Cara Mengonsumsi Buah Plum

Cara Mengonsumsi Buah Plum

Selasa, 31 Juli 2018 Kesehatan 22540 Ashilla Zahra

Tubuh ideal merupakan impian terbesar bagi semua wanita, bahkan mereka rela melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh yang langsing. Berbagai macam hal yang sering dilakukan wanita demi mendapat tubuh idaman, seperti minum obat diet tanpa tahu kandungannya serta sedot lemak. Padahal terdapat cara alami yang dapat menurunkan berat badan dan mendapat tubuh yang langsing dan ideal.

Diet dengan cara tidak alami dapat berbahaya bagi tubuh, tentu saja anda tidak ingin menanggung risiko karena salah cara diet. Selain itu, cara melangsingkan tubuh secara instan seperti sedot lemak tidak akan bisa bertahan lama bila pola hidup tidak diubah. Maka dari itu, pada kesempatan ini artikel akan membahas salah satu contoh diet alami menggunakan makanan bergizi, yaitu buah plum.

Buah plum adalah salah satu buah yang populer di seluruh kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Nama latin dari buah plum yaitu Prunus Domestica, buah ini termasuk dalam keluarga Rosaceae. Buah plum dapat ditemui dengan mudah di pasaran, harganya pun masih lumayan terjangkau. Selain itu, buah ini memiliki ciri khas rasa yang asam manis sehingga banyak yang suka.

Alasan buah plum sangat baik digunakan untuk diet karena mampu memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Apabila metabolisme dalam tubuh menjadi lancar, maka proses pembakaran lemak dan kalori tidak akan mengalami masalah dan menjadi lebih optimal. Buah plum juga menyimpan kandungan serat yang tinggi, sehingga ketika mengkonsumsi buah ini dalam jumlah cukup anda akan merasa kenyang.

Cara Mengkonsumsi Buah Plum untuk Diet

1. Dimakan langsung

Bagi anda yang tidak ingin terlalu ribet, bisa saja memakan buah plum secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, beberapa orang yang tidak menyukai atau tidak kuat dengan rasa asam tentu dapat mengolahnya menjadi bentuk lain. Memakan buah plum secara langsung dapat menjadi metode bagi anda yang ingin mengganti camilan saat senggang menjadi buah.

Keuntungan memakan buah plum secara langsung adalah khasiat yang terkandung di dalam buah tidak akan ada yang hilang dan rusak. Sehingga, tidak akan terjadi gangguan dalam proses metabolisme serta proses pembakaran lemak menjadi lebih optimal. Nah, untuk anda yang suka memakan gorengan sebagai camilan segeralah menggantinya dengan buah plum yang lebih sehat.

2. Dengan cara dibuat Jus

Bosan memakan buah plum secara langsung, maka anda dapat mengolah buah ini menjadi jus buah plum. Cara membuat jus buah plum tidak begitu sulit, sama seperti membuat jus buah pada umumnya. Pertama, siapkan beberapa buah plum segar dan cucilah hingga benar-benar bersih. Lalu, potong buah menjadi kecil-kecil dan blender sampai halus, tambahkan madu sesuai keinginan.

Bagi anda yang kurang atau tidak menyukai rasa asam yang ada pada buah plum, dapat menjadikan jus buah sebagai alternatif. Kandungan serat yang terdapat dalam buah plum dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama, sehingga mencegah anda makan terlalu sering. Karena tidak ada kandungan yang hilang, maka buah ini mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh anda.

3. Dengan cara dibuat pasta

Tingginya kandungan serat dan karbohidrat yang dimiliki buah plum, sehingga mampu membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu, buah plum sangat cocok bila di konsumsi saat pagi hari salah satunya dengan cara membuatnya menjadi pasta. Tentu saja hal ini lebih baik dibandingkan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat dan mengandung banyak lemak.

Semua orang bisa membuat pasta buah plum karena caranya sangat mudah dan sederhana untuk anda praktikan di rumah. Anda juga perlu menyiapkan beberapa bahan untuk membuat pasta terlebih dahulu, seperti buah plum segar, kefir, gandum, dan biji rami. Lalu, cuci buah plum yang masih segar hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian yang pas saat di konsumsi.

Setelah itu, masukkan ke dalam mangkok dan rendam buah dengan air panas selama 15 menit, jangan lupa untuk menutup mangkok. Selama menunggu buah plum, anda dapat membuat pasta dengan mencampurkan kefir, gandum, serta biji rami dan aduk hingga menjadi pasta. Simpan pasta ke dalam lemari pendingin, lalu anda dapat mengkonsuminya pada pagi hari untuk menu sarapan.

Meskipun sedang dalam masa diet, namun sangat tidak baik bila tidak memakan apapun dalam sehari atau makan hanya satu kali. Mengkonsumsi buah-buahan tidak akan membuat anda menjadi gemuk karena kandungan kalori dalam buah sangat rendah, termasuk buah plum. Sehingga, alangkah lebih baik bila anda sarapan dengan buah plum agar tubuh tidak lemas dan tetap berenergi.

4. Dikeringkan

Cara yang terakhir ini dilakukan agar buah plum bisa tahan lebih lama dan awet saat disimpan. Cara mengeringkan buah plum pun sangat mudah, anda tidak perlu keahlian khusus untuk mengeringkan buah ini. Namun, dengan menggunakan metode ini beberapa kandungan nutrisi mungkin akan hilang dari buah plum. Kandungan air yang ada dalam buah plum pun tidak sebanyak saat masih segar.

Pertama, anda hanya perlu menyiapkan buah plum dalam sebuah mangkok dan cuci hingga bersih untuk menghilangkan zat kimia di kulitnya. Pindahkan buah plum pada sebuah nampan dan letakkan nampan di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau sampai buah mengering. Alternatif lain yang bisa anda gunakan yaitu dengan oven, namun rasanya akan berbeda dengan yang dijemur matahari.