8 Cara Alami Menghilangkan Daki dan Kulit Hitam di Leher Bagian Belakang

8 Cara Alami Menghilangkan Daki dan Kulit Hitam di Leher Bagian Belakang

Senin, 5 Juni 2017 Kecantikan 16322 Ashilla Zahra

Cara Menghilangkan Daki – Daki adalah kotoran yang menempel pada kulit dan apabila dibiarkan atau tidak dibersihkan secara serius maka dalam jangka waktu lama daki tersebut bisa saja membuat kulit kita menjadi hitam. Daki sering sekali menumpuk pada kulit yang memiliki lipatan seperti ketiak, selangkangan bahkan di leher. Nah, penumpukan daki pada area kulit yang tertutup seperti di selangkangan atau pun di ketiak mungkin tidak akan membuat kita terlalu malu karena masih bisa di tutupi dengan pakaian. Beda halnya dengan daki yang menempel pada leher bagian belakang, hal ini tentunya akan membuat kita menjadi risih dan tidak percaya diri karena leher kita bisa dilihat oleh semua orang kecuali bagi mereka yang menggunakan jilbab.

Cara menghilangkan daki  pada leher terutama leher bagian belakang sebenarnya tidaklah terlalu susah tetapi karena memang bagian kulit yang satu ini tidak terlihat oleh mata kita sendiri maka banyak orang yang mengabaikan kebersihan kulit leher mereka sehingga daki yang awalnya hanya berupa kotoran yang mudah dibersihkan berubah menjadi daki membandel dan membuat kulit leher menjadi hitam. Apabila daki di leher sudah membandel dan kulit leher juga sudah menghitam maka tentunya membutuhkan perawatan ekstra dan rutin setiap hari agar daki di leher terutama leher bagian belakang bisa hilang dan kulit menjadi bersih kembali.

Penyebab Leher Belakang Hitam

Bertambahnya usia dan sengatan sinar matahari menjadi penyebab utama warna kulit di belakang leher yang menjadi gelap. Penyebab lainnya adalah diabetes, kelainan genetis, perilaku sehari-hari yang tidak bersih dan juga bertambahnya atau berkurangnya berat badan secara tiba-tiba.Kondisi ini bisa diatasi dengan dibersihkan, digosok dan dilembabkan menggunakan berbagai macam pilihan bahan alami atau tradisional.

Gejala nya biasanya akan terlihat warna kehitaman atau gelap dan penebalan pada kulit di bagian belakang leher atau tengkuk, seperti daki yang menumpuk. Untuk beberapa kasus yang langka sedikit rasa gatal biasanya akan terasa pada daerah tersebut. Perubahan warna akan terjadi perlahan selama berbulan-bulan dan akan menyebar dalam beberapa tahun. Dibawah ini ada 9 cara menghilangkan leher belakang yang hitam dengan tradisional yang bisa kamu coba sendiri di rumah, dan mengembalikannya ke kondisi semula yang mulus dan bersih.

Cara Alami Menghilangkan Daki di Leher Bagian Belakang

1. Dengan Kacang Almond
Kacang almond mengandung vitamin yang penting dan sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Almond juga memiliki kandungan yang dapat merawat kulit dan mengatasi perubahan warna kulit yang tidak merata. Anda bisa menggunakan almond untuk mengatasi kulit yang berubah menjadi gelap di bagian leher.

  1. Caranya sangatlah mudah, dengan membuat pasta dari setengah sendok teh almond bubuk, dan satu sendok teh masing-masing untuk madu dan susu bubuk. Oleskan bahan yang sudah dicampur rata tadi ke bagian leher yang bermasalah, biarkan selama 45 menit sampai 1 setengah jam. Bilas dengan air sampai bersih. Lakukan 4 kali seminggu supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Panaskan minyak almond dan pijat bagian leher dengan lembut. Lakukan hal ini sekali sebulan untuk melancarkan peredaran darah di bagian leher. Minyak juga berfungsi sebagai pelembab dan membantu mencerahkan kulit.
  3. Rendam 4 sampai 5 buah kacang almond dalam air selama satu malam. Pagi hari, blender almond sampai halus. Oleskan pada bagian leher dan gosok perlahan selama beberapa menit saja. Bilas dengan air dingin.

2. Menggunakan Gel Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat bahkan tidak hanya baik untuk kesehatan saja tetapi juga ampuh untuk merawat kecantikan kulit serta mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, kusam dan berminyak. Nah, selain bisa digunakan untuk wajah ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi atau menghilangkan daki membandel pada kulit leher.

Cara penggunaannya sangatlah sederhana yaitu Anda cukup siapkan satu batang tanaman lidah buaya lalu belah menjadi dua bagian dan kemudian gosokan gel lidah buaya pada area sekitar kulit leher. Berikan sedikit pijatan ketika mengoleskan gel lidah buaya tersebut, lalu setelah itu diamkan dan biarkan saja gel lidah buaya tersebut menempel pada kulit Anda selama kurang lebih 15-20 menit. Jika sudah maka bilaslah dengan menggunakan air bersih, untuk hasil maksimal maka gunakan cara ini 2-3 kali sehari. Selain menghilangkan daki, gel lidah buaya ini juga bisa membuat kulit leher Anda menjadi cerah dan bersih. anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya untuk meluruskan rambut secara alami dengan cepat.

