Cara Menyuburkan Kandungan

Cara Menyuburkan Kandungan

Kamis, 11 Oktober 2018 Kesehatan 341 Ashilla Zahra

Setelah menjalani pernikahan tentu setiap pasangan menginginkan keturunan untuk menjaga kelanjutan generasinya. Banyak pasangan yang setelah menikah langsung memiliki buah hati, namun tidak sedikit juga pasangan yang sudah bertahun – tahun menikah dan belum memiliki keturunan.

Banyak faktor yang menyebabkan pasangan suami istri tidak segera memiliki keturunan, bahkan ada yang sengaja menunda dahulu. Namun, banyak kasus yang terjadi pada pasangan yang mencegah kehamilan setelah menikah akhirnya mengalami kesulitan ketika ingin memiliki keturunan.

Faktor lain yang paling sering terjadi adalah karena masalah kesuburan dari pasangan tersebut, masalah bisa berasal dari pihak laki-laki atau dari pihak perempuan. Namun, yang paling banyak adalah masalah kesuburan rahim wanita. berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menyuburkan kandungan wanita.

Penyebab Kandungan Tidak Subur

1. Faktor Genetika

Faktor genetika adalah sifat atau gen yang diturunkan dari kedua orang tua kepada anaknya. Faktor genetika yang diturunkan salah satunya adalah kondisi rahim yang tidak subur. Banyak kasus jika ibunya mengalami kesulitan memiliki anak akan menurun ke anaknya. Dan kebanyakan hal ini menurun dari ibu kepada anaknya.

2. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat bisa saja dari pola makannya. Makanan cepat saji, makanan dengan kandungan lemak, makanan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga menyebabkan wanita mengalami obesitas. Obesitas yang terjadi dalam jangka waktu lama pada wanita dapat menyebabkan kondisi rahim kering sehingga susah untuk hamil.

Kurang konsumsi buah dan sayur juga berpengaruh terhadap kesuburan rahim, jika wanita kekurangan konsumsi sayur maka radikal bebas dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan banyak masalah pada rahim.

Merokok juga merupakan penyebab rahim menjadi tidak subur, bukan hanya wanita perokok aktif tapi perokok pasif pun beresiko menjadi mandul. Kandungan zat nikotin dalam rokok menyebabkan aliran darah pada rahim bermasalah sehingga berpengaruh pada ketebalan dinding rahim. Dinding rahim menjadi tipis sehingga tidak dapat mempertahan kehamilan.

3. Program Keluarga Bersama

Seorang wanita jika sudah melakukan program keluarga berencana akan susah untuk hamil, dikarenakan kandungan dalam obat maupun alat kontrasepsi lain dapat memengaruhi kandungan hormon reproduksi. Wanita yang menjalankan program ini, biasanya akan menjadi gemuk, dan jika ingin melakukan program hamil harus menunggu dalam waktu yang lama.
Karena butuh waktu lama untuk mengembalikan kandungan dalam kondisi subur setelah menjalani program keluarga berencana. Sebaiknya berhenti satu atau dua tahun sebelum program hamil dilakukan.

4. Konsumsi Alkohol dan obat – obat terlarang

Konsumsi alkohol yang berlebihan bagi wanita sangat tidak baik, karena merusak kesuburan rahim. Apabila di konsumsi oleh wanita hamil dapat menyebabkan keguguran secara langsung. Dan jika wanita menggunakan obat – obatan terlarang dapat merusak struktur rahim. Sehingga wanita susah memiliki anak.

Ciri-ciri rahim / kandungan tidak subur

1. Haid tidak teratur

Haid atau menstruasi yang tidak teratur dan disertai rasa sakit yang berlebih merupakan gejala awal dari kondisi kandungan yang tidak subur. Menstruasi yang normal pada wanita yang sudah mengalami pubertas berbeda – beda. Namun, secara normal terjadi antara 28-30 hari.

