Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Sabtu, 12 Agustus 2017 Kesehatan 697 Ashilla Zahra

Salah satu penyakit yang seringkali melanda sebagian besar masyarakat Indonesia adalah kembung atau masuk angin. Masuk angin disini adalah sebuah gejala dimana badan menjadi terasa mendadak panas dingin disertai pusing serta badan menjadi pegal – pegal. Masuk angin ini sendiri seringkali dianggap remeh oleh sebagian besar orang, padahal jika dibiarkan terus berlanjut, akan bisa menyebabkan dampak buruk kesehatan hingga bisa fatalnya menyebabkan kematian. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab masuk angin ini sendiri.

Misalnya seperti berkendara dengan jarak yang jauh, atau juga karena kedinginan. Masuk angin juga bisa disebabkan karena telat makan, atau juga karena faktor perubahan cuaca. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengobati masuk angin ini sendiri dengan beragam cara. Masyarakat di Indonesia biasa mengobati masuk angin ini sendiri dengan cara kerokan. Kerokan ini sendiri merupakan salah satu cara membuka pori – pori kulit sehingga angin bisa keluar, atau bisa melancarkan peredaran darah. Selain itu, anda juga bisa mengobati masuk angin dengan cara alami berikut ini.

Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Alami

  1. Menggunakan bawang putih

Didalam bawang putih terdapat antibiotik yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang sedang turun ketika terkena masuk angin ini sendiri, bisa anda atasi dengan mengkonsumsi bawang putih yang dicampurkan secara langsung dalam hidangan masakan.

  1. Menggunakan jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, vitamin C dalam buah jeruk ini sendiri bermanfaat sebagai salah satu sumber zat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh dalam melawan penyakit ketika masuk angin akan turun, maka dari itu, memulihkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu langkah yang tepat dalam mengatasi masuk angin.

  1. Dengan ramuan jahe

Jahe memiliki sifat yang hangat, karena masuk angin ini sendiri terjadi karena badan dalam kondisi kedinginan, maka meminum ramuan seduhan jahe sangat bermanfaat bagi anda yang menginginkan tubuh sehat dan sembuh dari masuk angin. Selain itu, jahe juga sangat berkhasiat sebagai salah satu sumber bahan alami yang bisa menambah daya tahan tubuh.

  1. Dengan daun pepaya

Masuk angin yang kronis bisa sembuh dengan daun pepaya. Kandungan zat yang ada di dalam daun pepaya inilah yang terbukti ampuh mengobati masuk angin yang kronis sekaligus. Anda bisa merebus daun pepaya dan meminum airnya, untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya, anda bisa menambahkan madu didalamnya.

  1. Menggunakan ubi merah

Ubi merah ini sendiri memiliki kandungan zat yang bisa memudahkan aliran darah menjadi lancar, dan bisa memudahkan angin keluar dari dalam tubuh. Rebus ubi merah dengan campuran gula merah, lalu tambahkan cengkeh, jahe merah, kapulaga, dan juga kayu manis didalamnya. Minumlah ramuan ubi merah ini untuk mengatasi masuk angin serta perut kembung.

Demikian beberapa cara mengobati masuk angin dengan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar anda. jadi anda tidak perlu repot – repot lagi dalam memilih obat yang tepat untuk mengatasi masuk angina tau juga perut kembung, karena bahan – bahan ini sangat mudah ditemukan disekitar anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.