3. Dengan Buah Mentimun
Kemudian bahan alami yang bisa menghilangkan daki selanjutnya adalah mentimun. Mungkin sebagian dari kita sering kali menjadikan mentimun sebagai lalapan karena memang sangat cocok dan enak jika dimakan dengan nasi, apalagi ditambah dengan sambel. Namun ternyata mentimun ini juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan daki membandel di leher sekaligus mencerahkan warna kulit kita.

Cara mengaplikasikannya juga sangat simpel dan mudah, yaitu anda cukup halus kan mentimun secukupnya, bisa diparut atau diblender. Kemudian setelah halus maka silahkan oleskan pada leher yang berdaki dan gosok-gosok sambil diberikan pijatan perlahan. Diamkan saja selama 15-20 menit dan setelah itu baru bilas dengan menggunakan air bersih. Jika Anda rutin melakukan cara ini maka tidak hanya daki dileher Anda saja yang rontok tetapi juga membuat kulit leher menjadi cerah dan bersih.

4. Baking soda
Baking soda bagus untuk exfoliant alami bagi kulit dan bagus juga untuk membersihkan kulit yang berwarna gelap atau warna yang tidak merata. Kombinasi dari baking soda dan air telah terbukti cukup efektif dalam mengatasi hyper-pigmentation yang terjadi di sekitar leher.

Berikut caranya:

  1. Campur 3 bagian baking soda dan 1 bagian air untuk mengentalkan
  2. Oleskan ke leher dan biarkan mengering
  3. Bilas setelah 15-20 menit
  4. Lakukan 2 kali seminggu untuk memperbaiki warna kulit selama beberapa minggu

5. Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga tak heran apabila banyak orang yang gemar atau suka menjadikan jeruk nipis sebagai jus atau pun dikonsumsi untuk menghilangkan batuk. Selain itu, terkadang jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk kecantikan kulit wajah karena beberapa orang percaya bahwa jeruk nipis ini mampu mencerahkan sekaligus mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah termasuk ampuh untuk mengatasi daki membandel pada kulit.

Jeruk nipis juga sangat ampuh untuk membersihkan daki pada kulit yang membandel, cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan daki bisa dikatakan sangat mudah yaitu Anda cukup mengambil atau menyiapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar. Kemudian belah menjadi dua, lalu gosokan secara perlahan yaitu tidak terlalu kuat atau pun tidak terlalu pelan pada kulit leher yang berdaki. Lakukan cara ini setiap hari agar daki membandel pada leher bagian belakang Anda segera rontok dan kulit pada leher menjadi bersih serta putih.

6. Dengan Kopi Bubuk
Kopi bubuk tidak hanya sekedar nikmat untuk dijadikan minuman tetapi juga memiliki manfaat yang mungkin tidak pernah Anda duga yaitu mulai dari untuk menghilangkan bau pada kulkas hingga bisa diandalkan untuk mengatasi daki membandel pada kulit leher. Nah, apabila Anda ingin menghilangkan daki maka bisa mencoba menggunakan kopi bubuk.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah yaitu campur kan kopi bubuk asli dengan sedikit air hangat, lalu setelah itu bisa langsung digunakan. Oleskan pada leher yang berdaki, berikan sedikit pijatan lembut agar daki yang menempel di leher bagian belakang dan depan bisa terangkat. Lakukan cara ini setiap hari hingga daki dileher Anda benar-benar hilang.

7. Menggunakan Kentang
Enzim catecholase dalam kentang mampu memutihkan bagian kulit yang gelap di belakang leher. Mengandung vitamin C dalam jumlah banyak membuat kentang mampu memutihkan dan menghaluskan kulit. Cara mengaplikasikanya cukup mudah yaitu dengan memarut kentang atau blender sampai halus, kemudian oleskan di leher. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara lain lagi, campur jus lemon dan kentang yang diblender bersama kemudian oles pada kulit yang bermasalah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan tiap hari untuk hasil yang terbaik. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan flek hitam, atau kantung mata yang hitam serta bekas jerawat.

8. Menggunakan Handuk Basah
Nah cara yang satu ini cukup unik, pasti anda bingung cara pengaplikasiannya ? tenang, caranya cukup mudah. cara pertama, basahkan terlebih dahulu handuk bisa menggunakan air hangat atau pun air dingin. Setelah itu, gosokan handuk basah tadi pada leher Anda yang berdaki dan berikan sedikit tekanan. Namun ingat, jangan terlalu kuat agar kulit tidak menjadi lecet tetapi jangan juga terlalu lemah. Jika Anda susah melakukannya karena daki berada pada leher bagian belakang maka cobalah meminta bantuan teman atau saudara untuk menggosoknya.

Dan itulah beberapa cara untuk menghilangkan kulit hitam daki yang bisa anda praktekan. pastikan anda mencoba salah satu cara diatas secara konsiten, jika belum membuahkan hasil dalam beberapa bulan maka gunakan cara lain. dan pastikan bahan-bahan nya tidak memiliki efek samping dan bahaya bagi kulit anda.