6 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

6 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Minggu, 3 Desember 2017 Kecantikan 1499 Ashilla Zahra

Apa itu stretch mark? Mungkin bagi anda yang belum pernah mengalam gangguan ini agak terdengar asing. Seringkali perngertian stretch mark dikaitkan dengan sejenis selulit. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Jika selulit adalah lemak berlebih yang terlihat menonjol di bagian kulit. Sementara stretch mark sendiri merupakan guratan-guratan yang timbul karena perenggangan pada kulit tubuh.

Sebetulnya stretch mark tidak hanya muncul pada ibu hamil atau pasca melahirkan saja, melainkan dapat terjadi pada anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Adapun penyebab yang ditimbulkan selain perenggangan kulit secara berlebihan adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori, kurangnya nutrisi serta konsumsi obat-obatan dengan kandungan steroid tinggi. Berikut cara menghilangkan stretch mark yang bisa dilakukan.

6 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Stretch Mark

  1. Cokelat

Menghilangkan streth mark bisa menggunakan cokelat. Anda harus sediakan bubuk cokelat tawar tanpa pemanis. Buatlah seperti pasta atau krim tetapi tidak terlalu cair. Kemudian, dioleskan hasil pasta coklat ke bagian kulit yang terkena streth mark. Diamkan terlebih dahulu selama 15-30 menit, setelahnya dibilas dengan air hingga bersih. Terapkan metode yang satu ini setelah mandi secara teratur minimal 2 kali sehari sealam 2 bulan.

  1. Kopi

Kopi yang biasa anda minum juga bermanfaat baik dalam mengatasi stretch mark, terutama pada bagian paha dan perut. Supaya hasilnya lebih terlihat optimal maka gunakanlah bijih kopi yang dihaluskan terlebih dahulu. Berarti bukan kopi yang sudah diseduh atau kopi manis yang telah tercampur dengan bahan lain. Untuk pengolahannya mencampur kopi murni dengan air hangat hingga membentuk pasta. Terapkan pada daerah yang bermasalah yakni stretch mark.

  1. Cocoa butter

Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Cocoa butter sekarang ini telah banyak digunakan oleh para produsen kosmetik untuk membuat produk perawatan kecantikan kulit, seperti salah satunya adalah lotion dan sun block. Gunakan bahan alami ini untuk menghilangkan stretch mark pada paha dan perut, caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

  1. Lemon

Kandungan asam alami pada lemon dapat mengobati persoalan kulit, termasuk stretch mark, luka bakar bahkan masalah jerawat. Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakna lemon. Cara yang dilakukan dengan membelah lemon menjadi 2 bagian, lantas oleskan secara melingkar di bagian kulit yang terkena stretch mark Biarkan selama 10 menit dan selanjutnya dibilas dengan air hangat.

  1. Minyak Jarak

Minyak jarak yang mana berasal dari pohon jarak dan sudah sangat terkenal sekaligus dipercaya sejak jaman dahulu. Salah satunya adalah mampu mengobati stretch mark. Hal ini terbukti akan kandungan kolagen dan nutrisi mineral yang terdapat pada minyak jarak. Caranya cukup mudah hanya dengan mengusapkan minyak jarak ke bagian yang berdampak dari stretch mark. Diamkan selama 30 menit

  1. Gula

Anda bisa menjadikan gula sebagai scrub alami dalam mengatasi kulit yang kasar. Terbukti dari berbagai jenis produk kecantikan gula yang digunakan lebih akrab dipanggil proses exfoliasi. Caranya campurkan gula dengan madu, setelah itu gosokkan secara pelan pada area stretch mark sehabis mandi. Hal ini bertujuan supaya lebih maksimal.

Demikian yang bisa dikupas secara habis dalam menghilangkan stretch mark. Cara tersebut menggunakan bahan alami, sehingga sangat aman akan konsekuensi di tubuh anda.