Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Jumat, 10 November 2017 Kesehatan 8129 Ashilla Zahra

Meskipun bukan penyakit yang berbahaya ataupun menular, namun radang tenggorokan sangat mengganggu dan membuat tenggorokan kita tidak nyaman. Cara mengobati sakit tenggorokan sebenarnya sangat mudah. Memang benar jika radang tenggorokan bisa sembuh sendiri tanpa kita obati. Namun pastinya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Maka dari itu buat Anda yang ingin menghilangkan radang tenggorokan cepat, Anda bisa mencoba tips yang akan kami bagikan. Menggunakan bahan alami disekitar kita yang mudah didapatkan dan harganya murah. Jadi lumayan untuk menghemat pengeluaran Anda.

Cara mengatasi sakit tenggorokan tradisional merupakan warisan leluhur kita. Cara ini sudah terbukti ampuh dan masih bisa kita rasakan manfaatnya. Bahan alami yang kita gunakan juga tidak menimbulkan efek samping, jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencoba cara mengobati radang tenggorokan secara alami.

Penyebab sakit radang tenggorokan

Sakit tenggorokan pasti ada penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan bisa mencegah radang tenggorokan muncul. Ada beberapa penyebab sakit tenggorokan, berikut diantaranya:

  1. Terlalu banyak makan-makanan berminyak seperti gorengan atau masakan yang menggunakan banyak minyak
  2. Terlalu banyak makan makanan manis atau pedas
  3. Perubahan musim disertai rendahnya daya tahan tubuh
  4. Terinfeksi bakteri streptococcus yang ditularkan oleh orang yang sedang bersin atau batuk.

Memiliki sakit tenggorokan pastinya sangat tidak nyaman. Radang tenggorokan akan membuat kita sulit menelan makanan, karena terasa mengganjal dan sakit saat ada makanan yang masuk. Untuk bicara saja juga terasa sakit dan terasa gatal namun tidak bisa digaruk. Namun tidak perlu panik, kami akan berbagi solusi mengobati radang tenggorokan. Dari pengalaman kami, hanya butuh 1 hari untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Pastinya hasil akan berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung tingkat sakitnya dan juga daya tahan tubuh. Simak selengkapnya cara mengobati sakit tenggorokan alami dan cepat.

1. Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis dan lemon merupakan pilihan pertama untuk mengobati sakit tenggorokan. Kedua buah ini mengandung vitamin c dalam jumlah tinggi dibanding buah lainnya. Cara tradisional ini sudah diwariskan sejak dahulu, jadi jangan ditanya lagi soal keampuhannya. Berikut selengkapnya;

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan jeruk nipis dan lemon

  1. Siapkan satu gelas air hangat
  2. Belah jeruk menjadi dua bagian
  3. Peras setengah bagian jeruk pada air hangat
  4. Minum langsung, untuk lebih efektif lakukan menjelang tidur

Berdasarkan pengalaman sakit tenggorokan akan mereda pada pagi harinya. Jeruk nipis dan lemon selain membantu mengobati radang, juga akan menetralkan tubuh membersihkannya dari racun jahat. Jadi mengkonsumsi jaruk hangat setiap hari menyehatkan tubuh dan mendetoksifikasi racun didalamnya.

2. Madu

Madu merupakan makanan yang unik. Madu mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Konsumsi madu setiap hari akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu mengkonsumsi madu saat sakit tenggorokan akan menyembuhkan radang secara cepat. Cukup 2 sendok madu pada pagi hari dan menjelang tidur, radang tenggorokan Anda akan segera membaik.

3. Daun sirih

Pasti banyak yang belum tahu bahwa daun sirih dapat kita gunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Daun sirih mengandung ant-bakterial dan anti kuman. Daun sirih terbukti ampuh dapat mengurangi peradangan. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup rendam 3 lembar daun sirih pada air hangat. DIamkan selama 20 menit, kemudian perah daun sirih agar semua sari-sarinya tercampur dengan air hangat. Minum hasil perahan daun sirih ini pada pagi dan menjelang tidur. Dalam 2 hari biasanya radang tenggorokan sudah sembuh total.

4. Jahe

Menggunakan jahe untuk mengobati sakit tenggorokan bukan cara baru lagi. Minum jahe hangat, lebih baik tidak menambahkan gula. Namun jika harus, gunakan gula aren atau gula jawa.

5. Perbanyak minum air putih

Cara yang terakhir merupakan cara yang paling mudah. Konsumsi air lebih banyak akan membantu mengatasi radang tenggorokan. karena radang tenggorokan membuat tenggorokan kita membengkak dan kering. Jadi dengan rutin membasahi tenggorokan akan membuat radang menyusut dan menyebuhkan radang.

Itulah 5 cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat. Pilih salah satu yang menurut Anda paling mudah. Semoga bemanfaat dan menyembuhkan radang tenggorokanmu. Jangan lupa bantu Like dan Share agar artikel ini lebih bermanfaat.

Baca juga : Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Cacar