Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Selasa, 27 November 2018 Kesehatan 3212 Ashilla Zahra

Gusi bengkak sudah barang tentu bukan sesuatu yang menyenangkan, nyeri yang dirasakan tidak hanya membuat kita susah makan, tapi juga mengganggu aktifitas sehari-hari. Pada dasarnya gusi bengkak belum tentu menimbulkan sakit gigi yang parah, terkadang kita hanya sedikit merasakan nyeri, tapi tentu itu membuat kita merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada mulut.

Berbicara mengenai gusi bengkak, sebenarnya ada beberapa penyebab. Namun yang sering terjadi adalah karena disebabkan menumpuknya karang gigi yang menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Banyaknya bakteri ini selain bisa menyebabkan gusi membengkak, juga tidak baik untuk kesehatan pada gusi, akhirnya bisa menyebakan terjadinya gusi berdarah.

Cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah ini tentunya adalah berobat ke dokter gigi, namun tentu sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar masyarakat sangat takut untuk pergi ke dokter gigi. Masalah lain juga karena biasanya biaya ke dokter gigi tidaklah murah, untuk itu cara alami seringkali digunakan untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Air Garam

garam

Garam memiliki kandungan antiseptik alami yang dapat menyembuhkan luka pada bagian gusi yang bengkak, selain itu air garam juga mampu menghilangkan bakteri dimulut. Cara menggunakan garam untuk mengobati gusi yang bengkak adalah sebagai berikut:

  1. 1 gelas air hangat
  2. Satu sendok teh garam
  3. Aduk-aduk garam hingga larut
  4. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama kurang lebih satu menit
  5. Ulangi lagi sebanyak 4 – 5 kali dalam sehari

Hal yang perlu diperhatikan setelah gusi bengkak sembuh adalah mencegahnya kambuh, hal ini sangat penting dilakukan agar hal yang sama tidak terulang di kemudian hari. Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari adalah hal yang harus dilakukan untuk mengatasi plak sisa makanan menempel pada gigi.

Konsumsi buah yang mengandung vitamin C dan D merupakan cara efektif untuk mencegah terjadinya pembengkakakn pada gusi. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, dan gigi serta gusi. Sementara vitamin D memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menguatkan gigi dan gusi Anda.

Selain itu, Anda juga sebaiknya meminum air putih minimal 8 gelas sehari, hindari juga makanan pantangan sakit gigi seperti soda, kopi, teh, dan minuman beralkohol. Makanan-makanan tersebut dapat merusak gigi dan juga mengakibatkan pembengkakan pada gusi.