Siklus menstruasi bisa saja berubah menjadi lebih pendek atau lebih panjang beberapa hari dari waktu normalnya. Jika sampai lebih dari 15 hari dari waktu normal patut curiga bahwa ada kelainan pada siklus menstruasi, dan sebaiknya segera laporkan kepada dokter.

2. wanita yang terlalu kurus atau terlalu gemuk

Wanita yang terlalu kurus atau terlalu gemuk biasanya memiliki masalah kesuburan pada rahimnya. Jika obesitas akan berpengaruh pada kondisi dalam rahim, aliran darah rahim dan dinding endometrium. Sementara jika wanita terlalu kurus akan berpengaruh pada siklus menstruasi yang tidak teratur.

3. sering mengalami keputihan yang berlebihan.

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita jika masih dalam tahap normal. Yang dimaksud dengan tahap normal adalah tidak terlalu sering keputihan atau keputihan hanya pada saat terlalu capek beraktivitas saja. Dan kondisi lendir yang keluar juga berwarna bening normal bukan putih keruh, bahkan kecokelatan atau hijau.
Jika sudah sampai berwarna kehijauan maka sudah bisa dipastikan bahwa adalah pada rahim dan harus segera mendapatkan perawatan khusus dari dokter.

Cara Menyuburkan Kandungan dengan Bahan Alami

1. Madu

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah sebagai penyubur alami rahim wanita. madu dapat mencegah radikal bebas dan mengatasi masalah siklus menstruasi yang tidak normal, sehingga kondisi rahim tetap bersih dan siap untuk menerima janin.

2. Kemangi

Tanaman kecil yang biasa digunakan sebagai pelengkap sambal ini memiliki banyak manfaat pada daunnya, salah satunya adalah untuk memperbaiki sistem reproduksi dan merangsang kematangan sel telur sehingga dapat dibuahi dengan sempurna.

3. Kecambah

Kecambah adalah jenis sayuran kecil yang memiliki sejuta manfaat, yang paling umum adalah sebagai penyubur rahim wanita. kandungan zat besi dan vitamin dalam kecambah yang di konsumsi secara teratu mampu bekerja sebagai anti oksidan dan mencegah radikal bebas pada rahim sehingga sel telur tetap terjaga dengan baik.

4. Pegagan

Daun ini memiliki kandungan zat Madecassossidase yang mampu bekerja sebagai anti oksidan yang dapat melindungi sel telur dari radikal bebas yang masuk ke dalam rahim serta membantu regenerasi sel telur dalam rahim.

5 .Temu kunci

Temu kunci adalah dua hal yang biasa ditemukan di dalam dapur, bumbu kecil namun kaya akan manfaat ini salah satunya berguna untuk menyuburkan rahim wanita. biasa digunakan sebagai obat tradisional berfungsi untuk mengobati keputihan pada wanita dan sebagai anti oksidan sehingga sel telur terlindungi dari radikal bebas.

6. Kunyit

Tanaman rempah – rempah kaya manfaat yang satu ini selain sebagai penambah nafsu makan juga biasa digunakan sebagai obat untuk menyuburkan kandungan. Kandungan polifenol kurkumin dalam kunyit dapat bekerja sebagai antioksidan.
Selain itu kunyit juga dapat menjaga aktivitas hormon reproduksi, dan menghilangkan rasa sakit ketika menstruasi pada wanita. Bermanfaat juga untuk mencegah kanker rahim dan endometritis.

7. Jahe

Kandungan minyak atsiri dalam jahe memiliki banyak manfaat. Sebagai penyubur kandungan jahe merah berperan untuk meningkatkan gairah seks dan mencegah terjadinya kemandulan pada wanita. cara konsumsinya juga mudah, hanya tinggal seduh dengan air panas dan di minum secara rutin setiap hari.


Kembalikan kesuburuan rahim Anda dengan mengonsumsi madu penyubur Fertilev. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan klik disini.