Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami

Sabtu, 6 Mei 2017 Kecantikan 435 Ashilla Zahra

Cara Menghilangkan Uban – Banyak orang yang masih di bawah umur 40 tahun, tetapi sudah terjadi penuaan dini pada dirinya. Meskipun secara alami memang akan menjadi tua dengan sendirinya, namun tua sebelum waktunya tentu tak diinginkan. Hal ini karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan, penampilan, hingga performa dalam bekerja yang pastinya terasa sangat tidak menyenangkan.

Salah satu contoh gejala penuaan dini adalah rambut memutih atau tumbuh uban di bagian kulit kepala. Bahkan disertai gangguan lain seperti daya ingat menurun, staminta mudah lelah, seringkali sakit dan masalah tulang sendi. Penyebab utama rambut beruban adalah menurunnya hormon pertumbuhan manusia yang dihasilkan oleh kelenjar pituitary. Nah, untuk itu, segera atasi rambut uban di usia muda dengan bahan alami seperti berikut.

Cara Alami Mengatasi Rambut Uban Sejak Dini

  1. Daun Sepatu

Daun sepatu yang banyak mengandung polifenol dan saponin bermanfaat untuk mengatasi uban. Cukup sediakan daun sepatu secukupnya dan cuci bersih. Selepas itu, haluskan daun sepatu dan tambahkan sedikit. Barulah disaring untuk disimpan dalam botol yang tertutup rapat. Anda juga bisa memberikan sedikit perasan air jeruk agar lebih optimal. Gunakan ramuan daun sepatu sebagai oleskan di rambut, tunggu 30 menit dan bilas dengan bersih.

  1. Bunga Sepatu

Selain daun sepatu, anda juga bisa menggunakan bunganya yang mampu menghilangkan uban pada rambut. Ambillah beberapa helai mahkota bunga sepatu dan haluskan setelahnya. Panaskan dalam minyak kelapa kurang lebih 200 ml, dan campurkan bunga sepatu tersebut ke dalam minyak kelapa. Biarkan minyak dingin dan simpan ramuan pada botol. Pada malam hari gunakan untuk mengolesi rambut dari akar hingga ujungnya.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah ramuan alami yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah uban di usia muda. Anda cukup membalurkan minyak kelapa dan memijatnya di atas kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala terasa lebih lembab dan tetap sehat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah uban tumbuh kembali. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan minyak kelapa yang terbilang murah meriah ini.

  1. Minyak Kemiri

Cobalah menerapkan minyak kemiri sebagai bahan alami dalam membasmi rambut beruban di kepala. Langkah pertama sangrai kemiri, kemudian haluskan hingga keluar minyaknya. Anda bisa langsung mengoleskan ke bagian rambut kepala sampai merata. Diamkan sekitar 15 menit agar kandungan minyak kemiri meresap ke dalam, lalu bilas menggunakan air biasa sampai bersih. Lakukan secara rutin karena minyak kemiri dapat merawat kesehatan rambut.

  1. Biji Pepaya

Biji pepaya dimanfaatkan untuk menghilangkan uban sejak dini. Untuk menggunakan biji pepaya anda hanya perlu membersihkan biji pepaya dari buahnya dan cuci hingga bersih. Sangrai biji pepaya tersebut, kemudian tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai tadi sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa secukupnya, barulah dicampur sampai merata lalu oleskan menyeluruh ke daerah rambut. Tutup menggunakan handuk dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, lantas bilas sampai bersih.