Cara Mengobati Sariawan Secara Alami di Bibir dan Lidah

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami di Bibir dan Lidah

Minggu, 18 Juni 2017 Kesehatan 347 Ashilla Zahra

Sariawan atau didunia medis dikenal dengan sebutan Stomatitis aftosa  sering menyerang bibir dan lidah. Ada banyak cara untuk mengobat sariawan, seperti menggunakan medis ataupun secara alami dengan bahan-bahan disekitar kita. Sariawan biasanya ditandai dengan bibir kering dan pecah-pecah. Sariawan biasanya berwarna kemerah-merahan. Sariawan menyebabkan rasa perih pada mulut, terutama jika terkena makanan atau minuman. Banyak sekali obat sariawan yang dijual di apotik. Anda bisa mendapatkan obat sariawan dengan harga yang beragam tergantung kualitasnya. Namun jika tempat tinggal Anda jauh dari apotik, Anda dapat menerapkan cara mengobati sariawan secara alami.

Penyebab Sariawan

Ada baiknya sebelum kita mengulas tentang cara menyembuhkan sariawan, kita perlu paham dahulu penyebab munculnya sariawan.

  1. Mulut tergigit terutama saat mengobrol dan makan, atau bisa saja karena anda makan sambil ngobrol,
  2. Dikarenakan kekurangan vitamin B12, Vitamin C dan zat besi,
  3. Kebiasaan makan makanan pedas juga dapat menimbulkan sariawan,
  4. Kurang minum air putih
  5. Menggunakan pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut

Cara mengobati sariawan sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan bahan-bahan dibawah ini kita bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Sebenarnya sariawan bisa hilang sendiri dalam 10 sampai 14 hari. Namun apakah kita sabar untuk merasakan perih setiap makan atau minum dalam 14 hari ?

Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan cepat yang dapat kamu praktekkan dirumah:

1. Air kelapa

Caranya sangat mudah, cukup berkumur dengan air kelapa. Setelah itu diminum. Cara ini paling mudah enak dan ampuh.

2. Air garam

Cara yang kedua ini juga sangat mudah, namun mungkin akan sedikit terasa perih. Campurkan segelas air hangat dengan satu sendok teh garam. Aduk hingga tercampur dan gunakan untuk berkumur. Lakukan 3x sehari.

3. Kopi bubuk

Cara ketiga juga sangat mudah, oleskan bubuk kopi pada bagian sariawan. Biarkan selama 5 menit kemudian bersihkan.

4. Yoghurt

Sering makan yoghurt dapat menyembangkan bakteri baik di mulut dan pencernaan. Konsumsi yoghurt secara rutin untuk mencegah sariawan dan mengobati sariawan.

5. Bawang Putih

Iris tipis bawang putih, kemudian tempelkan pada bagian sariawan. Cukup sebentar saja, kemudian angkat. Ulangi lagi

6. Jeruk nipis

Seperti diketahui jika salah satu penyebab sariawan ialah kekurangan vitamin c. Maka dari itu kita akan memenuhi kebutuhan vitamin c kita dengan mengkonsumsi jeruk nipis. Peras jeruk nipis, tambahkan satu gelas air hangat. Minum pagi dan malam sebelum tidur.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji ternyata ampuh untuk mengobati sariawan. Caranya kita rebus beberapa daun jambu biji, kemudian peras daunnya agar kandungannya keluar semua. Minum air perasan dan air seduhan ini setiap pagi dan sore.

8. Minyak kelapa dan madu

Campurkan minyak kelapa dan satu sendok madu. Oleskan pada sariawan pada malam hari sebelum tidur.

9. Asam jawa

Asam jawa mengandung vitamin c dalam jumlah tinggi seperti jeruk nipis. Seduh asam jawa yang sudah matang yang baru dipetik dari pohonnya. Tambahkan gula untuk mengurangi rasa asamnya. Minum pagi dan sore hari.

10. Kunyit

Kunyit bukan saja ampuh untuk memutihkan kulit atau menghilangkan jerawat. Namun ramuan kunyit juga bisa kita gunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya tinggal kita haluskan kunyit, lebih baik dengan cara diparut agar seratnya tetap terbentuk. Kemudian tempelkan parutan kunyit pada mulut yang bersariawan.

Itulah 10 cara mengobati sariawan secara alami dengan cepat, jika cara menyembuhkan sariawan ini kurang maksimal untuk Anda, kamu bisa membeli obat sariawan di apotik. Namun sesuai pengalaman saya, untuk masalah mulut dan tenggorokan menggunakan jeruk nipis, asam jawa, air garam masih efektif dan cepat untuk menghilangkan sariawan. Untuk yang memiliki masalah dengan sakit tenggorokan silahkan baca dibawah ini.