Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Jumat, 14 Desember 2018 Kesehatan 2438 Amanda Mirella

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi – Jika saat ini bayi anda mengalami kesulitan buang air besar atau sudah beberapa hari bayi anda tidak buang air besar. Anda harus perhatikan, bisa jadi hal tersebut merupakan sembelit pada bayi atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan konstipasi. Konstipasi atau sembelit adalah kondisi yang sangat tidak menyenangkan bagi orang dewasa, terlebih jika hal ini terjadi pada bayi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Anda dapat meringankan sembelit pada bayi dengan memberikan pengobatan alami yang aman untuk bayi. Bayi akan terus-terusan menangis jika merasa kesulitan buang air besar, nah bagi anda yang ingin mengetahui cara-cara mengatasi sembelit pada bayi, berikut akan ada beberapa ulasan yang dapat anda praktikkan pada bayi anda.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

1. Latihann Fisik

Apabila bayi sudah mulai bisa berjalan, bimbinglah dia agar lebih aktif melakukan gerakan fisik. Anda bisa melakukannya baik itu di dalam maupun di luar rumah. Jika bayi anda tidak mau merangkak lagi, cobalah menggerakkan kakinya seolah seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan saat bayi anda sedang berbaring telentang. Hal ini akan sedikit mengurangi gejala sembelit pada bayi.

2. Pijat Perut

Untuk mengatasi sembelit pada bayi, langkah yang harus dilakukan adalah dengan memijat perut bayi. Pertama, ukurlah sekitar tiga jari di bawah pusar sisi kiri bawah perut. Kemudian lakukan tekanan lembut, namun sedikit tegas pada daerah itu dengan ujung jari. Tekan secara perlahan sampai anda merasakan adanya massa. Menjaga tekanan lembut dengan konstan selama sekitar tiga menit.

3. Obat Pencahar Alami

Obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yaitu dengan merendam buah plum dengan air panas, kemudian biarkan semalaman. Keesokan harinya, minumkan satu sendok teh air rendaman buah plum tersebut ke bayi anda. Jika anda merasa kesulitan menemukan buah plum,  anda bisa menggunakan apel yang dicincang. Selain buah plum dan apel, anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti buah persik, pir, kacang polong, dan bayam yang dikenal juga dapat mengobati sembelit secara alami pada bayi.

4. Menghindari Makanan Tertentu

Hindarilah beberapa makanan tertentu untuk bayi pada saat sembelit. Sistem pencernaan pada bayi belum dapat mengolah makanan dengn optimal, sehingga makanan padat tertentu dapat menyebabkan sembelit. Misalnya pisang yang masih cukup mentah, ini merupakan penyebab umum terjadinya sembelit. Pilihlah pisang yang telah benar-benar matang dan lunak agar sistem pencernaan bayi dapat mengolah makanan dengn optimal.

5. Pengobatan Melalui ASI

Dengan meminum ASI, juga dapat mengatasi sembelit pada bayi. Bayi dapat merasakan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya melalui ASI yang diminumnya. Sehingga, harus berhati-hati pada pola makan yang anda komsumsi tersebut. Anda perlu meningkatkan asupan air minum pada bayi hingga 6 atau 7 gelas  air mineral setiap hari. Selain itu, anda juga perlu menambah asupan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan agar pencernaan bayi lancar dan terhindar dari sembelit.

Demikian beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih.