Cara Mengobati Diare Secara Alami

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Sabtu, 18 Agustus 2018 Kesehatan 893 Amanda Mirella

Cara Mengobati Diare Secara Alami – Diare merupakan penyakit yang mudah disembuhkan, namun tidak sepantasnya apabila memandag remeg gangguan kesehatan ini. Mengingat banyaknya kasus kematian akibat terlambatnya penanganan diare, sudah seharusnya anda lebih waspada dengan penyakit tersebut. Pasalnya diare mampu memicu penyakit komplikasi lainnya, seperti disentri (buang air besar disertai darah) hingga kolera.

Adapun penyebab utama dari diare biasanya sering mengkonsumsi makanan pedas, asam, serta bercampur santan secara bersamaan. Hal ini dikarenakan proses penyerapan cairan yang seharusnya menjadi feses norma berbentuk padat, terbukti terjadi diare dengan berkelanjutan. Penderita diare juga seringkali merasa mulas berkepanjang dan dehidrasi. Oleh karena itu, ikuti tips cara mengobati diare secara alami di bagian bawah ini.

Cara Alami Mengatasi Diare

  1. Mengonsumsi Yoghurt

Yogurt merupakan susu fermentasi rasa asam yang bercampur kecut sebagai produk untuk menyehatkan saluran pencernaan. Saat tubuh mengalami diare, ada baiknya untuk mengkonsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bidiful. Pasalnya kedua kultur aktif ini termasuk proiotik yang akan membantu menyeimbangkan bakteri di dalam saluran pencernaan tubuh.

  1. Saus Apel

Kandungan apel yang menjadi sumber pektin biasanya diproduksi makanan maupun otab-obatan. Meskipun kandungan serat tinggi dan teksur apel cukup kasar sehingga mengganggu sistem usus lebih lemah, namun jika diolah menjadi saus apel akan mampu mengobati sakit diare. Anda bisa memasak apel dan membuatnya menjadi lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan sendiri, sehingga pasokan zat pektin, gula dapat terasupi.

  1. Buah Pisang

Buah pisang memang baik untuk menjaga saluran pencernaan pada manusia. Karena itulah, anda disarankan untuk memakan buah apel dengan porsi yang banyak saat terjadi diare. Hal ini tentu saja kandungan potassium tinggi di dalam pisang yang mampu mengganti elektrolit hilang akibat masalah diare. Selain mempunyai tekstur buah yang lembut dan mudah dicerna, mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat menambah darah bagi penderita anemia.

  1. Daun Kayu Putih 

Setidaknya anda juga membuat ramuan dari bahan daun kayu putih yang dipercaya ampuh mengatasi penyebab diare. Siapkan dahulu 6-10 gram daun kayu putih yang telah kering dan 2 gelas air tawar. Didihkan 2 gelas air tersebut dan masukkan daun kayu putih kering. Tunggu hingga air tersisa 1 gelas dan minum 1 minimal hari 1 gelas secara rutin dan teratur hingga diare benar-benar sembuh.

  1. Akar Jeruk Nipis

Selain menggunakan daun kayu putih untuk mengobati diare, anda bisa mengolah akar jeruk nipis sebagai pilihan obat diare lainnya. Sediakan 2 – 4 potong akar jeruk nipis besrta dengan 6 gelas air. Untuk pengolahanya dicuci bahan tersebut agar kotoran tidak menempel. Lakukan perebusan dalam 6 gelas hingga menyisakan 4 gelas. Tunggu dingin sebelum dikonsumsi airnya setiap sore hari.

Nah, agar sakit diare anda cepat sembuh cukupi asupan air putih sebagai elektrolit yang seimbang sehingga tidak terjadi dehidrasi secara berlebihan. Jika tidak, tak jarang berujung fatal (keracunan air) karena terjadi ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.