda ingin membeli kelinci dan belum tahu bagaimana cara perawatannya yang benar, agar kelinci tumbuh dengan baik dan sehat. Cara merawat kelinci bagi pemula memang tidaklah mudah, kadang- kadang kelinci yang baru di beli satu bulan sudah mati. Itu karena seseorang yang membeli kelinci tersebut belum begitu paham bagaimana merawat kelinci yang benar.

Kelinci merupakan salah satu hewan peiliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu kelinci juga merupakan hewan penurut. Jika di pelihara dengan baik, maka dia akan menjadi binatang yang sangat jinak, lembut dan menuruti perintah majikannya. Berikut ini kita akan bahas secara detail bagaimana cara merawat kelinci dengan benar, agar kelinci sehat dan tidak cepat mati.

Tips Cara Merawat Kelinci Agar Tumbuh Sehat

Bagaimana cara merawat kelinci agar tumbuh sehat dan jinak? maka kita harus merawatnya dengan baik dan benar. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini:

1. Perhatikan Kebersihan Kandangnya

Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin memelihara kelinci adalah kandang. Ada beberapa hal yang harus kamu penuhi saat memelihara kelinci yaitu membuat kandang yang nyaman. Pastikan kandang kelinci berada dekat dengan sumber air. Kandang harus berada di lingkungan yang sejuk dengan temperature 15-20 derajad Celcius dengan angka kelembapan 60-90%.

Buatlah kandang yang jauh dari predator seperti anjing, ular atau binatang yang lainnya. Selain itu, kandang kelinci juga haus mendapat sinar matahari langsung, agar kandang selalu dalam kondisi kering. Sehingga kandang akan terhindar dari kuman yang menyebabkan kelinci menjadi sakit.

2. Perhatikan Kesehatan dan Kenyamanannya

Kelinci merupakan salah satu jenis binatang malam, Sehingga mereka lebih aktif makan pada malam hari dibanding dengan siang hari. Oleh sebab itu, berikan porsi makan kelinci lebih banyak pada malam hari. Pada siang hari sebaiknya Anda berikan makanan seperti konsentrat dan biji- bijian seperti gandum, padi, kacang kedelai, jagung, kacang tanah, kacang hijau dan jenis umbi- umbian yang dihaluskan.

Sedangkan makanan untuk sore dan malam hari, berikan pakan yang terbuat dari jerami dan daun- daun an hijau yang masih segar. Pastikan jadwal kelinci memiliki jadwal makan yang teratur, agar kelinci terjaga kesehatannya.

3. Kenali Sifat Alaminya (Naluri) Kelinci

Jangan biarkan kelinci sering berkeliaran di taman, Karena dia akan menunjukkan naluri liarnya dengan menggali lubang di dalam tanah. Jika Anda biarkan terus menerus, maka lubang tersebut akan semakin rumit dan Anda akan kesulitan untuk mencarinya. Meskipun tahu bahwa kelinci berada di lubang tersebut, namun Anda akan kesulitan mengeluarkan dari sana.

Anda bisa menaruh jerami di dalam kandang, dengan tujuan untuk memenuhi naluri alami kelinci tersebut. Anda juga dapat menambahkan jerami di bawah kandang, guna menghalangi kelinci tersebut untuk menggali lubang.