6 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

Jumat, 8 Desember 2017 Kesehatan 1897 Ashilla Zahra

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Bau mulut tak sedap, bau mulut setelah makan jengkol atau pete, bau mulut saat berpuasa bisa kita hilangkan secara cepat. Banyak orang merasa minder atau tidak nyaman jika memiliki bau mulut. Terutama jika harus berbicara dengan banyak orang. Bau mulut tak sedap dapat dialami oleh siapa saja, bahkan artis sekalipun. Kebiasaan kita yang sering mengkonsumsi makanan seperti jengkol, pete, bawang putih, ikan laut, atau jarang menggosok gigi, gigi berlubang dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah mulut kita bau. Yang pertama yaitu menghembuskan nafas melalui mulut ke tangan sehingga kita bisa merasakan nafas kita. Yang kedua yaitu jilat telapak tangan kita, setelah air liur mengering cium apakah bau atau tidak. Apabila berbau menyengat berarti Anda punya masalah dengan bau mulut.

Sebenarnya banyak  cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Cara paling mudah ialah dengan rutin menggosok gigi sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang menjadikan penyebab bau mulut. Tidak sedikit orang pula mengunyah permen karet ataupun permen biasa untuk mengurangi bau mulut tidak sedap. Ada juga yang menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk mengatasi bau mulut secara cepat. Namun sayangnya untuk jangka panjang, cara ini bisa saja berakibat buruk bagi kesehatan gigi Anda.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami menjadi solusi alternatif terbaik buat kamu untuk mendapatkan mulut yang segar. Menggunakan bahan alami disekitar kita seperti daun sirih dan teh hijau yang telah terbukti ampuh dapat menghilangkan bau mulut secara permanen dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini kami rangkumkan beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat untuk Anda coba:

1. Rutin menggosok gigi
Cara yang paling mudah dan terbukti ampuh dalam mengatasi bau mulut tak sedap ialah dengan rutin menggosok gigi. Gosok gigi 3x sehari akan membantu menghilangkan kotoran sisa makanan ataupun membantu menghilangkan karang gigi yang menempel pada gigi yang menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Pilihlah pasta gigi khusus yang mengandung mouthwash, sehingga dapat membantu menyegarkan mulut Anda.

2. Gunakan benang gigi
Benang gigi menjadi alat yang sering dilupakan. Padahal benang gigi dapat membantu kita untuk menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan benang gigi akan membantu menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut.

3. Menggunakan mouthwash
Cara paling cepat dan telah terbukti. Banyak merk mouthwash yang dijual dipasaran. Pilihlah mouthwash yang tidak terlalu keras, sehingga tidak mengganggu kesehatan gigi.

4. Mengangkat bakteri pada lidah
Penyebab bau mulut tidak saja hanya akibat sisa makanan atau masalah kesehatan pada gigi. Seperti yang telah diulas diatas, salah satu cara mengetahui bau mulut ialah melalui tes air liur. Maka dari itu jangan lupa untuk membersihkan lidah kita. GUnakan alat pembersih lidah yang didesain khusus untuk membersihkan lidah.

5. Perbanyak minum air putih
Salah satu sebab bau mulut ialah rongga mulut kita dalam keadaan kering. hal ini terutama saat berpuasa. Maka jangan lupa untuk perbanyak minum air putih untuk mengurangi bau mulut.

6. Menggunakan daun sirih
Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini sangatlah mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih. Rendam dengan air hangat. Air hasil rendaman dan perasan daun sirih ini kemudian kita gunakan untuk berkumur. Lakukan rutin setiap hari.

Adanya bau mulut yang terlalu ekstrim bisa saja menjadi pertanda jika kamu memiliki masalah dengan organ dalam seperti banyaknya racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Maka dari itu kamu bisa rutin mengkonsumsi jeruk hangat untuk mendetoksifikasi tubuh kamu dari zat berbahaya. Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan mudah diterapkan. Jangan lupa gosok gigi 3x sehari dan kurangi makanan yang berbau menyengat.