Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Minggu, 16 Desember 2018 Kesehatan 2343 Ashilla Zahra

Cara Mengatasi SariawanDalam istilah kedokteran, sariawan merupakan salah satu gangguan yang ada dalam mulut, yang dikenal dengan stomatitis aftosa, yang mana merupakan salah satu hal yang terjadi akibat terdapatnya luka pada bagian selaput lendir pada mulut yang akan menimbulkan bercak putih dimana bercak putih pada mulut ini bersifat cekung, serta memiliki warna yang kekuningan. Tentu saja karena terdapat bercak luka di bagian mulut, akan menyebabkan penderita mengalami gangguan dalam menelan atau mengunyah makanan.

Penyebab sariawan ini sendiri bisa terjadi karena berbagai macam faktor, seperti kurangnya nutrisi berupa vitamin C, vitamin B12 hingga kekurangan zat besi. Selain itu, mulut yang tidak sengaja tergigit karena sedang mengunyah makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab sariawan ini terjadi pada bagian mulut anda. untuk mengatasi sariawan, ternyata anda bisa melakukannya dengan bahan – bahan alami, yang mana langkah ini bisa dengan mudah anda aplikasikan. Berikut ini adalah beberpaa cara alami dalam mengatas sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

  1. Air kelapa

Cara yang pertama ini, anda bisa mencoba untuk menggunakan air kelapa. Air kelapa sangat berfungsi sebagai zat pendingin yang mana mampu dikenal baik untuk mengatasi dehidrasi, serta mengatasi sariawan dengan baik. Air kelapa ini akan membantu dalam menghilangkan bakteri penyebab sariawan, atau bakteri yang akan semakin memperparah sariawan pada mulut anda. anda hanya perlu untuk mengkonsumsi air kelapa ini secara teratur, agar sariawan bisa sembuh secara alami.

  1. Pisang dan madu

Cara selanjutnya yang bisa anda coba lakukan adalah dengan menggunakan pisang serta madu. Buah pisang dikombinasikan dengan madu, akan membantu dalam menutup luka, dan mengatasi sariawan secara teratur. Cara penggunaannya adalah dengan memblender pisang, dan madu, setelah itu oleskan pada bagian luka sariawan. Hal ini akan bermanfaat dalam mencegah peradangan pada bagian mulut anda.

  1. daun jambu biji

bahan alami selanjutnya yang juga sangat bermanfaat dalam mengatasi sariawan secara alami adalah daun jambu biji, yang merupakan salah satu bahan alami yang mana kaya akan kandunga vitamin C, sehingga sangat efektif dalam menutup luka akibat sariawan. Cara menggunakannya adalah dengan mengunyah daun jambu biji, kemudian anda bisa langsung berkumur menggunakan air bersih.

  1. Youghurt

Youghurt juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa secara efektif mengatasi sariawan. Youghurt berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri yang ada di dalam tubuh dan mulut. Hal ini tentu saja akan membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan pada bagia mulut anda. anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi youghurt agar hasilnya sariawan bisa anda sembuhkan dengan baik.

  1. Mengkonsumsi buah – buahan

Selain cara tersebut diatas, salah satu langkah alami yang mana bisa membantu dalam mengatasi sariawan adalah dengan rutin mengkonsumsi buah buahan. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi jenis buah buahan yang memiliki kandungan vitamin A atau C yang mana kandungan vitamin ini, sangat bermanfaat untuk menutup luka. Contohnya seperti buah tomat, jeruk, dll.

Itulah beberaa cara alami dalam mengatasi sariawan yang bisa anda coba. selain itu, anda juga perlu untuk rutin minum air putih secara cukup untuk membantu proses pemulihan sariawan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.